Simak 6 Tips Mengikuti Beasiswa LPDP, Beasiswa Paling Bergengsi di Indonesia

Siapa sih di antara kamu yang ga pengen mendapatkan beasiswa? Yap, hampir semua pelajar di Indonesia masih ingin mendapat beasiswa, apalagi kalau pembiayaan penuh hingga mendapat uang jajan. Di Indonesia sendiri terdapat berbagai jenis beasiswa untuk berbagai kategori guys. Mulai dari pelajar kurang mampu sampai pelajar yang berprestasi. 

Salah satu beasiswa paling terkenal dan diincar banyak pelajar Indonesia adalah beasiswa LPDP. Beasiswa satu ini bisa membawamu untuk belajar di kampus ternama dalam negeri maupun luar negeri dengan pembiayaan fully funded. 

Oleh karena itu, di artikel kali ini penulis ingin membagikan beberapa tips mengikuti beasiswa LPDP, mulai dari pengenalan, langkah pendaftaran, sampai hal apa aja sih yang perlu dipersiapkan untuk mengikuti beasiswa ini. So, tanpa menunggu lama, yuk langsung simak ulasannya di bawah ini ya guys!

Kenalan Dulu dengan Beasiswa LPDP

tips mengikuti beasiswa lpdp

Sebelum mengetahui berbagai tips mengikuti beasiswa LPDP, ada baiknya penulis mengajakmu untuk berkenalan dengan beasiswa satu ini. Sebagian dari pelajar Indonesia, tentu sudah tidak asing lagi dengan istilah LPDP. 

LPDP sendiri merupakan singkatan dari Lembaga Pengelola Dana Pendidikan, di mana lembaga ini berada di bawah pengawasan Kementerian Keuangan Republik Indonesia dan berfokus untuk mendanai beasiswa bagi pelajar dari Indonesia. 

Beasiswa LPDP sendiri hanya tersedia untuk kamu yang hendak melanjutkan pendidikan S2 atau Magister dan S3 atau program doktoral. Menariknya, beasiswa ini bisa kamu gunakan untuk melanjutkan pendidikan di universitas dalam dan luar negeri guys

Untuk program studi sendiri, beasiswa LPDP memberikan jangka waktu 2 tahun bagi pendidikan magister dan jangka waktu 4 tahun untuk program doktoral. Beasiswa ini bisa diikuti oleh siapapun kok guys, mulai dari kamu baru lulus S1/D4, PNS atau CPNS, sampai anggota TNI atau Polri asal memenuhi persyaratan dari LPDP. 

Baca Juga:  2 Cara Merangkum Cerita dengan Mudah dan Cepat! Super Ampuh! Yuk, Buruan Cobain!

Lantas, apa aja sih cakupan dari beasiswa LPDP ini? Jawabannya banyak guys! Kamu akan mendapat full coverage untuk biaya pendaftaran, tuition fee atau biaya pendidikan, biaya penelitian, biaya untuk tesis/disertasi, tunjangan buku, biaya seminar internasional, biaya publikasi jurnal internasional, sampai uang jajan lho! 

Eits, belum selesai guys, kamu juga akan mendapat biaya transportasi, biaya aplikasi visa, asuransi kesehatan, biaya kedatangan maupun kepulangan, hingga biaya keadaan darurat. Gimana? Apa ga menarik banget beasiswa satu ini?!

Tips Mengikuti Beasiswa LPDP

tips mengikuti beasiswa lpdp

1. Mempersiapkan dari Jauh-Jauh Hari

Oke, saatnya kita masuk ke beberapa tips mengikuti beasiswa LPDP. Tips paling utama yang penulis sarankan untukmu adalah mempersiapkan segala sesuatunya dari jauh-jauh hari. Yap, pepatah yang mengatakan bahwa mempersiapkan jauh hari akan lebih baik daripada satu hari memang tidak dapat dipungkiri guys

Kamu yang mungkin baru menjalani program pendidikan S1 atau sudah mau semester akhir dan berminat melanjutkan pendidikan memang wajib mempertimbangkan beasiswa ini menjadi pilihan untuk mendanaimu pendidikan di jenjang selanjutnya. 

Kamu bisa rajin-rajin mendatangi situs LPDP di sini maupun instagramnya di @lpdp_ri. Oh iya, biasanya kampus-kampus di Indonesia juga rajin memberikan informasi terkait beasiswa ini guys, jadi kamu jangan sampai ketinggalan untuk sesekali mampir ke bagian administrasi kampus ya. 

2. Catat Tanggal Penting

Tips mengikuti beasiswa LPDP berikutnya yang ga kalah penting adalah mencatat berbagai tanggal penting. Sebagai beasiswa yang terhitung fully funded, maka akan ada banyak seleksi dan tahap yang harus kamu jalani untuk mendapat beasiswa ini guys

Umumnya sih LPDP akan memberi pengemuman di awal tahun dan membuka pendaftaran sekitar bulan Februari, Maret, sampai April. Setelah itu, akan ada berbagai seleksi yang wajib kamu ikuti juga guys. Mulai dari seleksi administrasi, seleksi bakat skolastik, seleksi substansi, dan berbagai seleksi lainnya. 

Baca Juga:  3 Cara Mengetahui Gaya Belajar dengan Mudah! Kamu Harus Coba Agar Belajar makin Efektif!

Eits, tenang, beasiswa ini terdiri dari dua kloter atau dua putaran dalam setahun. Pertama di awal tahun, sedangkan tahap kedua biasanya dibuka sekitar pertengahan tahun seperti bulan Juli-Agustus untuk perkuliahan yang akan dilaksanakan pada awal tahun berikutnya. Yap, kira-kira itu beberapa tanggal penting dari beasiswa ini guys!

3. Memikirkan Secara Matang Tujuanmu

Kamu tentu udah membaca pengenalan beasiswa LPDP di atas bukan? Pastinya udah paham dong berbagai tunjangan yang ditawarkan oleh beasiswa ini? Berhubung ada banyak banget tunjangan yang diberikan oleh penerima beasiswa LPDP, maka dari itu persaingan untuk mendapatkan beasiswa ini bisa dibilang cukup ketat guys

So, tips mengikuti beasiswa LPDP yang berikutnya adalah memikirkan secara matang tujuanmu. Kira-kira di mana kamu akan melanjutkan pendidikan, jurusan atau major apa yang hendak diambil, berapa tahun kamu akan belajar, dan berbagai hal lain yang wajib dipikirkan sebelum mendaftar ke beasiswa ini. 

Hal ini dikarenakan dalam seleksi beasiswa LPDP sendiri kamu akan ditanya mengenai motivasi dan rencanamu beberapa tahun ke depan hingga kontribusi yang hendak kamu berikan untuk Indonesia sebagai negara yang memberimu tunjangan belajar. 

Jadi, penulis berharap kalau kamu betul-betul ingin mendapatkan beasiswa ini maka persiapkan dengan matang dan pikirkan jurusan terbaik di kampus terbaik sesuai dengan passion dan minatmu guys

4. Memenuhi Persyaratan yang Diminta

Ga kalah penting dengan beberapa poin di atas, tips mengikuti beasiswa LPDP selanjutnya adalah memenuhi persyaratan yang diminta. Pastikan kamu memenuhi berbagai persyaratan usia, dokumen, maupun beberapa ketentuan yang diberikan oleh LPDP ya guys

Sebagai tambahan, kalau kamu masih menempuh semester awal di janjang S1 dan berminat banget mengikuti beasiswa LPDP maka penulis sangat sarankan untuk menjaga nilai IP-mu ya. Nilai IP ini cukup penting karena memengaruhi IPK yang nantinya cukup diperhitungkan saat pendaftaran beasiswa LPDP.

Baca Juga:  7 Tips Untuk Jadi Anggota OSIS! Jangan Sampai di Skip Guys!

5. Mempersiapkan Dokumen Pendukung

Next, tips mengikuti beasiswa LPDP berikutnya adalah mempersiapkan berbagai dokumen pendukung. Yap, selain memiliki motivasi yang tinggi maupun semangat belajar yang besar, kamu juga harus menyeimbangkan dengan persiapan berbagai dokumen penting nih guys

Mulai dari CV, surat motivasi, surat rekomendasi, sertifikasi bahasa, hingga berbagai pernghargaan atau prestasi yang mungkin kamu dapatkan selama berkuliah. Hal ini penting banget untuk menunjangmu dalam mengikuti seleksi beasiswa LPDP nanti. 

Oh iya, surat rekomendasi di sini bisa kamu dapatkan dari dosen pembimbing skripsimu atau mungkin dosen yang mengajar mata kuliah yang sesuai dengan peminatanmu dalam mengambil S2 nanti guys

6. Optimis dan Pantang Menyerah

Tips mengikuti beasiswa LPDP yang terakhir ialah tetap optimis dan pantang menyerah. Penulis ingat salah satu motivasi mengenai beasiswa yang berkata kalau beasiswa itu ibarat pintu guys. Kamu perlu mengetuk banyak, sebanyak-banyaknya pintu untuk mengetahui di pintu manakah yang akan dibukakan untuk kamu. 

Jadi, dalam mengejar beasiswa kamu wajib optimis dan pantang menyerah ya. Terus mencoba meskipun gagal dan jatuh, tapi jangan lupa juga untuk tetap mengevaluasi agar ke depannya tidak mengulangi kesalahan yang sama. 

Nah, di atas adalah informasi super lengkap mengenai beasiswa LPDP guys! Mulai dari pengenalan sampai tips mengikuti beasiswa LPDP. Eits, ingat guys, beasiswa ini tergolong banyak diincar oleh pelajar Indonesia ya, jadi apabila kamu ingin mengikuti beasiswa ini maka jangan lupa untuk benar-benar mempersiapkannya ya!

Untuk kamu pejuang beasiswa penulis ucapkan semangat dan jangan menyerah dalam belajar!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Check Also

Kenalan Yuk dengan Jurusan Seni Teater, Beserta 5 Prospek Pekerjaannya yang Menarik!

Siapa nih di antara kamu yang diam-diam tertarik saat melihat pagelaran drama atau seni pe…