Categories: Belajar OnlineTips

Ssst, Ketahui 8 Tips Supaya Rajin Belajar Saat Malas Menyerang! Rahasia Berprestasi Walau Pembelajaran Daring!

Share

Memasuki tahun ajaran baru, ada banyak pelajar yang sering bertanya “Gimana sih caranya rajin belajar?Yap, sebagai seorang siswa tentu ada ratusan alasan untuk menolak kegiatan belajar sekaligus rasa malas yang tersisa dari liburan. Hal ini wajar guys. Namun, kamu juga harus cepat beradaptasi kembali dengan kegiatan belajar-mengajar.

Nah, di kesempatan kali ini penulis ingin membagikan beberapa tips supaya rajin belajar khusus untuk kamu yang ingin rajin belajar, tetapi bingung mulai dari mana. Semua tips di bawah ini juga berasal dari pengalaman penulis sendiri guys. So, buruan baca ulasan di bawah ini ya!

Malas Menyerang? Ini Dia Tips Supaya Rajin Belajar

1. Memiliki motivasi yang kuat

Motivational quote “A year from now you will wish you had started today” appearing behind torn blue paper.

Hal paling utama yang membantumu untuk rajin belajar ialah memiliki motivasi yang kuat guys. Gimana sih caranya termotivasi? Sebenernya ada banyak cara sekaligus trik yang bisa kamu lakukan guys.

Pertama, pastikan dulu cita-cita dan mimpimu kedepan. Mulai dari di mana kamu akan melanjutkan pendidikan seperti SMA atau kuliah sampai cita-citamu di masa depan. Apakah kamu bercita-cita menjadi penulis, dosen, scientist, atau apa gengs? Tentunya cita-citamu harus sesuai dengan passion yang dimiliki ya!

Kedua, kamu juga harus rencakan berbagai kegiatan atau softskill yang kamu butuhkan untuk menunjang cita-cita guys. Hal ini cukup membantumu untuk memperkuat motivasi sehingga keinginan belajar pun meningkat.

2. Untuk siapa kamu belajar?

Lanjut ke tips supaya rajin belajar yang kedua nih. Penulis ada pertanyaan khusus untukmu guys. Kira-kira kamu belajar untuk siapa sih? Yap, dulu penulis pernah bertanya untuk siapa sih kita belajar? Apakah untuk orang tua yang membiayai sekolah, untuk guru, atau untuk diri kita sendiri?

Kamu perlu banget nih mengetahui untuk siapa kamu belajar agar kamu melakukan kegiatan belajar dengan tujuan yang jelas guys. Sama halnya ketika kamu melakukan suatu aktivitas. Kamu ga akan melakukan kegiatan tersebut apabila tidak mengetahui tujuan dan kepada siapa kamu melakukannya bukan?

Nah, jawabannya apa dong? Ini butuh kamu renungkan sendiri guys. Penulis sendiri belajar dengan rajin tentunya untuk diri sendiri, orang tua, dan sesama. Kok bisa? Pertama, penulis belajar untuk diri sendiri karena untuk menghadapi kehidupan penulis membutuhkan banyak belajar dan pengetahuan.

Kedua, untuk orang tua. Tentunya sebagai orang yang membiayai penulis belajar dari Playgroup sampai kuliah, orang tua menjadi orang pertama yang harus penulis balas kebaikannya. Sejenis proyek balas budi gitu gengs, hehe.

Ketiga, sesama. Yap, penulis selalu termotivasi untuk belajar dengan rajin agar bisa membantu sesama. Bagi penulis percuma udah pinter, tetapi ga bisa menolong orang lain. Nah, ilmunya buat apa dong?

3. Time is limited!!

old alarm clock on yellow background – 9 o’clock – 3d illustration rendering

Salah satu tips supaya rajin belajar yang selalu penulis terapkan ialah time is limited!! Apa tuh maksudnya? So, sadar ga sih guys kalau waktu kita emang ga banyak? Rasanya waktu berjalan super cepat aja gitu. Tiba-tiba tahun baru, kemudian ulang tahun, eh udah naik kelas aja.

Yah, jadi sedih deh:( hehehe. Nah, penulis mau selalu ingatkan ke kamu kalau waktu kita ga banyak guys. Sebisa mungkin melakukan kegiatan yang berguna bagi kehidupanmu kini dan di masa depan nanti.

Jangan sampai kamu menghabiskan waktu terlalu lama atau bahkan sampai bertahun-tahun hanya untuk kesenangan semata. Padahal untuk belajar dengan rajin dan juga menikmati masa muda itu bisa dilakukan secara bersamaan kok.

4. Mulai membatasi penggunaan smartphone

Yap, salah satu cara paling efektif untuk membuat kita semangat belajar adalah membatasi penggunaan smartphone. Penulis sendiri merasa bahwa semakin ke sini, semakin banyak hal yang bisa dilakukan dengan benda kecil ini.

Tentunya ada hal positif, tetapi juga ga sedikit dampak negatif yang ditimbulkan. Coba ingat-ingat guys, berapa jam dalam sehari kamu habiskan untuk bermain smartphone? Mulai dari scroll Instagram, scroll Tiktok, nonton video Youtube, chatting dengan pacar, dan masih banyak lagi. Tentunya ga hanya 1-2 jam aja guys. Mungkin bisa lebih dari 3 jam dalam sehari.

Nah, daripada menghabiskan waktu dengan percuma hanya melihat sosial media yang berujung membandingkan diri sendiri atau mungkin kesenangan sesaat aja, mending kamu investasi untuk masa depan.

Gimana caranya? Tentu dengan belajar dengan rajin. Kamu ga harus belajar dengan serius banget gitu kok. Belajar kan bisa dilakukan dengan have fun juga. Mungkin dengan membaca buku, mengikuti latihan online softskill, dan masih banyak lagi.

5. Buat jadwal kegiatan

Close-up Of A Businesswoman Making Agenda On Personal Organizer At Workplace

Next, membuat jadwal kegiatan juga termasuk ke dalam tips supaya rajin belajar lho! Kok bisa sih? Iya dong, dengan menulis aktivitas yang akan kamu lakukan dalam sehari maka secara tidak langsung kamu merasa lebih termotivasi sekaligus tertantang untuk menyelesaikan kegiatan tersebut.

Percaya deh guys, akan ada rasa kepuasaan tersendiri saat kamu bisa mencentang suatu kegiatan ketika selesai melakukannya. Ga hanya itu, hari-harimu juga akan lebih produktif dan positif.

Manfaat lainnya ialah waktu tidur yang lebih stabil. Yap, karena seperti bekerja atau sekolah offline, tenagamu akan habis digunakan untuk aktivitas seharian. Sehingga di malam hari dapat tertidur dengan nyenyak tanpa takut insomnia karena kebiasaan rebahan dan tidur dari pagi hingga siang hari hehehe.

6. Mulai kebiasaan produktif

Akhirnya masuk juga ke poin ke-6 tentang kegiatan produktif. Dari tadi penulis udah singgung berbagai hal mengenai aktivitas produktif bukan? Namun, mungkin sebagian dari kamu bingung apa aja sih kegiatan produktif itu?

Perlu digarisbawahi ya Kawan, kalau kegiatan produktif ga harus padat kaya ketupat. Terkadang kegiatan produktif bisa dilakukan dengan santai juga. Intinya adalah kegiatan produktif ini dapat membantumu untuk terhindar dari aktivitas rebahan, nonton tayangan berjam-jam, atau tertidur dari pagi sampai sore hari.

Beberapa contoh kegiatan produktif ialah belajar musik, membaca buku, menulis, melukis, memasak, belajar materi di semester berikutnya, mengerjakan tugas sekolah (apabila sekolah daring), membantu orang tua, berkebun, belajar bahasa asing, dan masih banyak lagi lho!

7. Menata tempat belajarmu!

An Open Laptop On The Messy Desk With Coffee Cup And Documents At Workplace

Tips supaya rajin belajar yang terakhir ialah menata tempat belajar. Yap, efektivitas sekolah daring juga bergantung dengan keadaan tempat belajarmu guys. Penulis sangat sarankan untuk menghindari tempat belajar seperti kasur atau bahkan ruangan dengan pencahayaan gelap.

Untuk menunjang aktivitas belajar kamu bisa mulai dengan menata meja belajar agar rapi, menata buku-buku pelajaran agar mudah dijangkau, dan juga mengatur pencahayaan ruangan.

By the way, belajar ga harus di meja belajar atau kamar apabila kamu merasa gaya magnet kasur terlalu kuat. Kamu bisa belajar di ruang keluarga, teras belakang rumah, atau bahkan ruangan lain di rumahmu.

Pastikan ruangan tersebut cukup sepi (tidak banyak suara yang mengganggu), bersih, terang, dan juga membantu meningkatkan moodmu dalam belajar.

Nah, itu tadi beberapa tips supaya rajin belajar versi penulis guys. Tips di atas sudah penulis buktikan sendiri dan worth it banget untuk dilakukan! So, yuk-yuk mulai aktif dan produktif lagi guys! Semangattt!!

This post was last modified on Juli 20, 2021 10:19 am

Abita Jovina

Hobi menulis sejak kecil dan kecanduan terhadap buku. Suka menulis puisi, cerita pendek, opini, hingga artikel.

Leave a Comment
Published by
Abita Jovina

Recent Posts

Ingin Masuk UI? Simak Dulu 10 Jurusan Sastra di Universitas Indonesia yang Wajib Diketahui Siswa SMA

Halo teman-teman semua! Apa kabarnya nih? Semoga selalu baik dan sehat selalu ya. Nah, ga… Read More

Oktober 13, 2021

Materi Seni Budaya Kelas 11 Bab 13 Naskah Lakon Teater Modern

Hai teman-teman semua! Masih semangat ya mengikuti pembelajaran Seni Budaya kelas 11? Nah, hari ini… Read More

Oktober 11, 2021

Materi Seni Budaya Kelas 11 Bab 12 Konsep Teater Modern

Hai teman-teman semua! Apa kabarnya? Semoga selalu sehat dan tetap bersemangat mengikuti berbagai aktivitas belajar,… Read More

Oktober 11, 2021

Materi Seni Budaya Kelas 11 Bab 11 Menerapkan Gerak Tari Kreasi

Halo semua! Selamat datang di materi Seni Budaya kelas 11 bab 11. Bagaimana pelajaran kemarin?… Read More

Oktober 10, 2021

10 Rekomendasi Karya Sastra Indonesia Terbaik yang Wajib Kamu Baca Sebagai Penggemar Sastra!

Halo teman-teman! Apa kabarnya nih? Masih semangat ya mengikuti pembelajaran online sekaligus berbagai aktivitas sehari-hari?… Read More

Oktober 10, 2021

8 Tips Menghadapi Ujian Tengah Semester Khusus Untuk Sekolah Daring, Dijamin Lulus dengan Hasil Terbaik

Wah, ga terasa ya teman-teman, sudah 3 bulan kamu melakukan kegiatan belajar-mengajar di tahun ajaran… Read More

Oktober 7, 2021