Categories: Buku

Simak Yuk 8 Rekomendasi Toko Buku Unik di Indonesia

Share

Pergi ke toko buku menjadi salah satu pilihan liburan bagi beberapa orang. Yap, sebagian masyarakat memilih toko buku sebagai tempat healing dari kejenuhan pekerjaan, sekolah, hingga aktivitas sehari-hari. 

Tahukah kamu kalau Indonesia memiliki beberapa toko buku unik dengan ciri khasnya masing-masing? Ada beberapa toko buku yang dipadukan dengan kafe, nuansa 80-an, dan masih banyak lagi guys. 

Pada kesempatan kali ini, penulis hendak membagikan beberapa rekomendasi toko buku unik yang mungkin bisa kamu datangi di akhir pekan nanti. Siapa tahu deretan toko buku di bawah ini ada di kotamu guys. So, yuk langsung simak ulasannya di bawah ini ya!

Rekomendasi Toko Buku Unik di Indonesia

Image by NoName_13 from Pixabay

1. Aksara Kemang

Rekomendasi toko buku unik di Indonesia yang pertama adalah Aksara Kemang. Jujur, toko buku ini menjadi salah satu favorit penulis apabila mampir ke Jakarta. Aksara sendiri tersebar di berbagai tempat di Jakarta, tetapi Aksara yang terletak di Kemang yang menjadi favorit bagi para penggila buku. 

Toko buku ini juga menjual berbagai buku ‘indie’, seringkali mengadakan diskusi, dan yang paling favorit adalah suasana yang dibangun di toko buku ini sangat mendukung untukmu membaca buku lagi dan lagi. 

Selain itu, Aksara Kemang juga seringkali menjadi tempat bagi para penulis untuk berkumpul, melakukan diskusi, maupun bekerja sembari mencicipi kopi. Toko buku ini terletak di Jalan Kemang Raya Nomor 8B, Jakarta Selatan dengan jam buku setiap hari dari pukul 10.00-21.00 WIB. 

2. Rumah Berdikari

Kalau di Jakarta ada Aksara, maka toko buku favorit penulis di Yogyakarta adalah Rumah Berdikari. Toko buku unik di Indonesia kali ini mengangkat suasana yang super homey dan cozy banget buat kamu membaca buku. 

Yap, Rumah Berdikari sendiri menyediakan berbagai buku yang diterbitkan oleh penerbit Berdikari. Kamu bisa menjumpai berbagai buku menarik, hingga sulit ditemui di tempat ini guys. Mulai dari genre romansa, sastra klasik, filsafat, hingga politik atau sosial-budaya. 

Selain menjual buku-buku yang menarik, Rumah Berdikari juga menyediakan mini cafe yang menjual kopi. Kamu bisa membaca buku sembari menyesap kopi, atau nyemil ringan di mini cafe ini. 

Tak hanya itu, yang buat penulis bisa betah seharian di tempat ini adalah fasilitasnya bersih dan di tempat ini bisa memperluas relasi hanya dengan berbincang dengan kawan-kawan yang mampir guys. Toko ini buka dari pukul 13.00-00.00 WIB. Kalau kamu ke Yogyakarta, maka harus banget ke Rumah Berdikari ya! 

3. Kios Ojo Keos

Rekomendasi toko buku unik di Indonesia berikutnya adalah Kios Ojo Keos. Yap, toko buku satu ini terletak di Jakarta Selatan, tepatnya di daerah Lebak Bulus guys. Keunikan dari toko buku ini ialah pengelolaannya secara independen oleh keluarga dari Efek Rumah Kaca. Yap, band ternama asal Indonesia dengan berbagai karya!

Selain berjualan buku, Kios Ojo Keos juga menjadi kedai kopi serta toko yang menjual berbagai kaset musik menarik. Mulai dari musik lawas, hingga terbaru bisa kamu jumpai di sini. 

Oh iya, toko buku ini juga seringkali menjadi tempat untuk menonton film, open mic, hingga diskusi sastra. Kalau kamu sedang main ke daerah Jakarta Selatan atau ingin mencari suasana baru untuk diskusi film hingga sastra, maka kamu bisa mampir ke Kios Ojo Keos yang buka dari pukul 10.00 – 00.00 WIB. 

4. Kebun Bibi

Masih berkutat di Yogyakarta, kali ini ada toko buku unik di Indonesia yang juga memadukan suasana nyaman rumah, kafe, serta buku. Toko buku ini bernama Kebun Bibi Artbook Coffee. Toko buku ini juga tak pernah penulis lewatkan kalau mampir ke Yogyakarta. 

Di sini kamu bisa menjumpai berbagai buku impor, mulai dari baru, lawas, dan berkas guys. Ga hanya itu, mengangkat tema rumah yang nyaman, Kebun Bibi juga menyuguhkan pameran seni mini yang bisa kamu lihat. Toko buku ini juga sering menjadi tempat bagi diskusi film, maupun diskusi sastra. 

Kebun Bibi buka setiap hari, hanya libur di hari Senin aja guys. Toko ini buka dari pukul 18.00 (sekitar senja) atau pukul 19.00 hingga dini hari. Eits, hati-hati ya, Kebun Bibi sendiri terletak di pinggi gang kecil di sekitar Jalan Bantul, jangan sampai kelewatan guys. 

5. Post Santa

Kalau kamu mencari toko buku yang secara rutin mengadakan diskusi buku, serta mengundang penulisnya juga, maka kamu bisa mampir ke toko buku Post Santa. Yap, toko buku unik di Indonesia ini terletak di Lantai 3 Pasar Santa, Kebayoran Baru, Jakarta Selatan guys. 

Keunikan lain, selain menjadi ‘tempat nongkrongnya para penulis’, Post Santa juga sangat cermat dalam melakukan kurasi terhadap buku-buku yang dijual. Kamu akan menemukan banyak buku unik atau ‘indie’ yang tak akan kamu jumpai di toko buku umum atau besar lainnya. 

Selain itu, pemilik dari toko buku Post Santa sendiri cukup sering berkomunikasi dengan para pelanggan yang datang guys. Sehingga kamu bisa mendapatkan cukup banyak rekomendasi dari si empunya toko. Untuk kamu yang mau mampir, toko buku ini hanya buka setiap hari Jumat hingga Minggu dari pukul 15.00-20.00 WIB. 

6. Gueari Galeri

Mungkin sudah biasa bagimu menemukan toko buku yang menjual buku berisi teks sesuai tema yang dibawakan, tetapi pernahkah terpikir olehmu guys kalau ada toko buku yang khusus menjual buku-buku berisi foto? 

Yap, toko buku unik di Indonesia kali khusus menjual buku-buku yang berisikan foto. Gueari Galeri sendiri menjadi tempat ‘nongkrong’ bagi para fotografer untuk menjual berbagai karya mereka. Selain itu, toko buku ini juga seringkali menggelar diskusi mengenai karya dari para fotografer tersebut. 

Gueari Galeri juga masih menjual beberapa buku teks indie, kebetulan sekali toko buku ini masih satu lantai dengan toko buku Post Santa. Jadi, kamu bisa sekalian mampir ya guys. Toko buku ini buka hanya di hari Jumat dan Sabtu di pukul 18.00-22.00 WIB. 

9. Kineruku

Selanjutnya ada toko buku unik di Indonesia yang terletak di Bandung, Jawa Barat. Kamu pecinta buku yang sedang mampir ke Bandung wajib banget berkunjung ke toko buku ini ya guys. Nama toko buku tersebut adalah Kineruku guys.

Toko ini menghadirkan berbagai buku import maupun dalam negeri yang menarik banget untuk dibaca, terutama yang bertema sastra klasik. Tak hanya menjual buku, Kineruku juga memiliki kafe yang buka setiap hari, kecuali hari Selasa. Kineruku sendiri menghadirkan beragam referensi buku, musik, hingga film. 

8. The Lucky Boomerang

Toko buku unik di Indonesia yang terakhir adalah The Lucky Boomerang. Kalau kamu sedang berjalan-jalan cantik di kawasan Malioboro, maka kamu bisa mampir ke toko buku satu ini. Yap, keunikan dari toko buku ini adalah menyediakan berbagai jenis buku import yang super menarik. 

Biasanya nih akan sangat sulit menemukan buku-buku import selain bahasa Inggris. Namun, di The Lucky Boomerang kamu akan menemukan buku import maupun novel import berbahasa Belanda, Jerman, Perancis, Jepang, hingga Swedia. Lengkap banget pokoknya guys! 

Ga hanya itu, toko buku ini juga menjual beberapa barang kerajinan yang bisa dijadikan cinderamata guys. Meskipun tempatnya sedikit ‘susah dikunjungi’ karena berada di gang sempit, tapi kamu wajib banget datang ke toko buku satu ini ya. The Lucky Boomerang buka setiap hari dari pukul 08.00-22.00 WIB.

Nah, di atas adalah beberapa rekomendasi toko buku unik di Indonesia guys. Apakah ada yang menarik perhatianmu? Atau adakah di antaranya yang berada di kota tempat tinggalmu guys? Pastinya datang ke toko buku dapat menjadi salah satu pilihan healing sejenak dari hiruk-pikuk kota maupun pekerjaan. 

Jadi, penulis sangat merekomendasikanmu untuk sekali-kali mengunjungi beberapa deretan toko buku di atas guys. Eits, selain datang jangan lupa sempatkan untuk membaca buku sejenak atau membeli buku ya guys!

This post was last modified on Desember 26, 2022 1:35 pm

Abita Jovina

Hobi menulis sejak kecil dan kecanduan terhadap buku. Suka menulis puisi, cerita pendek, opini, hingga artikel.

Leave a Comment
Published by
Abita Jovina

Recent Posts

Cara Daftar Jadi Guru Digitalbootcamp

Digitalbootcamp adalah bimbel online yang membantu persiapan belajar murid mulai dari kelas 6 SD hingga… Read More

Juni 16, 2024

Cara Daftar Jadi Guru di Ruanglesonline

Ruanglesonline adalah sebuah layanan aplikasi yang dapat membantu kesulitan siswa dalam belajar. Sistem belajar di… Read More

Juni 15, 2024

Cara Daftar Jadi Guru di Ruangles

Ruangles adalah portal pencarian pengajar privat terbesar di Indonesia. ruangles menyediakan pengajar dari bidang mata… Read More

Juni 14, 2024

Pelatihan Online Cara Mendapatkan Beasiswa

Apakah kamu sedang mencari beasiswa untuk melanjutkan kuliah? Selain dari pemerintah Indonesia dan luar negeri,… Read More

Juni 13, 2024

Cara Download dan Print Soal di Aplikasi Ruangguru

Ada fitur baru nih di Ruangguru, kamu udah tahu belum? Fitur ini bisa ngebantu kamu… Read More

Juni 12, 2024

Pelatihan Online Terbaik Skill Academy Ruangguru

Skill Academy merupakan sebuah platform belajar online terbaik, yang berisi materi-materi untuk meningkatkan kemampuan professional… Read More

Juni 11, 2024