Categories: Edukasi

10 Tugas dan Manfaat Eskul PMR, Salah Satu Eskul Keren di Sekolah

Share

Hai semuanya, gimana nih kabarnya? Semoga kamu semua dalam keadaan yang baik ya. Di kesempatan kali ini, mimin mau sharing sedikit nih tentang ekskul kece di sekolah yang wajib banget kamu ikutin!

Selain mengikuti pelajaran wajib di sekolah, ikut ekskul bakal jadi poin plus loh! Bagi kamu yang sedang bingung mau masuk ekskul apa, mimin rekomenin kamu untuk gabung ke PMR. Yup, PMR alias Palang Merah Remaja adalah salah satu ekskul di sekolah yang cocok bagi kamu yang tertarik dengan dunia kesehatan.

Selain itu, ikut PMR juga membantumu belajar untuk mulai hidup sehat serta meningkatkan jiwa sosial dan tolong menolong. Nah sekarang mimin mau kasih tau kamu beberapa alasan dan manfaat masuk ekskul PMR. Cekidot!

Tugas dan Keuntungan Masuk PMR

1. Meningkatkan Kepedulian dan Jiwa Sosial

Nah, kalau kamu bergabung dengan ekskul PMR, jiwa sosial kamu akan terlatih loh! Iya, dengan ikut PMR, kamu akan sering mengikuti kegiatan yang berkaitan dengan kemanusiaan, disinilah jiwa sosialmu akan terlatih. Selain itu, kamu juga akan lebih peduli dengan sesama loh!

Saat ikut ekskul PMR, kamu akan sering berhadapan dengan orang yang membutuhkan pertolongan. Dengan kegiatan yang ada di PMR, kamu bisa meningkatkan kepedulian karena kamu diajarkan membantu sesama.

2. Melatih Keterampilan Untuk Hidup Sehat

Dengan ikut PMR, kamu akan belajar banyak hal tentang gaya hidup sehat loh! Di PMR, kamu akan diajari tentang dasar ilmu kesehatan. Misalnya, saat bertemu seseorang terluka dan membutuhkan pertolongan, kamu bisa mempraktikkan apa yang kamu dapat di PMR.

Selain itu, ilmu kesehatan yang kamu dapatkan di PMR, bisa kamu aplikasikan dalam kehidupan sehari-hari supaya kamu punya badan yang lebih sehat dan bugar!

3. Menambah Teman Baru

Nah, ini manfaat selanjutnya. Yup, kamu bisa menambah teman baru. Teman yang ikut ekskul PMR biasanya dari berbagai kelas atau tingkatan loh! Dengan ikut ekskul PMR, dijamin temanmu akan semakin banyak karena kamu akan bertemu dengan banyak orang baru. Seru banget yah?

4. Dapat Mengikuti Lomba

Yang keempat, dengan ikut ekskul PMR, kamu bisa ikut berbagai macam ajang perlombaan loh! Kalau kamu bergabung dengan PMR, kamu akan sering mengikuti lomba dalam berbagai tingkat mulai dari nasional hingga internasional. Jelas dong, pengalamanmu akan bertambah.

Selain itu, lomba yang diadakan juga bisa dijadikan sebagai wadah untuk meraih prestasi loh! Gimana gengs, udah tertarik belum ikut ekskul kece satu ini? Kalau tertarik, mimin mau kasih tau nih beberapa tugas anggota PMR sebelum kamu ikut ekskul ini. Baca sampai abis ya!

5. Memberi Pertolongan Pertama

Nah, ini tugas wajib pertama seorang anggota PMR. Yup, kamu harus memberikan pertolongan pertama dengan sigap kepada teman atau siswa yang mengalami kecelakaan. Ingat ya, nggak semua orang bisa memberi pertolongan pertama secara tepat loh! Makanya, melalui ekskul ini kamu bakal terlatih untuk lebih cermat dalam memberikan pertolongan.

7. Mengadakan Kegiatan Sosial

Kalau PMR bertujuan untuk melatih jiwa sosial, jelas dong akan ada banyak kegiatan sosial yang diadakan. Tujuan kegiatan sosial ini jelas untuk melatih jiwa sosial anggota PMR dan membantu sesama yang membutuhkan pertolongan. Biasanya, kegiatan sosial yang dilakukan seperti bakti sosial alias baksos dan donor darah. 

Selain kegiatan sosial, kamu sebagai anggota PMR juga bertugas untuk menggalang dana dalam rangka kemanusiaan loh! Misalnya saat ada bencana seperti banjir, gunung meletus, dan lainnya. Bisa juga menggalang dana saat ada murid di sekolah kamu yang sedang kesusahan. Bener-bener meningkatkan jiwa sosial ya gengs?

8. Sebagai Pengurus UKS

Yup, UKS alias Unit Kesehatan Siswa biasanya diurus oleh anggota PMR loh! Ruang UKS kerap digunakan sebagai tempat pertama saat ada siswa atau guru butuh pertolongan. Bisa dibilang, UKS cukup penting ya keberadaannya?

Oleh karena itu, UKS harus dirawat dan dijaga dengan baik. Sebagai anggota PMR, kamu bertugas untuk menjaga dan merawat UKS agar UKS dapat berfungsi dengan sebagai mana mestinya.

9. Siaga Terhadap Bencana dan Menjadi Petugas Kesehatan

Jelas dong, sebagai anggota PMR kamu harus sigap dan siaga dalam segala situasi khususnya saat ada bencana. Bencana bisa datang kapanpun loh gengs! Entah di sekitar lingkungan kalian atau di luarnya, kamu harus tetap siap siaga untuk menolong dengan memberi pertolongan pertama saat ada orang atau korban yang terluka.

Selain siaga terhadap bencana, sebagai anggota PMR kamu juga harus siap untuk menjadi petugas kesehatan ya gengs! Ingat tugas pertama yaitu memberi pertolongan! 

10. Mengajak Orang Lain Untuk Menerapkan Gaya Hidup Sehat

Sebagai anggota PMR, kita sudah mendapat ilmu dasar kesehatan termasuk gaya hidup sehat. Ilmu yang sudah kita dapatkan harus dibagi ke banyak orang ya! Sebagai anggota PMI, kamu harus mengajak siswa dan orang lain untuk dapat menerapkan gaya hidup sehat.

Eitsss, jangan hanya mengajak ya. Kamu juga harus jadi contoh yang baik dalam penerapan gaya hidup sehat agar orang lain juga merasa bersemangat untuk memulai hidup lebih sehat.

Gimana nih gengs, kamu udah mulai tertarik belum untuk ikut ekskul satu ini? Oh iya, sebelum jadi anggota PMR kamu perlu tahu dan harus melaksanakan Tujuh Prinsip Dasar Palang Merah dan Bulan Sabit Merah Internasional. Tujuh prinsip itu terdiri dari kemanusiaan, kesamaan, kenetralan, kemandirian, kesukarelaan, kesatuan, dan kesemestaan.

Nah, itu aja gengs beberapa manfaat dan tugas seorang anggota PMR. Menurut mimin, worth it banget join ekskul ini. Manfaatnya nggak main-main loh, hehe. Selain nambah pengalaman, ilmumu jug akan semakin bertambah kan?

Makanya, jangan ragu ikut ekskul kece satu ini ya! Selagi duduk di bangku sekolah, jangan malas untuk mencari teman dan pengalaman yang banyak. Semangat ya gengs!

This post was last modified on November 4, 2022 4:13 pm

Jennifer Angela

A human being on earth who is learning to write and wants to keep writing.

Leave a Comment
Published by
Jennifer Angela

Recent Posts

Prediksi Soal UN SMP Tahun

1. Perhatikan gambar alat ukur berikut! Waktu yang ditunjukkan pada stop watch tersebut adalah ....… Read More

Desember 2, 2022

7 Tempat Les Terbaik di Indonesia

Mengajar atau bimbingan belajar merupakan cara lain untuk meningkatkan mutu pendidikan karena belajar di sekolah… Read More

Desember 1, 2022

Arti Mikroskop dan Jenis-Jenisnya

Mikroskop merupakan alat yang dapat membantu melihat benda-benda kecil atau makhluk hidup mikro organisme yang… Read More

Desember 1, 2022

Pengertian Lensa dan Jenis-Jenisnya, Lengkap!

Lensa merupakan salah satu alat yang dapat membantu kegiatan manusia, seperti lensa yang terdapat pada… Read More

November 30, 2022

Rangkuman Materi IPA Kelas 8 Semeseter Genap

Bagi siswa kelas 8 yang akan menghadapi ujian semester genap, kamu harus mempersiapkan diri dengan… Read More

November 29, 2022

3 Kelebihan Kursus Bahasa Inggris Online dan Offline di English Academy

Hai guys, gimana kabarnya? Kabar baik disana ya! Nah, zaman sekarang, siapa sih yang masih… Read More

November 28, 2022