Referensi Visi Misi OSIS SMA yang Menarik Untuk Menjadi Ketua OSIS

Visi Misi Osis SMA – Buat kamu yang kini duduk di bangku kelas 1 SMA pastinya udah ga asing lagi dengan beragam ekstrakurikuler sampai organisasi yang lebih variatif daripada semasa SMP dulu.

Di penghujung bulan Oktober ini, biasanya banyak Sekolah Menengah Atas yang sedang melakukan pemilihan ketua OSIS sekaligus melakukan pergantian kepengurusan nih. 

Mungkin sebagian dari kamu ada yang mendaftar sebagai ketua OSIS atau sebagiannya lagi juga ada yang ingin bergabung sebagai kepengurusan OSIS. Wah, ga salah kok guys!

Organisasi itu juga penting selain akademis saja, kamu juga harus pandai nih dalam hidup bermasyarakat lewat organisasi. Oke, kali ini ada beberapa contoh visi misi untuk ketua OSIS SMA yang bisa banget menjadi referensi kamu untuk mencalonkan diri. Yuk, simak ulasannya di bawah ini.

Pengenalan OSIS SMA

Mungkin sebagian dari kamu sudah ada yang pernah mengikuti OSIS di SMP masing-masing bukan? Sebenarnya tidak ada perbedaan yang cukup jauh antara OSIS SMA dengan OSIS yang ada di SMP. Hanya saja OSIS di SMA memiliki tanggung jawab yang lebih besar dalam menyelenggarakan suatu acara. 

Apabila di OSIS SMP kamu masih diawasi dengan ketat oleh guru pembimbing sampai kepala sekolah, maka di OSIS SMA tentunya kamu lebih leluasan dalam mengambil keputusan dalam menyelenggarakan suatu acara. Meskipun tetap diperlukan kerja sama dan persetujuan dengan pihak dewan guru. 

Selain itu, di OSIS SMA kamu juga lebih dituntut untuk melakukan lobby dengan mandiri. Misalnya saja, ketika ingin menyelenggarakan suatu acara ulang tahun sekolah sampai pentas seni, tentunya kamu memerlukan sound system sebagai penunjang acara.

Nah, di sinilah kamu berperan secara aktif dalam menghubungi tiap vendor-vendor terkait. Sementara itu, di SMP biasanya kamu akan dibantu dengan orang dewasa alias guru. 

Sejauh ini, OSIS di SMA juga memiliki beberapa ketentuan yang lebih ketat daripada OSIS yang ada di SMP. Tentunya hal ini linear dengan perkembangan kamu sebagai remaja yang kian beranjak dewasa. Overall, OSIS di SMA ga kalah seru dengan OSIS yang ada di SMP atau bahkan lebih seru dari OSIS yang ada di SMP.

visi misi osis SMA
Photo by Karolina Grabowska on Pexels.com

Visi Misi OSIS SMA

1. Contoh Visi Misi OSIS SMA 1

Visi
Membangun lingkungan sekolah yang sehat dengan cara membuka wadah untuk menampung aspirasi dan bakat dari siswa-siswi SMA … (isi nama SMA kamu) serta mengembangkan potensi yang dimiliki sehingga siswa menjadi generasi yang kreatif, cerdas, dan mampu beradaptasi dengan kemajuan teknologi.
NoMisi
1Membentuk Komisi Penerima Aspirasi atau KPA untuk menampung segala ide maupun pemikiran dari setiap siswa dengan bekerja sama bersama MPK.
2Membangun komunitas sesuai dengan potensi yang dimiliki oleh siswa-siswi SMA… (isi nama SMA kamu) dan melahirkan berbagai prestasi untuk membanggakan Tuhan, guru, dan sekolah. 
3Mengembangkan setiap ekstrakurikuler yang ada di SMA dengan memberikan akses pelatihan yang cukup dan bekerja sama dengan dewan guru untuk mewujudkannya. 

2. Contoh Visi Misi OSIS SMA 2

Visi
Menciptakan rasa solidaritas yang tinggi di antara siswa-siswi SMA… (isi nama sekolah kamu) dengan memperkuat rasa cinta terhadap sekolah dan membangun siswa yang berakhlak mulia serta menjaga nama baik sekolah dengan prestasi yang diunggulkan baik di Kabupaten/Kota sampai nasional.
NoMisi
1Melaksanakan kegiatan yang membangun rasa solidaritas setiap siswa seperti supporter pada setiap perlombaan yang diikuti oleh siswa-siswi SMA … (isi nama SMA kamu).
2Mengadakan kerja sama yang erat antara tiap ekstrakurikuler maupun komunitas yang ada di SMA untuk setiap acara yang akan diadakan kedepannya. 
3Menjunjung persamaan rata antar tiap organisasi yang ada di SMA dan memperkuat jalinan kerja sama dengan rutin mengadakan rapat sampai acara bulanan yang berasal dari aspirasi siswa-siswi SMA … (isi nama SMA kamu).

3. Contoh Visi Misi OSIS SMA 3

Visi
Menciptakan lingkungan belajar yang kondusif dalam menunjang tiap potensi dari siswa SMA … (isi nama SMA kamu) demi meningkatkan prestasi dan mutu pendidikan yang ada di SMA dengan bekerja sama dengan dewan guru.
NoMisi
1Melaksanakan pendidikan karakter yang diadakan setiap semester secara serentak untuk menunjang tiap potensi dan meningkatkan prestasi.
2Memajukan kualitas tiap-tiap komunitas yang ada di SMA … (isi nama SMA kamu) dan memberikan keleluasaan terhadap tiap siswa untuk mengeksplorasi bakat dan minatnya. 
3Menjadi jembatan sekaligus tempat siswa dalam mencari berbagai informasi terkait dengan beasiswa dengan mengaktifkan berita-berita terkait di laman online SMA (bisa melalui Instagram) maupun secara sentral pada jam istirahat.

4. Contoh Visi Misi OSIS SMA 4

Visi
Membangun kepribadian siswa-siswi SMA … (isi nama SMA kamu) menjadi lebih baik lagi dengan menjadikan OSIS sebagai media penggerak untuk memajukan tiap prestasi dan sarana menampung setiap aspirasi dari setiap siswa SMA, dewan guru, dan sekolah.
NoMisi
1Menjalankan berbagai program yang belum dapat dijalankan pada periode sebelumnya. 
2Mengaktifkan setiap anggota OSIS untuk turut berpartisipasi sebagai jembatan dalam menyampaikan pendapat maupun aspirasi siswa kepada dewan guru. 
3Mendorong setiap potensi yang dimiliki siswa dengan melakukan berbagai kegiatan yang dapat meningkatkan bakat dan minat sampai prestasi setiap siswa SMA … (isi nama SMA kamu).

Manfaat Ikut OSIS SMA

1. Melatih time management

Hal pertama yang akan kamu dapatkan ketika mengikuti OSIS adalah latihan time management yang baik. Di OSIS SMA tentunya tanggung jawab yang kamu miliki akan lebih besar daripada OSIS di SMP. Hal ini tentunya menuntut kamu untuk membagi waktu dengan benar dan serata mungkin. 

Misalnya saja antara waktu belajar, OSIS, dan tentunya waktu bersama keluarga adalah beberapa list yang harus kamu lakukan di saat yang berbeda dengan durasi waktu yang seimbang satu sama lainnya. Solusi yang tepat ialah menggunakan skala prioritas dalam melakukan setiap aktivitas ya guys!

2. Kemampuan beradaptasi dan menghargai 

Semakin berkembang dan dewasa tentunya semakin banyak pula ide-ide yang ingin diutarakan. Padahal dalam suatu acara tidak hanya ada kamu atau temanmu yang memiliki kesamaan ide saja. Melainkan ada banyak kontra di dalamnya yang harus kamu terima apabila memiliki alasan yang lebih kuat dan baik. 

Guys, di sinilah kamu belajar untuk dengan cepat beradaptasi terhadap setiap situasi. Jangan dahulukan sikap egois dan idealism saja, melainkan juga menghargai pemikiran orang lain atau bisa juga memadukannya dengan idemu sendiri. 

3. Berani mengambil risiko

Terakhir nih, manfaat dari mengikuti OSIS adalah berani mengambil risiko dengan catatan kamu juga mengetahui akibat yang akan ditimbulkan. Banyak kasus guys di dalam suatu organisasi yang mengharuskanmu untuk berani mengambil risiko. Setelahnya kamu juga akan diminta pertanggungjawaban atas tindakan yang kamu ambil.

So, hal ini tentunya melatih mental kamu untuk berani mengambil risiko dengan tetap memikirkan situasi jangka panjang. Nah, pastinya hal ini juga akan berguna pada saat kamu memilih jurusan, fakultas, sampai perguruan tinggi kedepannya guys!

Nah, di atas adalah beberapa visi dan misi OSIS SMA yang dapat menjadi referensi kamu untuk mendaftar organisasi OSIS atau menjadi ketua OSIS di SMA kamu. Jangan lupa untuk menambahkan ide-ide atau misi yang hendak kamu wujudkan dalam membangun sekolahmu kedepannya ya guys!

Selamat Mencoba!

Masih belum ketemu artikel yang kamu cari? Coba ketik di bawah ya. :)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Check Also

Stop Insecure! Yuk, Kenalan Dengan Metode Deliberate Practice

Ada dong di sini yang merasa insecure sama kemampuannya sendiri? Mungkin juga sering memba…