Fisika

Fungsi Magnet pada Loud Speaker

Share

Apakah kamu lagi cari tahu fungsi magnet apada loudspeaker? Mungkin kamu lagi dapat tugas dari guru? Atau mungkin kamu cuma penasaran aja nih? Hmm, oke berikut aku mau jelasin ke kamu tentang fungsi dari magnet pada loudspeaker, karena masih banyak bertanya dan bingung apa sih fungsinya padahal magnet kan alat yang berfungsi menarik benda-benda seperti besi.

Berikut penjelasan tentang fungsi dari  magnet yang terdapat pada speaker yang diambil dari berbagai sumber, silahkan simak uraian berikut tentang fungsi magnet pada speaker.

Fungsi magnet pada loudspeaker adalah mengubah energi listrik menjadi energi bunyi. Bunyi bisa timbul karena ada getaran. Getaran ini berasal dari vibrasi yang dihasilkan oleh kumparan akibat interaksi dengan medan magnet.

Kumparan itu dilewati arus listrik, dan naik turun arus listrik menyebabkan adanya interaksi dengan medan magnet, sehingga kumparan bergetar, dan selaput (membran) juga bergetar, menimbulkan gelombang tekanan, yang terdengar sebagai bunyi.Tanpa ada magnet, speaker tidak akan menghasilkan bunyi atau suara.

Membuat suara

Pada dasarnya, speaker merupakan mesin penerjemah akhir, kebalikan dari mikrofon. Speaker dari sinyal elektrik dan diubahnya kembali menjadi getaran untuk menggetarkan udara untuk membuat gelombang suara.

Speaker menghasilkan getaran yang hampir sama dengan yang diterima getarannya oleh mikrofon, yang direkam dan dikodekan pada pita magnetik (tape), kepingan CD, LP, dan lain-lain. Speaker tradisional melakukan proses ini dengan menggunakan satu drivers atau lebih.

Diafragma

Sebuah drivers memproduksi gelombang suara dengan menggetarkan cone yang fleksibel atau diafragma secara cepat. Cone tersebut biasanya terbuat dari kertas, ataupun logam, yang berdempetan pada ujung yang lebih besar pada suspension. Suspension atau surround, merupakan material yang fleksibel yang menggerakkan cone, dan mengenai bingkai logam pada drivers, disebut basket.

Ujung panah pada cone berfungsi menghubungkan cone ke voice coil. Coil tersebut didempetkan pada basket oleh spider, yang merupakan sebuah cincin dari material yang fleksibel. Spider menahan coil pada posisinya sambil mendorongnya bergerak kembali dengan bebas dan begitu seterusnya.

Magnet

Proses spaker coil bergerak maju mundur, kembali ke posisi semula dan seterusnya adalah sebagai berikut. Garis gaya magnet yang konstan berasal dari magnet permanen dan coil. Kedua magnet tersebut, yaitu elektromagnet dari coil dan magnet permanen, berinteraksi satu sama lain seperti dua magnet yang berhubungan pada umumnya.

Kutub positif pada elektromagnet tertarik oleh kutub negatif pada bidang magnet permanen dan kutub negatif pada elektromagnet ditolak oleh kutub negatif magnet permanen.

Ketika orientasi kutub elektromagnet bertukar, bertukar pula arah dan gaya tarik-menariknya. Dengan cara seperti ini, arus bolak-balik melakukan dorongan dan tarikan antara voice coil dan magnet permanen. Proses inilah yang mendorong coil kembali dan begitu seterusnya dengan cepat. Sewaktu coil bergerak, ia mendorong dan menarik speaker cone. Hal tersebut dapat menggetarkan udara di depan speaker, membentuk gelombang suara.

Speaker umumnya terdiri dari empat macam frekuensi operasinya antara lain: woofer, midrange, tweeter, dan super tweeter.

Woofers merupakan tipe drivers yang paling besar diameternya dirancang untuk menghasilkan suara bass (frekuensi rendah), frekuensi suara 500 Hz ke bawah. Sedangkan midrange, dirancang untuk frekuensi di tengah pada spektrum suara frekuensi 500 Hz sampai frekuensi 4 KHz. Tweeter memiliki diameter paling kecil dan dirancang untuk menghasilkan frekuensi suara 4 KHz ke atas, super tweeter paling tinggi di atas 10KHz ke atas.

Untuk dapat membuat gelombang frekuensi tinggi, diperlukan diafragma yang kecil ringan dan keras. Hal ini lebih sulit dilakukan dengan cone yang berukuran besar dan berat.

Pada loud speaker, posisi magnet adalah diam (tidak bergerak). Proses spaker coil bergerak, kembali ke posisi semula dan seterusnya adalah sebagai berikut. Elektromagnet diposisikan pada suatu bidang magnet yang konstan yang diciptakan oleh sebuah magnet permanen.

Kedua magnet tersebut, yaitu elektromagnet dan magnet permanen, berinteraksi satu sama lain seperti dua magnet yang berhubungan pada umumnya. Kutub positif pada elektromagnet tertarik oleh kutub negatif pada bidang magnet permanen dan kutub negatif pada elektromagnet ditolak oleh kutub negatif magnet permanen. Ketika orientasi kutub elektromagnet bertukar, bertukar pula arah dan gaya tarik-menariknya. 

Dengan cara seperti ini, arus bolak-balik secara konstan membalikkan dorongan magnet antara voice coil dan magnet permanen. Proses inilah yang mendorong coil kembali dan begitu seterusnya dengan cepat. Sewaktu coil bergerak, ia mendorong dan menarik speaker cone.

Hal tersebut menggetarkan udara di depan speaker, membentuk gelombang suara. Sinyal audio elektrik juga dapat diinterpretasikan sebagai sebuah gelombang. Frekuensi dan amplitudo dari gelombang ini, yang merepresentasikan gelombang suara asli, mendikte tingkat dan jarak pergerakan voice coil. Sehingga dapat disimpulkan bahwa frekuensi dan amplitudo dari gelombag suara diproduksi oleh diafragma.

Penjelasan dari wikipedia.org

Loud Speaker atau speaker (pengeras suara) adalah transduser yang mengubah sinyal elektrik ke frekuensi audio (suara) dengan cara menggetarkan komponennya yang berbentuk membran untuk menggetarkan udara sehingga terjadilah gelombang suara sampai di kendang telinga kita dan dapat kita dengar sebagai suara.

 Dalam setiap sistem penghasil suara (loud speaker), pengeras suara merupakan juga menentukan kualitas suara di samping juga peralatan pengolah suara sebelumnya yang masih berbentuk listrik dalam rangkaian penguat amplifier.

Sekian dulu penjelasan tentang fungsi magnet pada loudspeaker, semoga penjelasan singkat ini bermanfaat untuk pembaca.

Lalu UWK

Mengajar mata pelajaran IPA untuk SMP sejak 2009 sampai sekarang, suka berbagi pengalaman lewat tulisan.

Leave a Comment
Published by
Lalu UWK

Recent Posts

Download Poster Qurban Idul Adha 1445H Format PSD

Qurban adalah salah satu ibadah yang sangat penting dalam agama Islam. Setiap tahun, umat Muslim… Read More

Mei 13, 2024

Cara Membuat Visi Misi OSIS

Cara membuat visi misi OSIS - Dari beberapa chat di wa saya, banyak banget yang… Read More

Mei 12, 2024

Nama Squad Terbaru Ruangguru

Perusahaan pendidikan dan teknologi Ruangguru, kini telah berkembang sangat pesat, sajak pertama kali diluncurkan pada… Read More

Mei 11, 2024

Cara Menjadi Ketua OSIS yang Baik

Banyak banget yang nanya di WA tentang cara menjadi ketua OSIS? Untuk menjawab pertanyaan tersebut,… Read More

Mei 10, 2024

Kisah Sukses Pendiri Ruangguru, Iman Usman

Muhammad Iman Usman (lahir di Padang, 21 Desember 1991) adalah seorang aktivis sosial, penulis, dan pembicara publik di berbagai… Read More

Mei 9, 2024

Cara Beli Kaos Ruangguru

Bagi kamu yang tertarik untuk memiliki kaos dari Ruangguru, kamu bisa ikut petunjuk berikut. Sebenarnya… Read More

Mei 8, 2024