Categories: SMASMKSMPTips

7 Inspirasi Membuat Agenda Belajar yang Menarik!

Share

Gimana nih kabar belajar kamu selama pandemi ini? Apakah selama pandemi ini kamu jadi semakin produktif atau justru sebaliknya guys? Buat kamu yang mungkin selama pandemi jadi beralih menjadi kaum rebahan, maka yuk produktif mulai sekarang.

Apalagi kamu yang duduk di bangku kelas 12 atau 9, pastinya harus mempersiapkan banyak hal ke jenjang yang lebih tinggi. Solusi untuk mengatasi hal ini adalah membuat agenda guys.

The Power of agenda emang besar banget guys! Tanpa kamu sadari, dengan membuat agenda maka secara otomatis otak akan bekerja sesuai dengan kebutuhan yang ada di agenda aja lho.

Ditambah lagi, pastinya kamu akan terpacu untuk menyelesaikan atau “menstabilo” aktivitas yang udah kamu lakukan. Nah, agar semakin bersemangat, berikut terdapat beberapa ide membuat agenda atau jadwal yang bisa menjadi referensimu nih!

7 Inspirasi Membuat Agenda Belajar

Photo by Ivan Samkov on Pexels.com

1. Bassic Agenda

Oke, bentuk agenda yang pertama ini termasuk kategori basic agenda guys. Selayaknya agenda pada umumnya, di mana terdapat waktu, aktivitas yang akan kamu lakukan, tak lupa tambahan catatan di samping aktivitas.

Sumber: Pinterest

Model agenda seperti ini cocok banget buat kamu yang ga suka ribet, tetapi ingin tetap produktif. Gaya yang digunakan pada agenda seperti ini umumnya simple guys. Untuk membuatmu lebih bersemangat, maka kamu bisa banget nih menambahkan hiasan yang sedikit ramai.

Namun, kalau kamu memang suka gaya simple seperti ini, maka kamu juga bisa memadukan warna-warna monokrom atau vintage agar terlihat aesthetic.

2. Agenda khusus pelajaran

Selanjutnya, juga ada nih guys inspirasi untuk jadwal pelajaran kamu. Agar semakin bersemangat bersekolah, sesekali kamu perlu banget nih menghias jadwal pelajaranmu. Tenang guys, ga perlu waktu lama lho buat melakukan aktivitas ini. Bisa aja di sela-sela belajarmu, melakukan aktivitas ini sejenak.

Sumber: Pinterest

Nah, untuk hiasannya sendiri kamu bisa menggunakan pen brush guys! Eits, jangan takut engga bisa membuat judul dengan pen brush. Sekarang udah ada font yang berbentuk pen brush dan bisa banget kamu gunakan. Tinggal print aja lho guys udah jadi! Kamu bisa langsung mengunjungi dafont.com

3. Jadwal berbentuk kolom

Inspirasi jadwal berikutnya guys, kamu bisa memodifikasi bentuk jadwal menjadi serupa dengan yang di atas. Nah, ini adalah bentuk jadwal sekaligu agenda dalam seminggu dengan teknik kolom.

Sumber: Pinterest

Penggunaannya terkesan mudah banget guys. Kamu ga perlu repot-repot melihat jadwal pelajaran sekaligus agenda harian. Cukup dijadikan satu saja.

Untuk warna, penggunaan kolom ini bisa menggunakan warna yang kamu suka lho. Bisa saja konsep monokrom, vintage, berbagai aesthetic, maupun warna-warna cerah.

Nah, keunggulan lainnya penggunaan sistem ini ialah kamu bisa jadikan agenda seperti di atas untuk wallpaper di HP kamu, karena pembuatannya yang membuat ms excel atau word guys. Praktis banget kan?

4. To do list

Sumber: Pinterest

Bentuk lain dari agenda guys yaitu to do list. Jadi kamu ga harus nulis apa aja kegiatanmu secara terperinci mulai dari bangun tidur sampai tidur lagi di malam hari. Kamu cukup menuliskan kegiatan apa yang harus kamu lakukan hari itu guys.

Maka dari itu, penulisan untuk to do list hanyalah things to do (yang harus kamu lakukan di hari itu), kemudian prioritas, dan catatan saja. Terkesan sangat sederhana, tetapi benar-benar bisa membuatmu lebih produktif kok guys!

Apalagi ketika kamu menggunakan desain yang unik atau hiasan yang membuatmu semakin semangat melakukan aktivitas.

5. Agenda + Jadwal

Inspirasi agenda berikutnya guys, ada dari bentuk jadwal dengan agenda dalam satu lembar sekaligus. Untuk agenda dengan model seperti ini sangat cocok bagi kamu yang suka sesuatu secara detail guys.

Sumber: Pinterest

Bahkan kamu juga bisa nih menambahkan beberapa detail seperti to do list, notes, atau mungkin track moodmu hari itu.

Sekedar saran guys, apabila kamu hendak menggunakan agenda model seperti ini maka usahakan untuk meminimalisir jumlah hiasan. Hal ini bisa saja malah mengganggu tulisan atau mungkin agenda yang kamu buat guys.

6. To do list + kalender

Berikutnya nih, ada bentuk agenda yang ga kalah uniknya juga. Kalau di atas sudah ada agenda dengan tambahan jadwal maka sekarang ada to do list dengan kalender guys.

Jadi, kamu bisa menambahkan mini kalender di bagian bawah agenda untuk mempermudamu melihat jadwal atau kegiatan dalam satu bulan langsung.

Selanjutnya, di bagian atas kamu bisa menggunakan to do list secara simple untuk menentukan apa saja yang hendak kamu lakukan atau prioritasmu. Eits, jangan lupa juga ada catatan tambahan maupun mood tracker yang bisa menjadi pemanis agenda kamu.

7. Agenda Lengkap

Inspirasi agenda yang terakhir adalah bentuk agenda super lengkap guys. Gimana engga lengkap, di dalam satu agenda kamu bisa memasukkan to do list, agenda harian, mood tracker, goals, sampai kalender dalam mingguan. Agenda ini cocok banget buat kamu yang ingin produktif dan memiliki banyak kegiatan.

Sumber: Pinterest

Untuk hiasannya pun tak perlu menggunakan terlalu banyak hiasan yang ramai ya guys! Kamu bisa menggunakan kata-kata semangat, motivasi, mengenai cita-cita atau mimpi sehingga dalam melihat kegiatan yang pada kamu dapat selalu bersemangat.

5 Manfaat Menulis Agenda

Oke, setelah mengetahui beberapa inspirasi agenda kamu juga harus tahu nih alasan kenapa kamu harus banget menulis agenda. Tak hanya itu, apa aja sih manfaat menulis agenda bagi kehidupan sehari-hari?

Berikut ada 5 manfaat sekaligus alasan menulis agenda!

  • Membantumu agar semakin produktif. Dengan menulis agenda, secara tidak langsung kamu akan merasa terpacu untuk menyelesaikan tugas-tugas yang ada di agenda.
  • Menghindari alasan lupa. Yap, dengan menulis agenda kamu juga bisa menuliskan berbagai hal yang harus kamu lakukan. Sehingga ga ada lagi nih berbagai alasan karena lupa ya guys!
  • Membantu time management. Kebanyakan dari pelajar sampai mahasiswa selalu ingin melakukan setiap aktivitas maupun kegiatan. Namun, lagi-lagi ga bisa semuanya terlaksana guys. Hal ini dikarenakan time management yang kurang, sehingga agenda dapat menjadi solusi terbaik buatmu.
  • Membuatmu semangat belajar. Nah, agenda memang bisa banget membuatmu semangat belajar lho guys. Apalagi agenda yang dipadukan dengan jadwal. Tentu, kamu akan semakin semangat nih dalam belajar sekaligus beraktivitas.
  • Membantu memperbaiki mood. Terakhir, alasan kamu harus menulis agenda adalah memperbaiki mood harian juga guys. Ketika kamu mengalami bad day, maka membuat agenda dapat menjadi pilihan untuk memperbaiki mood sekaligus membangun semangat agar menjadi lebih baik lagi kedepannya.

Oke, di atas adalah beberapa inspirasi untuk membuat agenda belajar sampai alasan kenapa sih kamu harus membuat agenda? Untuk menjadi produktif dalam dimulai dari diri kita sendiri kok guys! Asalkan ada kemauan yang kuat dan semangat untuk belajar!

So, mulai produktif dari sekarang yuk?

This post was last modified on Oktober 25, 2020 7:27 am

Aruna Kavin

Hobi menulis sejak kecil dan kecanduan terhadap buku. Suka menulis puisi, cerita pendek, opini, hingga artikel. Puisi maupun sajaknya dapat dibaca di Instagram @arunakavin.

Leave a Comment
Published by
Aruna Kavin

Recent Posts

Kisi – Kisi Soal PAS IPA Kelas 8 Semester 1 Tahun 2020/2021

Buat kamu yang sedang mencari kisi - kisi soal PAS IPA kelas 8 semester 1,… Read More

November 19, 2020

8 Alasan Kenapa Harus Memilih Jurusan Ilmu Gizi

Kamu sedang bingung mau masuk jurusan apa saat kuliah nanti? Memilih jurusan memang susah-susah gampang.… Read More

November 18, 2020

Cara Menumbuhkan Semangat Mengerjakan Skripsi

Mengerjakan skripsi memang tidak mudah. Kadang kita semangat, kadang juga muncul rasa lelah dan bosan.… Read More

November 18, 2020

6 Aplikasi Manajemen Waktu Terbaik untuk Pelajar

Di tengah pandemi ini, banyak pelajar jadi bersikap acuh tak acuh terhadap tugas yang menumpuk… Read More

November 18, 2020

Rangkuman Materi IPS Kelas 7 Bab 3 Aktivitas Manusia dalam Memenuhi Kebutuhan

Berikut rangkuman lengkap materi IPS Kelas 7 Bab 3 Aktivitas Manusia dalam Memenuhi Kebutuhan. Rangkuman… Read More

November 16, 2020

Rangkuman Materi IPS Kelas 7 Bab 2 Interaksi Sosial dan Lembaga Sosial

Berikut rangkuman lengkap materi IPS Kelas 7 bab 2 tentang Interaksi Sosial dan Lembaga Sosial.… Read More

November 16, 2020