Tips Belajar Efektif Selama di Rumah Saja!

Belajar Efektif di Rumah – Hai guys! Gimana nih kabar kamu di rumah? Tanpa terasa udah hampir 2 minggu kita melakukan pembelajaran dari rumah lho! Gimana, jadi tambah rajin apa tambah mager nih guys?

Haduduh, mungkin sebagian dari kamu jadi tambah mager karena adanya gravitasi super kuat dari kasur nih! Wkwk, kamu engga sendiri kok guys. Mungkin banyak juga teman-teman di luar sana yang kebingungan nih. Niatnya sih mau rajin waktu tahun ajaran baru, tapi gabisa terlaksana karena di rumah aja?!

Tenang guys, kali ini aku bakal share tips ke kamu nih. Tips agar kamu tetap bisa belajar produktif walaupun di rumah aja. Inget guys, yang kelas 12 udah mau kuliah, harus rajin-rajin belajar. Buat yang kelas 10 juga, jangan sampai dong impression di SMA keliatan buruk karena tugas yang telat terus.

Tips Belajar Efektif Selama di Rumah Saja!

Oke, langsung aja, di bawa ini ada tips super penting buat kamu agar produktif selama belajar di rumah!

1. Tetapkan waktu yang tepat

belajar efektif di rumah

Kalau waktu pelajaran emang ga bisa diganggu gugat ya guys, tentunya dari setiap sekolah telah menentukan jam pelajarannya masing-masing. Nah, yang masih bisa kita utak-atik adalah waktu untuk belajar guys.

Usahakan kamu menyediakan waktu yang tepat untuk belajar. Jangan sampai karena di rumah aja, waktu belajar pun tergantikan dengan yutuban, hehehe. Kamu bisa menyediakan waktu belajar di pagi maupun sore hari ya guys.

Eitss, kenapa engga malam? Sorry to say guys, aku kurang merekomendasikan untuk belajar di malam hari karena malam adalah waktu untuk istirahat sobat. Tentunya kamu pasti lelah dong setelah seharian beraktivitas, maka malam adalah waktu yang tepat untuk beristirahat bukan belajar. 

Baca Juga:  Tips Memilih Universitas yang Baik dan Tepat

Selain itu, karena lelah seharian berkegiatan tentunya di malam hari kamu udah engga fokus lagi nih untuk belajar. Jadi, kapan waktu yang tepat untuk belajar?  Justru timing yang cocok untuk belajar adalah pagi sampai sore hari. Selepas itu kamu bisa bebas mau ngapain aja!

2. Tentukan tempat belajar

Kedua, yang ga kalah penting adalah tempat belajar guys. Ini penting bingitz karena secara sadar atau tidak sadar, mood kamu akan dipengaruhi oleh tempat dimana kamu belajar.

Apabila tempat belajar kamu ramai, otomatis tingkat kefokusan kamu juga akan menurun guys. Kamu akan dengan mudah terdistract dengan berbagai hal di sekitar. 

Namun, jangan sangka tempat yang sepi bisa menjadi pilihan yang tepat. Tidak juga guys, bisa saja karena terlalu sepi akhirnya kantuk datang menyerang. Ga jadi belajar deh. 

Oleh karena itu, pilihlah tempat yang dapat membantu kamu agar semakin fokus. Kira-kira tempat seperti apa? Saranku adalah tempat yang terang, tentu jangan remang karena mengundang kantuk plus tidak baik untuk kesehatan mata. 

Selain itu, kamu juga bisa menyalakan lagu dengan volume kecil untuk membantu agar lebih fokus. Oh, iya, aku sih menyarankan untuk menggunakan lagu klasik atau instrumental aja guys! FYI, lagu klasik dapat membantu seseorang untuk menyerap materi secara efektif.

3. Pastikan perut terisi

person mixing cereal milk and strawberry jam on white ceramic bowl
Photo by Daria Shevtsova on Pexels.com

Eitss, jangan anggap remeh hal ini guys. Tau ga sih kalau perut yang terisi dapat meningkatkan fokus ketika belajar? Sama halnya dengan tempat belajar guys, perut yang terisi pun harus pas. Tidak berlebih juga jangan kurang.

Apabila kamu makan secara berlebihan, tentu mengundang kantuk. Sedangkan, kalau kamu makan terlalu sedikit otomatis perut juga masih kelaparan. Harus pas guys, jangan kebanyakan juga tidak kekurangan.

Baca Juga:  Seputar Filateli Yang Perlu Kamu Tahu

Lantas gimana sih porsi yang pas untuk makan? Sebetulnya setiap orang memiliki porsi masing-masing dalam makan sobat! Nah, khusus untuk menghindari kantuk kamu bisa menjaga porsi kabohidrat dan memperbanyak protein ya guys!

4. Siapkan segala hal

Yap, poin selanjutnya adalah persiapan. Setelah perut kenyang, tempat nyaman, eh barangnya pada hilang percuma dong. Maka dari itu, pastikan kamu menyiapkan buku paket, buku tulis, barang apapun yang berhubungan dengan kegiatan belajarmu.

Tak lupa alat tulis juga dipersiapkan seperlunya guys. jangan sampai alat tulis terlalu memenuhi meja. Oh, satu lagi nih guys hal yang ga kalah penting yaitu air putih! Pastikan selama belajar kamu menyiapkan air putih didekatmu.

Hal ini bermanfaat agar kamu tidak mengantuk karena kekurangan O2 maupun kebutuhan untuk cairan tubuh juga terpenuhi ya. Apabila perlu kamu bisa menyiapkan cemilan kecil-kecilan, seperti buah maupun biskuit.

5. Smartphone

apple blank business computer
Photo by JESHOOTS.com on Pexels.com

Nah, banyak nih dari kita yang merasa bahwa selama belajar maka smartphone harus dijauhkan. Emang ga salah sih, hanya saja kamu tau ga sih berbagai manfaat super keren dari smartphone ini?

Memang kita perlu menjauhkan diri dari smartphone agar tidak memecah konsentrasi ketika belajar, tetapi bagaimana kalau kita memanfaatkan gawai sebagai penunjang kegiatan belajar. Tentunya hal ini tak bisa dipungkiri apabila lewat mbah google segala sesuatunya bisa diketahui.

Maka dari itu guys, daripada menjauhkan gawai lebih baik kita memanfaatkan gawai sebagai media penunjang pembelajaran. Nantinya kamu bisa mengubah mode smartphone menjadi senyap dan mematikan notifikasi untuk sementara.

Ingat guys, yang dijauhi itu notifikasi, chatting, dan media sosialnya.  Namun, kalau smartphone-nya sih jangan ya!

6. Belajar 45

analog clock sketch in black surface
Photo by Miguel Á. Padriñán on Pexels.com

Bukan hanya kemerdekaan saja yang bertahun 1945, tetapi sistem belajar merdeka juga memerlukan angka 45 di dalamnya. Gimana sih sistem belajar 45? Jadi, kamu cukup belajar secara efektif dalam waktu 45 menit aja. 

Baca Juga:  Cara Membuat CV Menarik Untuk Anak SMA!

Selanjutnya selama 15 menit kamu bisa beristirahat nih. Nah, setelah itu bisa dilanjutkan lagi dengan belajar. Hal ini bisa kamu lakukan selama yang kamu inginkan. Namun, saran dariku kamu cukup belajar selama 3 jam dengan metode 45.

Selanjutnya, bisa diselingi dengan kegiatan lain terlebih dahulu. Apabila ingin belajar lagi, maka kamu bisa langsung memulai pelajaran dengan sistem yang sama. Ingat 45 menit belajar intensif guys!

7. Belajar setiap hari

person writing on notebook
Photo by Julia M Cameron on Pexels.com

Kunci yang paling penting nih guys, belajar setiap hari! Tentunya lama-kelamaan kamu akan terbiasa dengan rutinitas ini sehingga belajar menjadi kebiasaan dan bukanlah hal yang harus dipaksa.

Yap, di atas adalah beberapa tips yang bisa kamu terapkan agar belajar di rumah menjadi efektif. Yuk, mulai bangun kembali guys kebiasaan belajar ini. Rebahan tetap jalan, asal belajar jangan sampai ketinggalan guys.

Selamat mencoba!

Masih belum ketemu artikel yang kamu cari? Coba ketik di bawah ya. :)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Check Also

Teknik Membaca Cepat dengan Skimming dan Scanning

Teknik Membaca Cepat – Hai guys, siapa nih di antara kamu yang tertarik untuk masuk …