Aplikasi Belajar Online Terbaik di Indonesia

Share

Kamu lagi nyari aplikasi belajar online yang bagus buat persiapan menghadapi tahun ajaran baru? Biasanya sih di tahun ajaran baru siswa sudah mulai sibuk buat mempersiapkan diri untuk menghadapi ujian, baik ujian sekolah maupun ujian masuk PTN. Apakah kamu juga termasuk?

Jaman sekarang belajar tuh gak harus tatap muka, seperti halnya kegiatan belajar konvensional yang harus bertatap muka dengan pengajar. Kemajuan teknologi telah mengubah kebiasaan cara belajar di era modern.

Munculnya aplikasi belajar online telah mengubah trend belajar siswa milenial yang lebih dominan melakukan kegiatan belajar melalui online. Meningkatnya pengguna smartphone bisa menjadi pemicu utama berubahnya gaya belajar di jaman sekarang.

Tak heran jika saat ini muncul banyak sekali perusahaan aplikasi belajar online yang menghadirkan konten-konten belajar mulai yang gratisan hingga yang berbayar, dengan pilihan yang beragam.

Berikut ini ada beberapa aplikasi belajar online yang bisa menjadi bahan referensi kamu untuk memulai belajar online dengan memanfaatkan smartphone kamu, daripada hanya digunakan buat main game doang gak ada faedahnya, mending dipake belajar biar kamu makin pinter. 😀 he

Aplikasi Belajar Online Terbaik

Berikut beberapa aplikasi belajar online terbaik yang layak untuk kamu coba dan bisa kamu jadikan sebagai media belajar untuk meningkatkan prestasi kamu di sekolah.

1. Ruangguru

Aplikasi belajar online yang satu ini mungkin udah familiar banget ditelinga kamu dan udah sering kamu lihat iklannya muncul di TV karena Ruangguru iklannya dimana-mana dan benar-benar masif.

Sumber: Ruangguru.com

Banyaknya pengguna aplikasi belajar online yang satu ini sehingga mereka mengklaim bahwa Ruangguru adalah aplikasi belajar online nomor satu di Indonesia, dengan total pengguna lebih dari 15 Juta pengguna.

Adapun beberapa fitur utama yang ada di aplikasi belajar Ruangguru, video belajar beranimasi, latihan soal, les privat, tryout, dan kamu juga bisa bertanya tentang tugas sekolah. Semua dapat diakses melalui smartphone.

Konten yang tersedia di Ruangguru mulai dari berbagai jenjang, dari SD, SMP hingga SMA, tersedia juga materi persiapan masuk PTN dan STAN, kurikulum disusun sesuai dengan kurikulum nasional dan dirancang khusus oleh pengajar terbaik dan berpengalaman.

Jujur, ini aplikasi belajar online yang paling up to date banget deh, baik fitur dan layanan yang diberikan terus berkembang sangat pesat, mulai dari bimbel online dan ada juga versi bimbel offlinenya bernama Brain Academy, dan segudang fitur menarik lainnya.

Aplikasi ini sudah tersedia untuk semua device baik pengguna Android, iOS, Windows, dan pengguna Mac. Untuk mendownload aplikasi ini silahkan pilih sesuai device yang kamu gunakan.

Jenis AplikasiLink Download
AndroidDownload
iOSDownload
WindowsDownload
MacBookDownload

2. Quipper

Start up belajar online yang satu ini sebenarnya bukan asli produk Indonesia namun mereka sudah hadir di Indonesia sejak tahun 2014 silam, dan sudah banyak yang menggunakannya, dan konten belajarnya pun sangat berkualitas.

Sumber: Quipper.com

Quipper terdiri dari konten gratis dan berbayar. Konten gratis dapat diakses melalui Quipper School, sedangkan konten berbayar dapat diakses di Quipper Video. Perbedaan dari Quipper School dengan Quipper Video terletak pada kontennya.

Quipper School menghadirkan konten materi seperti di sekolah dan terdapat soal latihan sebagai bahan untuk uji kompetensi. Sedangkan konten Quipper Video yang sifatnya berbayar terdiri dari video-video pembelajaran online seperti Ruangguru.

Materi belajar yang tersedia di Quipper masih sebatas materi kelas 9, 10, 11, dan 12. Quipper lebih cocok untuk siswa SMA dan persiapan untuk tes seleksi masuk PTN. Karena mereka hanya fokus untuk konten siswa SMA.

Aplikasi belajar online Quipper hanya untuk pengguna Android saja dan untuk aplikasi di laptop/PC masih belum tersedia, tapi aplikasi Quipper sudah berbasis web, artinya kamu bisa membuka aplikasinya di laptop namun tidak untuk didownload.

Jenis AplikasiLink Download
AndroidDownload
Berbasis Websitehttps://learn.quipper.com

3. Zenius

Zenius sebenarnya aplikasi belajar online yang pertama kali hadir di Indonesia. Zenius didirikan sejak 7 Juli 2007 oleh pendiri Zenius yaitu Sabda PS, dan Medy Suharta. Bagi siswa yang angkatan 2000-an pasti banyak yang udah tahu.

Namun pergerakan Zenius untuk bersaing di dunia start up belajar online di Indonesia cukup lambat sehingga aplikasi belajar online yang satu ini kurang berkembang. Jadi, gak heran kalau anak sekarang kurang begitu mengetahui keberadaan dari aplikasi belajar online yang satu ini.

Zenius mulai serius untuk mengembangkan aplikasi dengan menghadirkan aplikasi Android, yang sebelumnya tidak ada aplikasi yang digunakan, hanya sebatas apliksi berbasis website untuk mengakses materi. Dan menariknya lagi malah mereka memberikan akses materi secara gratis yang dulunya berbayar. Materinya sudah lengkap dari jenjang SD hingga SMA.

Entah strategi marketing apa yang bakal diterapkan oleh tim Zenius sehingga berani membuka akses materi belajar secara gratis. Strategi baru ini bisa jadi dilakukan sebagai langkah baru untuk bisa memperkenalkan diri agar lebih banyak siswa yang mengenal dan menggunakannya.

Aplikasi belajar online Zenius masih tersedia dalam aplikasi Android dan aplikasi berbasis website, yang dimana kamu bisa mengakses materinya lewat laptop dengan membuka web browser.

Jenis AplikasiLink Download
AndroidDownload
iOSDownload
Berbasis Websitehttps://zenius.net/

4. Pahamify

Nah, ini nih aplikasi belajar online yang baru yang gak kalah kerennya dari yang lain, mungkin belum banyak yang tahu aplikasi belajar online yang satu ini. Aplikasi besutan tiga anak muda yang cerdas dan kreatif bernama Syarif Rousyan Fikri (CEO), Mohammad Ikhsan (CPO), dan Edria Albert (CTO).

Sumber: Pahamify.com

Pendiri channel Youtube Hutata (Hujan Tanda Tanya), dulu hanya membuat konten edukasi yang bermanfaat buat siswa-siswi melalui channel Youtube, seiring perkembangannya mereka memiliki ide untuk membuat aplikasi belajar yang gak kalah kerennya dari yang lain.

Profil Singkat Pendiri Pahamify

Syarif Rousyan Fikri (CEO & Co-Founder)

Fikri masuk S1 Teknik Elektro Institut Teknologi Bandung (ITB) pada usia 15 tahun (termuda sepanjang sejarah ITB). Sempat berkarir di IBM dan menjadi kandidat Ph.D. di Nanyang Technology University (NTU) sebelum memutuskan untuk mendirikan Pahamify.

Mohammad Ikhsan (CPO & Co-Founder)

Setelah lulus dari S1 dan S2 Teknik Elektro ITB, Ikhsan sempat berkarir di Accenture sebelum akhirnya mengikuti program Ph.D. di National University of Singapore (NUS). Di Singapore, Ikhsan dan Fikri mendirikan kanal Youtube Hujan Tanda Tanya yang menjadi cikal bakal Pahamify.

Edria Albert (CTO & Co-Founder)

Sejak lulus dari S1 Teknik Informatika ITB, Edria Albert VW berkecimpung di industri game dan e-learning dengan mendirikan Aruline Studio. Pada Januari 2018, Edria bergabung dengan Fikri dan Ikhsan untuk mendirikan Pahamify.

Materi belajar di Pahamify hanya untuk materi SMA, materi UTBK, konseling masalah jurusan, motivasi, dan soal try out. Untuk materi SD dan SMP sepertinya masih dalam pengembangan.

Aplikasi Pahamify sudah tersedia untuk pengguna android dan iOS, namun untuk versi dekstop belum tersedia.

Jenis AplikasiLink Download
AndroidDownload
iOSDownload

Untuk berlangganan Pahamify, jangan lupa gunakan kode diskon agar harga lebih murah. Cek kode diskonnya di halaman Kode Diskon Pahamify.

5. Kelas Pintar

Kelas Pintar merupakan aplikasi belajar online yang memberikan solusi belajar untuk siswa SD, SMP, sampai SMA yang bisa akses setiap hari. Di aplikasi ini kamu bisa belajar sesuai dengan karakter masing-masing, baik secara visual, audio, maupun kinestetik. Dengan metode belajar interaktif dari Kelas Pintar, belajar menjadi lebih mudah dan efektif!

Materi pelajaran dirancang sesuai dengan karakter belajar kamu, yaitu secara visual, audio dan kinesthetics yang dapat memberikan kemudahan bagi murid dalam proses belajar dan memahami suatu materi.

Materi disusun berdasarkan Kurikulum di Indonesia (Kurikulum 2013 Revisi Terbaru) yang diterapkan dengan metode Total Learning (Learn, Practice and Test) yang telah dikembangkan oleh para ahli dibidang pendidikan dan pembelajaran.

Fitur Aplikasi Belajar Kelas Pintar

Learn

Memberikan penjelasan menyeluruh secara audio-visual atas sebuah konsep melalui animasi, video, multimedia interaktif maupun buku pelajaran (e-book)

Practice

Mengarah kepada penguatan konsep melalui perangkat dan kegiatan yang bersifat interaktif, seperti HOTS (Higher Order Thinking Skills), Laboratorium Virtual, Tanya Jawab serta VBQ

Test

Merupakan evaluasi komplit atas pembelajaran konsep melalui Tes Adaptif, Pilihan Ganda, Tes Berkala sampai pada Ujian Semester

Aplikasi belajar online di Kelas Pintar hanya tersedia untuk pengguna android dan aplikasi berbasis website. Untuk link download aplikasi Kelas Pintar, download di bawah ini!

Jenis AplikasiLink Download
AndroidDownload
Berbasis WebsiteKelas Pintar

Sekian penjelasan tentang Aplikasi Belajar Online Terbaik di Indonesia, semoga artikel ini bisa memberikan informasi baru buat kamu yangs edang mencari aplikasi belajar online sebagai bahan media belajar di rumah.

Jika kamu punya referensi aplikasi belajar online lainnya yang gak kalah bagus juga, silahkan kirim saran dan informasi di kolom komentar, jika aplikasi yang kamu rekomendasikan memang bagus, akan kami sertakan di postingan artikel ini. 🙂

This post was last modified on September 2, 2020 3:01 pm

Ruang Belajar

Belajar bisa dimana saja dan kapan saja! Cukup kamu belajar #DiRumahAja

Leave a Comment
Published by
Ruang Belajar

Recent Posts

Ruangguru Vs Pahamify, Pilih Mana?

Hai guys, apakah kamu udah daftar di bimbel? Baik secara online maupun offline? Kenapa sih… Read More

September 22, 2020

Program ARMADA Ruangguru, Solusi Cerdas Menunjang Pendidikan Anak

Pendidikan adalah hal terpenting yang menjadi hak bagi setiap siswa di Indonesia. Tak terkecuali bagi… Read More

September 22, 2020

Manfaat Filateli Yang Perlu Kamu Tahu

Sebelumnya sudah ada artikel tentang filateli yang harus kamu tahu. Apakah kamu sudah membacanya? Kalau… Read More

September 21, 2020

Moral Value dari Film Harry Potter and The Sorcerer’s Stone

Siapa yang tidak tahu film series legendaris Harry Potter yang diadaptasi dari novel Harry Potter?… Read More

September 21, 2020

10 Kampus Terbaik di Indonesia

Peringkat kampus menjadi salah satu pertimbangan untuk memilih kampus yang akan kamu tuju. Tentu saja… Read More

September 20, 2020

Seputar Filateli Yang Perlu Kamu Tahu

Hobi satu ini sudah diketahui oleh banyak orang, apalagi kalau bukan mengoleksi perangko serta benda-benda… Read More

September 20, 2020