tes kecocokan jurusan sma

Perbedaan Jurusan IPA dengan IPS di SMA

Perbedaan Jurusan IPA dengan IPS – Bisa dibilang, masa masa SMA merupakan masa yang paling menentukan untuk meraih cita cita di masa depan. Memang tidak bisa dipungkiri lagi, karena di bangku SMA, kamu harus memutuskan untuk memilih salah satu jurusan yang ada. Entah itu IPA, IPS atau Bahasa. 

Jurusan di SMA nantinya akan sedikit memberikan gambaran, kira kira jurusan universitas apa yang hendak diambil. Ada 2 jurusan di SMA yang pasti dijumpai di sekolah sekolah. Jurusan tersebut adalah IPA dan IPS. Sebelum kamu mengambil jurusan itu, ada baiknya kamu harus mengetahui perbedaan jurusan IPA dengan IPS.

Perbedaan jurusan IPA dengan IPS

Jurusan IPA

Jika kamu suka pelajaran eksakta, maka jurusan IPA patut kamu ambil. Di jurusan ini, terdapat 4 pelajaran peminatan yang meliputi Matematika Peminatan, Fisika, Kimia, dan Biologi. Semua pelajaran ini membutuhkan kemampuan berhitung dan penalaran. Terkadang terdapat pula pelajaran lintas minat (pelajaran IPS) untuk beberapa sekolah. 

Selain itu ada banyak kelebihan yang terdapat pada jurusan IPA, untuk lebih jelasnya silahkan baca di halaman 10 Kelebihan Jurusan IPA.

Banyak yang beranggapan jika orang masuk jurusan IPA itu adalah orang pintar. Pernyataan tersebut tidaklah tepat, karena proses pemilahan jurusan tergantung dari minat dan bakat para siswa. Walaupun begitu, jurusan IPA memiliki kelas yang jauh lebih banyak ketimbang IPS. Jadi anak IPA akan lebih dominan di SMA.

Lulusan jurusan IPA biasanya akan melanjutkan ke jenjang kuliah dengan jurusan Teknik, Kedokteran, MIPA, dan ilmu eksak lainnya. Tapi tak menutup kemungkinan kamu untuk memilih jurusan milik anak IPS di jenjang perkuliahan. Semisal jurusan Akuntansi, Manajemen, Politik, dan lain sebagainnya. Itu merupakan keistimewaan lulusan IPA yang tidak dimiliki anak IPS.

Baca Juga:  Kamar Berantakan Tanda Kamu Orang yang Kreatif

Sebagai tambahan, jurusan IPA dipercaya lebih mudah mendapatkan pekerjaan. Hal ini dikarenakan di jenjang perkuliahan, ada banyak sekali pilihan jurusan Teknik yang akan dibutuhkan di dunia industri. Tentu ini menjadi nilai plus bagi anak jurusan IPA yang mengambil jurusan kuliah dengan prospek kerja luas.

Jurusan IPS

Memiliki kemampuan menghafal yang lebih? Tertarik dengan sistem masyarakat? Dan memiliki cita cita sebagai seorang akuntan handal? tak ada salahnya untuk mengintip jurusan IPS. Walaupun dipandang sebelah mata, jurusan IPS dengan plesetannya Ikatan Pelajar Sukses optimis bisa menjadi seorang Bos dari anak anak IPA. Baca juga 10 kelebihan jurusan IPS.

Kenapa bisa dibilang begitu? Di jurusan IPS kamu akan mempelajari Ekonomi yang dimana mendidik kamu melek finansial. Sama halnya dengan IPA, ada 4 pelajaran peminatan yang diajarkan di jurusan IPS. Diantaranya adalah Ekonomi, Sejarah, Geografi dan Sosiologi. Pelajaran pelajaran tersebut dinilai lebih mudah ketimbang pelajaran IPA.

Walaupun begitu, lulusan jurusan IPS tidak bisa mengambil kuliah dengan jurusan anak IPA. Mengapa bisa begitu? padahal anak IPA bisa mengambil jurusan anak IPS? Coba kamu bayangkan, selama 3 tahun di SMA kamu tidak diajarkan mengenai sistem organ manusia, tapi kamu ingin masuk Kedokteran. Apa itu tidak salah?

Meskipun kamu juga berkesempatan mendapatkan pelajaran jurusan IPA, tapi kamu tidak akan bisa mengikutinya secara sempurna. Tapi tak usah khawatir, karena ada banyak sekali jurusan IPS di jenjang perkuliahan. Semisal Hukum, Ekonomi, Manajemen, Politik, Sejarah, dan lainnya. Apalagi anak IPS termasuk minoritas, tentu peluang kamu masuk universitas akan besar. 

Nah di atas telah dijelaskan perbedaan jurusan IPA dengan IPS secara mudah. Intinya masing masing dari jurusan tersebut terdapat kelebihan yang tidak dimiliki satu sama lain. Jadi kamu harus jeli untuk menentukan masa depan ketika telah lulus SMP. Karena dari jurusan inilah, awal masa depanmu dirajut. 

Baca Juga:  Tips Menghapal Cepat, Tanpa Lupa!

Untuk persiapan kamu dalam bersaing saat belajar di bangku SMA kamu bisa ikutan bimbel, bisa ikut bimbel online maupun offline. Untuk pilihan bimbel online kamu bisa lihat di halaman Bimbel Online Terbaik di Indonesia. Buat kamu yang masih nyaman dengan bimbel konvensional atau offline, kamu bisa belajar di Brain Academy dari Ruangguru, cocok banget buat kamu yang masih senang belajar secara offline atau tatap muka.

Semoga artikel di atas bisa membantu kamu terkait informasi yang sedang kamu cari, jika ada pertanyaan silahkan tulis di komentar atau kamu bisa langsung klik chat untuk bertanya dengan admin kami melalui kontak WhatsApp.
Masih belum ketemu artikel yang kamu cari? Coba ketik di bawah ya. :)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Check Also

Kode Diskon Pahamify Terbaru

Mau daftar pahamify, tapi ingin dapat harga diskon? Berikut ini aku bagikan kode yang bisa…