Cara Membuat Visi Misi OSIS

Silahkan klik SUBSCRIBE pada channel Youtube kami ya gaes.. :)

Dari beberapa chat di wa saya, banyak banget yang nanyain tentang contoh visi misi OSIS, dari beberapa contoh yang saya berikan katanya sih belum ada yang cocok gitu, dan beberapa siswa juga yang bilang disuruh bikin visi misi sendiri dan gak boleh ambil dari google.

Hmm, apakah kamu juga disuruh seperti itu? Jika iya, kamu harus bikin sendiri visi misinya. Calon ketua OSIS memang harus begitu sih, harus kreatif dan inovatif. Sebagai bahan referensi kamu, silahkan lihat contoh visi misi OSIS SMP dan SMA.

Sebelum saya bahas Cara Membuat Visi Misi OSIS, perlu kamu tahu dulu arti dan pengertian dari visi misi tersebut. Apa sih arti dari visi misi? Yuk baca sampai habis ya!

Pengertian Visi dan Misi

Pengertian Visi

Pengertian Visi adalah serangkaian kata yang menunjukkan impian, cita-cita atau nilai inti sebuah organisasi. Visi merupakan tujuan masa depan sebuah organisasi. Visi merupakan pikiran-pikiran yang ada di dalam benak para pendiri. Pikiran-pikiran tersebut adalah gambaran tentang masa depan yang ingin dicapai.

Pengertian Misi

Sedangkan Misi adalah tahapan-tahapan yang harus dilalui untuk mencapai visi tersebut. Selain itu, misi juga merupakan deskripsi atau tujuan mengapa organisasi tersebut berada.

Perbedaan Visi dengan Misi

Setelah mengetahui pengertian serta perbedaan dari visi misi, barulah kita bisa menjabarkan untuk membuat visi misi tersebut. Apakah kamu sudah paham pengertian dari visi misi di atas? Jika belum paham, kamu bisa tanya ke admin kami di kontak whatapps web ini ya.

Oke, mari kita lanjut ke cara membuat visi misinya sekarang.

Cara Membuat Visi Misi OSIS

1. Membuat Visi

Seperti yang telah dijelaskan di atas, visi adalah impian atau cita-cita yang akan kamu capai dalam OSIS tersebut. Berikut contoh visi OSIS!

Contoh Visi OSIS:

Menjadikan OSIS sebagai sarana menampung kreativitas, inspirasi dan aspirasi, juga meningkatkan sekolah menjadi yang bermutu, berani tampil beda, berakhlak mulia, jujur, adil, dan disiplin.

Silahkan kamu kreasikan sendiri Visi OSIS yang ingin kamu buat, usahakan sesuaikan kondisi lingkungan sekolah kamu ya, agar visi yang kamu buat memang sesuai dengan kebutuhan sekolah kamu. Misalnya di sekolah kamu siswanya masih kurang disiplin, kamu bisa menekan Visi untuk meningkat kedisiplinan tersebut.

2. Membuat Misi

Misi merupakan tahapan-tahapan yang harus dilalui untuk mencapai visi. Selain itu, misi juga merupakan deskripsi dari visi tersebut.

Berikut contoh Misi dari penjabaran Visi OSIS di atas.

Contoh Misi OSIS

  1. Mengaktifkan dan memajukan organisasi-organisasi dan ekstrakulikuler yang ada disekolah
  2. Meningkatkan mutu kerja OSIS
  3. Melaksanakan program-progam yang tersusun sesuai rencana
  4. Menjalin hubungan yang harmonis antara seluruh anggota sekolah
  5. Menjadikan siswa/siswi yang kreatif, pintar, berdisiplin tinggi, dan takwa kepada Tuhan
  6. Mengadakan kegiatan-kegiatan dibidang sosial dan keagamaan.

3. Membuat Program Kerja

Program kerja merupakan upaya yang harus dilakukan untuk merealisasikan Visi Misi OSIS tersebut. Program kerja merupakan bentuk penjabaran poin-poin yang sudah dituliskan pada Misi OSIS di atas.

Baca Juga:  Sejarah Terbentuknya OSIS

Contoh program kerja OSIS

Mari kita ambil satu contoh poin dari misi di atas:

  1. Mengaktifkan dan memajukan organisasi-organisasi dan ekstrakulikuler yang ada disekolah

Untuk program kerja kamu bisa membuat program ektrakurikuler, misalnya program ekskul seperti, Basket, Futsal, Seni Tari, dll. Mulai dari waktu latihannya kapan? Jam berapa? Berapa kali seminggu? Hal-hal tersebut perlu kamu buat sedetail mungkin untuk membuat sebuah program. Untuk contoh program masing-masing seksi, kamu bisa melihat di Contoh Program Kerja OSIS.

Program kerja ini dibuat oleh masing-masing seksi yang sudah terbetuk dalam pengurus OSIS. Jadi tidak semua tugas itu dibebankan kepada ketua OSIS, melainkan dibantu oleh staf, atau seksi-seksi yang memegang jabatan tersebut.

Tugas ketua adalah mengontrol dan mengoordinasikan segala bentuk program yang dibuat, dan tidak lupa juga setiap program yang kamu buat, kamu bisa meminta saran dan masukan dari pembina OSIS di sekolah kamu. Dan pastikan semua program kerja yang kamu buat atas persetujuan dari pembina OSIS, Kesiswaan dan Kepala Sekolah.

Kesimpulan

Visi merupakan impian yang ingin kamu capai dalam jangka panjang, sedangkan Misi adalah poin penjabaran dari Visi tersebut, antara visi dan misi harus relevan jangan sampai tumpang tindih atau tidak sejalan. Sedangkan program kerja adalah usaha yang akan kamu lakukan untuk mencapai Visi dan Misi OSIS tersebut. Jadi, antara Visi Misi dan Program kerja harus menyatu atau terhubung dan saling berkaitan.

Sekian dulu cara membuat visi misi OSIS semoga bermanfaat buat kamu yang masih bingung dalam membuat visi misi OSIS. Jangan lupa baca juga Cara Menjadi Ketua OSIS yang Baik.

Semoga artikel di atas bisa membantu kamu terkait informasi yang sedang kamu cari, jika ada pertanyaan silahkan tulis di komentar atau kamu bisa langsung klik chat untuk bertanya dengan admin kami langsung melalui kontak Whatsapp.
Masih belum ketemu artikel yang kamu cari? Coba ketik di bawah ya. :)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Check Also

Contoh Program Kerja OSIS, Lengkap!

Bagi kamu yang belum tahu Program Kerja Osis itu seperti apa? Berikut ini salah satu conto…