kelebihan jurusan ips

10 Kelebihan Jurusan IPS, yang Jarang Diketahui!

Kelebihan Jurusan IPS – Kebingungan dan kebimbangan saat memilih jurusan di SMA itu sangatlah wajar. Karena disini kamu harus bisa memilih jurusan yang dapat menghantarkan cita-citamu. Entah itu cita cita untuk masuk universitas atau karir di masa depan. Oleh karena itu, kamu harus benar berhati-hati sebelum memutuskan untuk ambil jurusan.

Di artikel sebelumnya telah dibahas mengenai 10 kelebihan jurusan IPA. Nah di artikel kali ini akan dibahas mengenai 10 kelebihan jurusan IPS yang tidak dimiliki oleh anak IPA. Dengan mempertimbangkan kelebihan kelebihan ini, diharapkan nantinya kamu bisa lebih memiliki sudut pandang yang luas tentang SMA. 

10 Kelebihan Jurusan IPS

1. Lebih Mudah Mendapatkan Pekerjaan

Sering melihat lowongan pekerjaan untuk lulusan akuntansi, hukum, manajemen dan ilmu IPS lainnya? Nah itu adalah sedikit contoh mengapa lulusan IPS lebih mudah mendapatkan pekerjaan. Untuk meningkatkan kualitas dan skillmu, kamu bisa melanjutkan ke jenjang perkuliahan, entah itu D3, D4, atau S1.

2. Jurusan SMA yang Sedikit Persaingan

IPS adalah jurusan yang jauh lebih sedikit ketimbang jurusan IPA di SMA. Satu angkatan biasanya hanya ada sekitar 4 kelas IPS dari total 12 kelas di angkatan tersebut. Jadi bisa dibayangkan, hanya segelintir orang yang masuk jurusan IPS. Tentu saja kamu akan mendapatkan sedikit persaingan dan lebih mudah masuk ke universitas.  

Baca Juga:  Kamu Wajib Tahu, Universitas Swasta Terbaik di Indonesia!

3. Jurusan Perkuliahan yang Beragam

Daya tampung perkuliahan yang besar, gedung universitas yang megah dan banyak relasi membuat jurusan IPS sangat istimewa di mata calon mahasiswa. Bahkan anak IPA rela lintas jurusan demi mengambil jurusan lulusan IPS di universitas. Selain karena alasan diatas, alasan lainnya adalah karena lulusan jurusan IPS memiliki pilihan jurusan universitas yang beragam.

4. Calon – Calon Bisnisman

Siapa sangka jika di jenjang SMA kamu akan sedikit diajarkan mengenai cara menjadi entrepreneur. Ya benar, melalui pelajaran ekonomi dan sosiologi, kamu bisa memahami perilaku masyarakat tentang penawaran dan permintaan (S&D). Sehingga nantinya jiwa entrepreneurmu akan tumbuh secara tidak sadar. 

5. Ilmu yang Akan Terus Digunakan Dikehidupan Sehari-hari

Mempelajari tentang sosiologi, ekonomi dan geografi rasa rasanya ilmu tersebut akan bermanfaat di kehidupan sehari hari. Sebagai contoh dengan mempelajari ilmu sosiologi, kamu akan lebih bijak dan ngerti cara berkomunikasi dengan masyarakat. Selain itu, ilmu ekonomi membuatmu pandai mengatur cash flow, sehingga kamu bisa hidup hemat.

6. Ilmu yang Dinamis

Ya benar, mempelajari IPS tidak serta merta harus mengacu kepada buku sebagai sebuah ketetapan. Itulah yang terjadi pada ilmu IPS. Kamu akan terus menemukan dinamika di masyarakat, karena perilaku masyarakat akan terus berubah seiring berkembangnya jaman.

7. Dapat Belajar Diluar Jam sekolah

Tidak serta merta ketika mempelajari ilmu IPS harus di dalam kelas. Karena kamu bisa mengamati dan belajar langsung di dunia luar. Yaitu dengan cara berinteraksi dengan orang lain, memahami sifat mereka dan lain sebagainnya. 

8. Dapat Memahami Perilaku Sosial Masyarakat

Di ilmu sosiologi dan ekonomi, kamu akan belajar banyak tentang perilaku masyarakat. Jika kamu dapat memahami perilaku mereka, kamu bisa mendapatkan attention dari mereka, untuk urusan politik, bisnis atau yang lainnya. 

Baca Juga:  4 Tahapan Dalam Menyusun Metode Ilmiah Biologi

9. Jarang Menggunakan Perhitungan

Otak kamu akan digodok untuk bisa memahami dan menghafalkan. Mungkin akan sedikit perhitungan, yaitu di mata pelajaran matematika wajib dan ekonomi akuntansi saja.

10. Punya Jiwa Sosial yang Tinggi

Anak IPS terkenal dengan punya jiwa sosial tinggi, yah namanya jurusan IPS ya, sesuai dengan jurusannya yaitu ilmu sosial, tentu kamu akan banyak diajarkan tentang bagaimana berinteraksi sosial, mempelajari sejarah, dan bagaimana cara hidup bermasyarakat.

Masing masing dari jurusan tentu saja memiliki kelebihan yang tidak dimiliki satu sama lain. Bagaimana menurutmu? apakah ada kelebihan di atas yang sedang kamu cari selama ini?

Apakah kamu sudah siap dengan tantangan belajar di bangku SMA? Jangan lupa untuk terus belajar dengan maksimal, karena di bangku SMA bakal banyak saiangan kamu, sehingga untuk meraih prestasi tentu kamu harus berusaha lebih maksimal lagi, kamu bisa belajar melalui buku atau bisa juga ikut bimbel.

Kamu bisa memilih bimbel online maupun offline, sesuaikan dengan cara belajar kamu ya. Pilihan bimbel online terbaik kamu bisa lihat di halaman Bimbel Online Terbaik di Indonesia. Buat kamu yang masih nyaman dengan bimbel konvensional atau offline, kamu bisa belajar di Brain Academy dari Ruangguru, cocok banget buat kamu yang masih senang belajar secara offline.

Masih belum ketemu artikel yang kamu cari? Coba ketik di bawah ya. :)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Check Also

10 Aplikasi Wajib Anak Sekolah, Kamu Harus Punya Nih!

Aplikasi Wajib Anak Sekolah – Well, selama pandemi di rumah gimana aja nih aktivitas…