Cara Menjadi Ketua OSIS yang Baik

Silahkan klik SUBSCRIBE pada channel Youtube kami ya gaes.. :)

Banyak banget yang nanya di WA tentang cara menjadi ketua OSIS? Untuk menjawab pertanyaan tersebut, saya mencoba menjelaskannya pada postingan ini, agar bisa menjadi bahan untuk menambah informasi buat kamu yang tertarik untuk menjadi ketua OSIS.

Sebelum menjadi ketua OSIS ada beberapa tahapan yang harus kamu lalui dalam proses seleksi, jika kamu terpilih atau mendapatkan suara terbanyak dari siswa/wi pemilih, kamu bakal berhak untuk menjadi ketua OSIS.

Berikut beberapa tahapan yang harus kamu ketahui sebelum masuk seleksi menjadi ketua OSIS.

Persiapan Pemilihan Ketua OSIS

Salah satu tugas MPK (Majelis Perwakilan Kelas) adalah menyelenggarakan pemilihan pengurus Osis. Pemilihan pengurus Osis memerlukan persiapan dan alur proses seleksi.

MPK (Majelis Perwakilan Kelas) adalah suatu Organisasi yang berada ditingkat Sekolah di Indonesia yang ada di Sekolah Menengah Pertama dan Sekolah Menengah Atas. Majelis Permusyawaratan Kelas berada di luar Struktur Organisasi Sekolah dan salah satu organisasi kesiswaan yang resmi dan wajib ada di SMA/MA bersama-sama dengan Pembina MPK dan OSIS. Majelis Permusyawaratan Kelas (MPK) adalah Pengawas Kebijakan Organisasi Siswa Intra Sekolah (OSIS) yang berperan penting dalam suatu sekolah. sumber: wikipedia.org

Berikut tahapan dan langkah-langkah dalam persiapan untuk proses pemilihan pengurus Osis yang perlu kamu ketahui.

Baca Juga:  Contoh Susunan Acara Hari Guru

1. Menjaring Nama Kandididat

Dalam menentukan kandidat calon ketua OSIS, MPK melakukan rapat untuk menentukan nama kandidat ketua Osis sebanyak enam nama yang bukan dari kelas IX untuk jenjang SMP dan bukan dari kelas XII untuk jenjang SMA.

Artinya calon ketua OSIS diambil dari siswa kelas VII dan VIII untuk SMP dan siswa kelas X dan XI untuk jenjang SMA.

Mungkin kamu bertanya-tanya, kenapa anak kelas IX atau kelas XII tidak diperbolehkan jadi calon ketua OSIS? Sebenarnya sih bukan tidak boleh ya, tapi melihat dari masa aktif menjadi siswa lebih pendek untuk siswa kelas IX dan XII, ditambah lagi siswa kelas akhir lebih fokus untuk persiapan ujian. Tapi, kalau sekedar menjadi anggota OSIS masih bisa kok.

2. Menetapkan Nama Kandidat

Setelah menjaring nama kandidat, pengurus MPK menetapkan nama calon kandidat yang akan diikutkan dalam pemilihan  ketua Osis. Setelah itu, pengurus MPK meminta saran kepada pembina Osis untuk disampaikan kepada kandidat ketua Osis yang ikut pada pemilihan.

3.Menetukan Jadwal Penyampaian Visi dan Misi

Pengurus MPK menentukan jadwal penyampaian Visi dan Misi oleh masing-masing kandidat ketua Osis. Untuk jenjang SMP dan SMA tahap ini dilaksanakn penyampaian visi dan misi OSIS.

Disampaikan seperti kampanye untuk meyakinkan siswa yang akan memilih. Untuk melihat contoh visi misi OSIS untuk SMP dan SMA, silahkan lihat di postingan Contoh visi misi OSIS.

4.Menentukan jadwal pemilihan

Langkah terakhir dalam rapat persiapan pemilihan pengurus Osis adalah menetapkan jadwal pemilihan ketua Osis. Selain itu pengurus MPK juga mempersiapkan langkah-langkah dalam pemilihan ketua Osis.

Tips Jadi Ketua Osis yang Baik

1. Ketua Osis Harus Cerdas

Ketua OSIS merupakan panutan bagi para siswa yang lain, sisi kecerdasannya akan berpengaruh dalam memimpin organisasi. Cerdas disini tentu dalam berbagai hal, seperti cerdas memimpin rapat, cerdas berkomunikasi, cerdas membagi tugas dan lain sebagainya.

Baca Juga:  Cara Membuat Visi Misi OSIS

Nah, untuk menjadikan dirimu cerdas hal wajib yang harus kamu lakukan adalah baca buku, baca berita baik media cetak maupun online, ikut kegiatan seminar, ikut kelompok diskusi, bergaulan dengan orang yang lebih dewasa dan jangan malu bertanya.

2. Menjaga Akhlak dan Kepribadian

Karena ketua OSIS adalah pemimpin maka sudah sepatutnya menjaga akhlak, agar terlihat berwibawa dan memiliki kharisma. Cara menjaga akhlak adalah dengan membatasi pergaulan dengan lawan jenis, bersikap sepantasnya (tidak lebay apalagi alay 😀 ) dan hati-hati dalam berucap. Kalau yang beragama Islam kalau akhlakmu mau terjaga rajin-rajinlah ikut kajian dan bergaulah dengan orang soleh.

3. Jadi Teladan Bagi Siswa Lain

Ini paling wajib bagi pemimpin atau ketua OSIS. Ketua osis dan seluruh pengurusnya wajib menjadi teladan bagi warga sekolah. Saya yakin kamu pasti bisa.

4. Belajar Public Speaking (Kemampuan berbicara di muka umum)

Para pemimpin biasanya pandai berbicara atau beretorika (Public Speakingnya), nah biar kamu lebih pantas dan pede jadi ketua osis saat berbicara didepan forum, selayaknya kamu perbaiki cara bicaramu, dengan cara apa? teruslah berlatih dalam setiap kesempatan seperti membawakan acara rapat, jadi MC upacara dll.

5. Cerdas Menggunakan Teknologi

Sekarang zamannya era digital kalau kamu ketua osis maka kamu jangan ikut-ikutan bikin status lebay di media sosial, karena status di media sosial merupakan cerminan gambaran nyata dalam kehidupan kamu, dan kualitas dari status yang kamu buat di media sosial bisa mencerminkan kepribadian kamu loh. Jadi cerdaskan memanfaat media sosial, baik dalam membuat status dan memberikan komentar, berikan komentar yang baik dengan tutur kata yang sopan ya. 🙂

Baca Juga:  Struktur dan Tugas Pengurus OSIS, Lengkap!

6. Bikin Program Kerja yang Kreatif dan Inovatif

Kalau kamu gak bisa bikin program osis yang oke atau kamu hanya jadi menjadi pengikut ketua osis terdahulu, lebih baik kamu mundur aja jadi ketua osis. Ketua osis itu harus punya gagasan dan ide kreatif, buatlah program-program yang bermanfaat buat siswa/wi di sekolah kamu.

7. Komunikatif 

Kamu harus pandai berkomunikasi dengan semua pihak seperti dengan kepsek, pembina, guru, siswa pengurus yang lain dan juga partner organisasi diluar sekolah kamu.

Tips Jadi Ketua Osis yang bertanggung Jawab

1. Disiplin,

Kamu harus jadi orang yang paling disiplin disekolahmu, seperti cara berpaiakanmu, mengerjakan tugas, datang rapat dan juga kamu harus datang lebih awal kalau mengadekan sesuatu. bahasa saya kamu harus menghilangkan istilah On Time (datang tepat waktu) diganti dengan In Time (Datang sebelum waktunya.

2. Konsisten

Apa yang kamu katakan harus sesuai dengan apa yang kamu lakukan, kalau rapat undangan jam 8 dimulai maka kamu harus memulainya jam 8. Kalau kamu udah buat program ya harus kamu jalankan. Itu baru ketua osis yang bertanggung jawab.

3. Jalan program yang kamu buat

Kalau kamu udah buat program konsekuensinya ya kamu harus jalankan, kamu harus bertanggung jawab dengan apa yang sudah kamu buat.

4. Pemberi Solusi

Ketua osis jangan banyak ngeluh dengan kendala-kendala organisasi, justru kamu harus jadi orang yang memberikan solusi dalam masalah-masalah yang organisasi kamu hadapi.

Source:

  • https://www.matrapendidikan.com/2018/08/langkah-persiapan-pemilihan-ketua-osis.html
  • https://motivatorkreatif.wordpress.com/2014/11/01/tips-menjadi-ketua-osis-yang-oke/
Semoga artikel di atas bisa membantu kamu terkait informasi yang sedang kamu cari, jika ada pertanyaan silahkan tulis di komentar atau kamu bisa langsung klik chat untuk bertanya dengan admin kami langsung melalui kontak Whatsapp.
Masih belum ketemu artikel yang kamu cari? Coba ketik di bawah ya. :)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Check Also

Contoh Program Kerja OSIS, Lengkap!

Bagi kamu yang belum tahu Program Kerja Osis itu seperti apa? Berikut ini salah satu conto…