Tips Mengerjakan Tes Kartu Prakerja Agar Lolos

Sudah mencoba daftar Kartu Prakerja? Bagi Anda yang sedang mencari pekerjaan atau fresh graduate yang baru lulus sekolah atau kuliah, pemerintah kini memiliki program untuk mengurangi angka pengangguran dan mencegah pengangguran di Indonesia. Pendaftaran Kartu Prakerja telah dibuka sejak tanggal 11 April 2020 lalu. Anda bisa melakukan pendaftaran secara online melalui laman www.prakerja.co.id. 

Untuk bisa lolos menjadi peserta Kartu Prakerja, diharuskan mengisi data diri dengan lengkap dan mengikuti tes motivasi dan kemampuan dasar selama kurang lebih 15 menit. Tes ini merupakan komponen wajib untuk diikuti pendaftar.

Materi Tes yang Diujikan

Proses tes seleksi dari kartu prakerja sepenuhnya dilakukan secara online, untuk bsia mengikuti tes ini pastikan Anda mempunyai jaringan internet yang stabil. Dan materinya seperti apa? Ini dia daftarnya seperti yang dilansir dari tirto.id.

  1. Matematika Dasar
  2. Pengurutan Instruksi
  3. Pemahaman Bacaan Non-Sastra

Setelah menyelesaikan tes, tunggu email pemberitahuan dari Kartu Prakerja. Setelah mendapatkan email pemberitahuan, kembali lagi ke situs, dan gabung ke gelombang pendaftaran. Untuk pandaun daftar lengkap silahkan baca halaman Cara Mendaftar Kartu Prakerja.

Tapi, banyak yang gagal saat mengikuti tes seleksi, untuk memperbesar peluang lolos. Ikuti tipsnya berikut ini.

Tips Mengerjakan Tes Seleksi Kartu Prakerja

1. Siapkan alat tulis

Pada saat mengikuti tes seleksi Kartu Prakerja, ada beberapa tipe soal yang harus dipahami, salah satunya adalam materi matematika dasar. Untuk itu, sangat disarankan untuk Anda menyiapkan alat tulis seperti kertas coretan, pensil/pulpen untuk membantu Anda dalam berhitung atau mencatat hal-hal penting.

Baca Juga:  Perbedaan Harga Paket Ruangbelajar dengan Ruangbelajar Plus

2. Berlatih soal-soal kemampuan dasar

Agar perluang lolos Anda lebih besar, sebaikya melakukan persiapan dengan berlatih soal-soal kemampuan dasar. Soal-soal ini pun bisa Anda dapatkan dengan mudah di internet. Dengan berlatih dengan banyak soal, semakin menambah kemampuan Anda dalam menjawab, dan bisa memaksimalkan nilain Anda. Anda pun tipe-tipe soal kemampuan dasar, seperti matematika dasar, pemahaman bacaan, dan sebagainya.

3. Berkonsentrasi dengan baik

Saat menjawab soal usahakan Anda dalam keadaan yang tenang, bila perlu kerjakan di kamar dan tidak ada gangguan dari luar agar Anda bisa fokus mengerjakan soalnya. Jangan lupa untuk makan terlebih dahulu sebelum mulai karena keadaan lapar akan membuat Anda mudah lelah dan kehilangan fokus.

4. Atur waktu saat mengerjakan

Agar tidak kehabisan waktu, Anda wajib mengukur waktu yang diperlukan dalam mengerjakan soal. Ini dapat Anda latih mulai dari saat mengerjakan soal-soal latihan kemampuan dasar. Gunakan timer saat mengerjakan soal latihan untuk memperkirakan waktu yang dibutuhkan dalam mengerjakan sebuah soal.

5. Kerjakan soal yang mudah terlebih dahulu

Jika Anda mengalami kesulitan saat menjawab soal, lewati saja agar waktu anda lebih efektif dan efisien karena jika waktu sudah habis Anda tidak bisa mengerjakan soal lagi. Sebaiknya, kerjakan soal dengan teks yang panjang di awal karena saat baru mengerjakan soal fokus Anda  lebih baik. Jangan terlalu lama pada soal untuk menghemat waktu. Tandai soal yang sulit dan catat nomor soalnya pada kertas yang sudah disiapkan.

Bagaiman apakah Anda sudah siap untuk mendaftar? Ayo daftar langsung di situs www.prakerja.co.id, buat akun dan ikuti tesnya dengan semaksimal mungkin. Untuk mendapatkan kelas pelatihan berkualitas, jangan lupa pilih Skill Academy by Ruangguru!

Masih belum ketemu artikel yang kamu cari? Coba ketik di bawah ya. :)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Check Also

Ruangguru Vs Pahamify, Pilih Mana?

Hai guys, apakah kamu udah daftar di bimbel? Baik secara online maupun offline? Kenapa sih…