Tips Memilih Bimbel SBMPTN yang Tepat!

Tips Memilih Bimbel SBMPTN | Banyak cara dilakukan oleh siswa maupun orang tua agar anaknya bisa lulus masuk perguruan tinggi negeri yang terbaik. Salah satu caranya adalah dengan memberikan les tambahan berupa bimbingan belajar.

Terkadang orang tua maupun anak seringkali ragu dengan bimbel yang menjanjikan kelulusan. Ada beberapa tips memilih bimbel SBMPTN untuk lebih berhati-hati.

Untuk dapat lulus dan masuk perguruan tinggi yang diinginkan, haruslah melewati beberapa tahap seleksi, salah satunya seleksi SBMPTN. Menghadapi seleksi ini cukup sulit karena harus melalui tes seleksi mulai dari test kemampuan akademik dan sebagainya.

Soal tersebut dikerjakan dengan passing grade yang ditentukan oleh tiap universitas dan juga berbeda tiap jurusannya. Peluang lolos kamu sangat ditentukan oleh banyaknya pesaing kamu dalam memilih jurusan tersebut.

[irp posts=”38″ name=”Tips Memilih Bimbel Online yang Tepat”]

Tips Memilih Bimbel SBMPTN yang Tepat!

1. Fasilitas belajar dan kenyamanan

Untuk kegiatan belajar yang baik dan optimal, pilihlah bimbel yang menyediakan kenyamanan dalam proses belajar mengajar, seperti suasana kelasnya, fasilitas penunjang apa saja, kebersihan ruangan dan gedungnya seperti apa, dan sebagainya.

Ini sangat penting untuk menjadi bahan pertimbangan kamu dalam memilih tempat bimbingan belajar yang tepat.

2. Lokasi bimbel yang dekat dengan rumah

Memperhatikan lokasi bimbel memang nampaknya sangat sepele, namun hal ini sangat berpengaruh terhadap hasil belajar mengajar dan memengaruhi fisik kamu. Apabila lokasi bimbel berjarak jauh dari rumah, kamu membutuhkan waktu yang lebih banyak untuk menuju lokasi bimbel.

Jarak yang cukup jauh, belum lagi di perjalanan menghadapi macet, panas, dan polusi udara dimana hal tersebut sangat berpengaruh pada tingkat stress dan siswa kerap kali letih setiba di lokasi. Tentunya kondisi tersebut akan mengganggu konsentrasi kamu sehingga akan kesulitan dalam memfokuskan diri pada pelajaran yang hendak diajarkan saat itu.

3. Mencari tahu referensi atau testimoni siswa yang sudah belajar

Sebelum mendaftarkan diri pada sebuah instansi bimbingan belajar, sebaiknya tips memilih bimbel SBMPTN yang satu ini lebih di perhatikan. Biasanya ada saja tetangga atau teman yang telah terlebih dahulu mencoba bimbel tersebut. Review dari orang-orang terdekat tentang kualitas sebuah bimbingan belajar sangat diperlukan agar siswa bisa menyesuaikan diri dan membandingkan dengan bimbel lain.

Siswa juga dapat melihat sejauh mana progress seseorang yang telah belajar melalui suatu bimbel tersebut. Misalnya orang yang memberikan review atau opini suskes masuk ke PTN yang diinginkannya setelah mengikuti bimbel. Dengan cara ini juga siswa semakin yakin bahwa bimbingan belajar tersebut memang berkualitas dan dapat membantu siswa meraih apa yang diinginkannya.

4. Mengetahui profil pembimbing pada bimbel

Tentunya dengan melihat profil tenaga pengajar dapat meyakinkan siswa akan kredibilitas serta kualitas pengajarnya. Para pengajar ini sangat menentukan siswanya dapat belajar dengan baik dan nyaman. Pengajar yang menyenangkan akan membuat siswa mudah menyerap materi yang disampaikan. Selain itu, pengajar yang cerdas juga mampu menularkan ilmunya dengan mudah kepada siswanya.

Untuk melihat profile dan latar belakang tenaga pelajar, siswa dapat melihat langsung ke lokasi bimbel atau melihat pada website bimbel tersebut. Biasanya pada website juga dilengkapi dengan pemberian rating serta respons dari siswa yang telah belajar padanya sehingga calon siswa akan mengetahui dan memiliki gambaran terhadap  pembimbing atau pengajar tersebut.

5. Mempertimbangkan biaya belajarnya

Pilihlah bimbel yang relevan antara kualitas pembelajaran dengan biaya selama belajar. Kebanyakan orang berpendapat bahwa, semakin tinggi biaya bimbingan belajar yang dikeluarkan, maka semakin baik dan semakin terjamin pula kecerdasan siswanya.

Namun hal tersebut tentu tidak bisa menjadi patokan. Justru dengan biaya tinggi akan menjadi beban orang tua siswa yang berpengaruh pula kepada siswa.

Jangan sampai biaya akan membebani siswa karena kondisi tersebut akan berpengaruh pula terhadap tingkat konsentrasi dan fokus siswa selama proses belajar.  Jika memang orang tua siswa tidak keberatan membayar lebih, maka pastikan pula fasilitas, pemberian materi, dan jaminan-jaminan lain terpenuhi agar siswa maupun orang tua siswa tidak merasa dirugikan.

6. Mencoba kelas uji coba gratis

Biasanya tiap bimbingan belajar sudah menyediakan kelas uji coba gratis untuk dimanfaatkan oleh siswa calon pendaftar, ini bertujuan agar siswa bisa lebih mengenal sistem belajar dan gaya belajar yang diterapkan oleh bimbel tersebut dengan mencoba kelas gratis.

Hal ini sangat penting untuk mengetahui dan mendapatkan pengalaman belajar bagi kamu, jika merasa cocok dengan sistem belajar dan fasilitas yang disediakan, kamu bisa melanjutkan untuk mengikuti kelas berbayarnya.

7. Pilih paket SBMPTN Intensif

Biasanya tiap bimbel sudah ada paket intensif untuk persiapan SBMPTN, usahakan kamu mengambil paket belajar ini agar persiapan kamu lebih maksimal.

Paket intensif SBMPTN lebih fokus untuk mempelajari materi SBMPTN dan jam belajarnya sangat inten, sehingga kegiatan belajar kamu akan lebih baik.

Misalnya siswanya ingin masuk kedokteran pada universitas favorit. Tentunya kamu harus fokus pada materi saintek dimana pelajaran yang diutamakan adalah matematika, biologi, kimia, dan fisika.

Sedangkan  siswa yang ingin masuk fakultas sosial akan memfokuskan diri pada materi soshum yang terdiri dari ilmu sosial, politik, ekonomi, sejarah dan sebagainya.

Dari ketujuh tips di atas, saya merekomendasikan kamu untuk mencoba bimbingan belajar dari Brain Academy. Saat ini Brain Academy sudah ada di 15 kota di seluruh Indonesia dan akan terus bertambah seiring waktu.

Sistem belajarnya pun sangat modern dengan perpaduan antara bimbel online dan offline. Gedungnya terlihat mewah dan ruang kelas yang nyaman buat siswa, dan sudah tersedia paket SBMPTN.

Untuk mengetahui cabang dari Brain Academy silahkan baca di halaman Lokasi Cabang Brain Academy di Seluruh Indonesia. Oiya kamu juga bisa nyobain kelas gratis lho, untuk daftar kelas gratis silahkan baca Cara Daftar Kelas Gratis Brain Academy.

Semoga artikel ini bisa bermanfaat untuk kamu yang sedang bingung dalam memilih bimbingan belajar yang tepat.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Check Also

Cara Beli Kaos Ruangguru

Bagi kamu yang tertarik untuk memiliki kaos dari Ruangguru, kamu bisa ikut petunjuk beriku…