Kenapa Bimbel Online Tidak Gratis?

Silahkan klik SUBSCRIBE pada channel Youtube kami ya gaes.. :)

Semakin berkembangnya teknologi saat ini, banyak fitur-fitur dan aplikasi yang bisa kamu nikmati dari gadget kamu. Termasuk aplikasi bimbingan online yang saat ini semakin mulai bermunculan. Ada banyak aplikasi yang menawarkan program bimbingan belajar online melalui aplikasi yang bisa diunduh melalui android maupun App Store. Masing-masing aplikasi biasanya menawarkan harga yang berbeda-beda.

Jika banyak yang membuka aplikasi dan melihat penawaran harga yang tertera mungkin kamu akan berfikir kenapa harus bayar ya? kenapa tidak gratis jadi bisa kamu akses dengan mudah. Yuk, coba kamu simak ulasan berikut, kenapa sih bimbingan belajar online itu harus bayar atau tidak gratis. Kenapa harus ada biaya berlangganan yang macam-macam itu. 

A. Tentang Pembuatan Aplikasi

Kebanyakan untuk bisa mengunduh sebuah aplikasi menggunakan android atau App Store. Untuk membuat sebuah aplikasi android membutuhkan waktu yang tidak sebentar dan biaya yang tidak sedikit.  Hal utama yang perlu diperhatikan dalam pembuatan aplikasi android adalah prediksi biaya prpyek, batas waktu dan juga kualitas pelaksanaan. Tidak bisa langsung begitu saja membuat sebuah aplikasi.

1. Untuk membuat sebuah aplikasi membutuhkan proses dan diskusi. Diskusi ini ditujukan untuk bisa memahami seperti apa rancangan aplikasi yang diinginkan antara tim perencana dan tim pelaksana. Kemudian tim akan memperkirakan kerangka waktu untuk pembuatan aplikasi secara sepsifik dan merupakan suatu hal yang mustahil jika tim tidak mengetahui struktur dan desain aplikasi kedepannya.

2. Tahap selanjutnya adalah pengembangan desain dan spesifikasi teknis tentang aplikasi tersebut dan estimasi lama proyek pengerjaan aplikasi ini akan berlangsung. 

Baca Juga:  Fitur Smart Rekomendasi dari Ruangguru

3. Setelah melewati tahap coding, maka tim pelaksana dapat menentukan berapa biaya yang akan dikeluarkan untuk pembuatan aplikasi tersebut dan kemungkinan lain yang dapat terjadi pada aplikasi.

B. Beberapa Hal yang Mempengaruhi Biaya

Sebenarnnya banyak sekali pertimbangan dalam menentukan besarnya biaya untuk pembuatan aplikasi tersebut. Untuk sebuah basic app, besarnya biaya yang dikeluarkan rata-rata sebesar Rp. 30.000.000 karena basic app ini merupakan jenis aplikasi yang simpel dan programnya pun hanya menggunakan pemrograman standar API (Application Programming Interface) yang digunakan oleh semua sistem operasi.

Semakin rumit dan semakin kompleksnya program yang akan dijalankan tentu sakan akan semakin besar dan mahal juga biaya pembuatan sebuah aplikasi. Belum lagi jika dilengkapi oleh beberapa program tambahan yang juga menambah biaya pembuatan. Secara garis besar beberapa hal yang mempengaruhi biaya pembuatan aplikasi andorid ini antara lain:

  1. Platform aplikasi tersebut
  2. Jenis user interface
  3. Pendaftaran integrasi dengan media sosial
  4. Konten yang dihasilkan oleh pengguna aplikasi
  5. Penanggalan dan juga pelacak lokasi
  6. Integrasi external API
  7. Keamanan aplikasi yang terdiri dari;
  • Keamanan barbabis SSL
  • Proteksi DOS
  • Dua faktor otentikasi

C. Tahap Pembuatan Aplikasi

Sebelum membuat aplikasi bimbel yang telah didiskusikan dan disepakati oleh tim perencana dan tim pelaksana maka harus dilihat dulu seperti apa konsep yang akan dikembangkan. Sebelumya harus  dilakukan sedikit riset untuk memastikan bahwa aplikasi tersebut  dapat menjadi solusi dari masalah pembelajaran yang tengah dihadapi oleh masyarakat sehingga hadirnya aplikasi ini berguna.

1. Pematangan Konsep

Seperti yang telah diulas di atas, bahwa dengan adanya diskusi dengan masing-masing tim adalah untuk memaparkan, mengoreksi dan mematangkan konsep yang telah dibuat disesuaikan dengan program-program yang akan ditampilkan. Konsep ini idealnya adalah untuk kepentingan masyarakat sehingga biasanya memakan waktu yang cukup lama dibandingan dengan hal teknis lainnya seperti programming.

Baca Juga:  Fitur Ruangguru Live, Bisa Tanya Tutor!

2. Validasi Ide

Sebelum masuk pada tahap pembuatan, maka akan dilakukan validasi ide untuk mengetahui bahwa konsep yang telah dibuat bermanfaat dan dibutuhkan oleh masyarakat luas. Validasi ini dilakukan dengan cara memberikan sampling aplikasi dengan menanyakan kepada sepuluh atau dua puluh komentas orang lain. Apabilas validasi ini gagal atau tidak mendapat respon positif maka dipastikan aplikasi gagal.

Jika respon yang didapat negatif, konsep yang telah dibuat tidak bisa dilanjutkan ke proses selanjutnya dan harus diulang dari merancang konsep kembali atau perbaikan konsep yang telah ada. Hal ini tentu saja memakan waktu dan biaya dua kali lipat dan membuat aplikasi semakin lama untuk bisa dikerjakan. Ulangi sampling hingga mendapatkan respon positif.

3. Work Flow

Tahapan ini adalah tim pelaksana sudah masuk pada tahap menentukan layout dan peletakan button beserta fungsi-fungsinya. Layout ini dapat dibuat dalam bentuk sketsa atau coretan yang akan di presentasikan atau dipaparkan kepada semua tim yang terlibat. Apabila disetujui maka dapat langsung di buat desain akhirnya, namun jika belum setuju harus diulang kembali.

4. Coding

Coding ini disebut juga beta testing yaitu suatu tahapan melakukan tes pengoperasian aplikasi sebelum diperkenalkan kepada publik. Beta testing ini dilakukan dengan menyebarkan contoh aplikasi kepda pihak internal seperti karyawan, keluarga atau kerabat dan juga pihak ekternal ke 100 atau 200 orang dan menanyakan pendapatnya tentang aplikasi ini.

5. Launching

Setelah seluruh tahapan telah dilakukan dan semua respon adalah positif, juga beberapa perbaikan telah dilakukan, maka aplikasi baru bisa diluncurkan atau diperkenalkan kepada publik dengan cara mengunggahnya pada Android, iOS dan juga device lainnya. Tim tetap akan memantau perkembangan aplikasi apabila ditemukan kekurangan atau eror selama operasional.

Baca Juga:  Cara Beli Marchandise Ruangguru

D. Tahapan Pembuatan Konten

Pada tahapan pembuatan konten video belajar, tentu memakan banyak waktu dan biaya yang harus dikeluarkan, seperti membayar tutor yang mengajar, biaya kameramen, dan editing video.

Semua tahapan dan proses tersebut tidaklah mudah dan tentu memakan banyak biaya kurang lebih 10jutaan utuk 1 video, nah bagaimana kalau udah sampai ribuan video? Biaya pembuatannya cukup mahal kan? Jadi saya rasa wajar kalau bimbel online itu berbayar karena proses pembuatan yang begitu rumit dan biaya yang harus dikeluarkan begitu besar.

Saya rasa harga yang ditawarkan jika dibandingkan dengan proses pembuatan dengan biaya yang cukup besar, harga jual yang ditawarkan oleh bimbel online dengan harga rata-rata kisaran Rp 500.000 – Rp 700.000/tahun itu harga yang sangat wajar, jadi bukan mahal, karena sebanding dengan biaya pembuatan konten video, dan kualitas yang ditawarkan.

Dengan panjangnya dan rumitnya pembuatan sebuah aplikasi bimbel, tentu wajar jika aplikasi bimbel yang ada memang rata-rata adalah aplikasi berbayar yang besarnya bisa berbeda-beda. Banyakanya fitur dan juga program yang dijalankan tentu menjadi pembeda antar aplikasi bimbel. Semuanya membutuhkan biaya yang tidak sedikit, juga masih ada biaya pemeliharaan yang harus ditanggung selama aplikasi berjalan.

Semoga artikel di atas bisa membantu kamu terkait informasi yang sedang kamu cari, jika ada pertanyaan silahkan tulis di komentar atau kamu bisa langsung klik chat untuk bertanya dengan admin kami langsung melalui kontak Whatsapp.
Masih belum ketemu artikel yang kamu cari? Coba ketik di bawah ya. :)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Check Also

Cara Daftar Jadi Guru di Ruangbelajar

Ruangbelajar adalah salah satu produk dari Ruangguru yang paling banyak diminati oleh sisw…