4 Keunggulan Ruangkelas Sebagai LMS untuk Sekolah! Belajar Lebih Maksimal, Guru pun Senang!

Per-tanggal 23 Juli 2021, kasus kematian yang diakibatkan oleh Covid-19 mencapai angka 80.000 jiwa. Tentu bukan angka yang kecil! Penulis ingat, 2 tahun yang lalu ada surat edaran dari sekolah yang memberitahukan libur selama 2 minggu.

Kali pertama mendapat kabar tersebut, kelas penulis serempak bersorak. Tentu kami senang karena ada jarak untuk beristirahat dari lelahnya pembelajaran, ulangan, maupun deadline tugas yang menumpuk.

Akan tetapi, 2 minggu libur berubah menjadi 2 tahun pembelajaran secara daring. Yap, ada banyak perubahan yang dialami pelajar Indonesia menyangkut sistem pembelajaran akibat pandemi Covid-19. Ga hanya itu, ada banyak juga godaan untuk bermalas-malasan maupun menelantarkan berbagai ulangan dan tugas sekolah.

Sehingga penulis rasa, para pelajar Indonesia maupun pengajar memerlukan sebuah Learning Management System untuk memaksimalkan pembelajaran online. Seperti biasa, andalan penulis dalam menghadapi kesulitan belajar ialah memanfaatkan berbagai fitur dari Ruangguru.

Yap, kali ini penulis ingin membagikan beberapa keunggulan Ruangkelas sebagai LMS (Learning Management System) yang paling worth it untuk pelajar sekaligus pengajar Indonesia! Penasaran? Simak uraian di bawah ini ya!

Apa sih Learning Management System itu?

keunggulan ruangkelas sebagai LMS
LMS Thoughtful male person looking to the digital tablet screen Learning Management System (LMS) Modern people doing business

Nah, sebelum masuk ke berbagai keunggulan Ruangkelas sebagai LMS, penulis ingin bertanya dulu nih ke kamu. Kira-kira, kamu tahu ga sih arti dari LMS atau Learning Management System?

Masih terdengar asing ya? Tenang guys! So, LMS atau Learning Management System adalah sebuah perangkat yang dibuat dengan tujuan menunjang berbagai pembelajaran. Mulai dari membagikan materi pelajaran, mengerjakan soal-soal, sampai mempermudah guru menyampaikan info seputar pembelajaran.

Baca Juga:  Cara Mencari Guru Les Privat di Aplikasi Ruangguru

Beberapa contoh LMS yang dipakai pelajar Indonesia ialah Google Classroom, Moodle, atau Schoology. Sistemnya sama, yakni mempermudah penyampaian materi dan kegiatan belajar mengajar baik secara offline maupun online.

Akan tetapi, di balik semua LMS yang pernah penulis coba, akhirnya pencarian penulis berhenti ketika mencoba fitur Ruangkelas dari Ruangguru gengs. Yap, ada banyak banget keunggulan Ruangkelas sebagai LMS yang ga penulis temukan di LMS lain.

Ga hanya itu, Ruangguru juga memberikan berbagai fasilitas yang mempermudah pembelajaran secara daring. Sehingga belajar online pun dapat dilakukan dengan maksimal.

Keunggulan Ruangkelas Sebagai LMS

keunggulan ruangkelas sebagai LMS
Sumber: ruangguru.com

1. Fasilitas super lengkap

Di era pandemi ini, segala sesuatu yang kita lakukan harus melalui virtual atau online. Sehingga setiap hari kita diwajibkan memutar otak untuk tetap produktif, kreatif, dan juga maksimal walaupun terbatas oleh ruang.

Nah, berdasarkan masalah di atas maka hal pertama yang wajib kita lihat dari setiap LMS untuk sekolah ialah fasilitas yang disediakan. Menariknya, Ruangkelas sendiri menyediakan berbagai fasilitas yang berbeda dari LMS pada umumnya.

Mulai dari daftar hadir yang disediakan ketika login, nilai yang telah direkap, sampai struktur organisasi kelas yang bisa dirancang maupun diakses secara online guys. Namun, dari semua fitur tersebut, kesukaan penulis ialah berbagai materi dari Ruangguru yang bisa membantumu belajar lebih produktif.

2. Interaktif

Keunggulan Ruangkelas sebagai LMS yang kedua ialah pembelajaran yang dilakukan secara interaktif. Guys, salah satu kesulitan dalam belajar online ialah mengubah berbagai kegiatan offline menjadi online, tetapi tetap menarik.

Melalui Ruangkelas, keinginanmu ini bisa banget terwujud. Berbagai fitur yang dibuat di Ruangkelas ini bersifat terbuka atara murid dan juga guru guys. Oh iya, ga lupa ada fitur obrolan kelas yang bisa menjadi sarana untuk berdiskusi dengan teman maupun guru ketika pelajaran berlangsung.

Baca Juga:  Cara Menggunakan Colearn di Whatsapp

3. Super lengkap

Kendala yang kamu hadapi ketika sekolah daring juga berasal dari banyaknya aplikasi yang harus diinstal untuk mengikuti sebuah pelajaran. Tentu hal ini menjadi tidak efektif. Harus install fitur khusus untuk pertemuan, install fitur khusus mengerjakan soal, maupun login melalui berbagai link yang memusingkan.

Nah, disinilah letak keunggulan Ruangkelas sebagai LMS yaitu memberikan paket komplit belajar online dari satu aplikasi saja. Di Ruangkelas kamu bisa langsung akses berbagai materi sekolah, melakukan absensi kelas, dan banyak lagi!

4. Memudahkan pelajar dan guru

Keunggulan Ruangkelas sebagai LMS yang terakhir ialah memudahkan pelajar dan guru. Kebanyakan LMS sekolah yang umum di pasaran cenderung menguntungkan siswa saja. Beberapa LMS tetap mengharuskan guru menilai secara manual karena error ketika membaca beberapa jenis jawaban siswa (khususnya uraian).

Akan tetapi, berbeda dari LMS sekolah lainnya, Ruangkelas memberikan fasilitas rekap nilai akurat untuk para mentor dan guru. Sehingga, pembelajaran menjadi lebih efisien dan mudah. Istilahnya, pelajar senang, guru pun senang!

Nah, itu tadi guys beberapa keunggulan Ruangkelas sebagai LMS sekolah yang menjadi andalan penulis. Belajar online yang tadinya membosankan dan jenuh, menjadi lebih berwarna semenjak menggunakan Ruangkelas. So, yuk daftar di Ruangguru sekarang juga dan nikmati fitur Ruangkelas untuk belajar online!

Langsung klik link ini ya gengs! https://www.ruangguru.com/ruangkelas

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Check Also

Rangkuman Materi Bahasa Indonesia Kelas 11 K13 Revisi Super Lengkap, Khusus Untuk Kamu

Halo semuanya! Apa kabar? Penulis harap kamu tetap semangat dan terus sehat selama pandemi…