5 Prospek Kerja Jurusan Sistem Informasi Beserta Fakta Penting Lainnya

Tahukah kamu kalau semakin berkembangnya zaman, ternyata turut membawa perkembangan pada berbagai jurusan atau program studi yang ada di Indonesia lho. Kalau dulu kamu mengenal jurusan informasi teknologi atau akrab disingkat IT, maka kini juga ada jurusan yang mirip-mirip nih namanya, apalagi kalau bukan jurusan sistem informasi. 

Nah, pada kesempatan kal ini, penulis hendak membagikan beberapa informasi mengenai jurusan sistem informasi. Buat kamu yang mungkin masih dilematis dalam memilih jurusan kuliah atau bingung mau pilih jurusan kuliah apa, maka program studi ini bisa menjadi salah satu pilihanmu guys. 

So, tanpa menunggu lama, yuk buruan simak ulasannya di bawah ini ya guys. Siapa tahu kamu bisa menemukan insight baru yang dapat membantumu dalam menentukan program studi di perkuliahan nanti. 

Kenalan Yuk dengan Jurusan Sistem Informasi

jurusan sistem informasi
Image by Gerd Altmann from Pixabay

Sebelum masuk ke berbagai informasi lebih lanjut mengenai jurusan sistem informasi, maka pertama-tama ada baiknya kamu kenalan dulu nih dengan apa sih program studi sistem informasi itu? Kira-kira akan belajar tentang apa aja sih? 

So, secara sederhana, jurusan sistem informasi merupakan penggabungan antara ilmu komputer dengan ilmu bisnis guys. Dalam hal ini, kamu akan belajar untuk mengumpulkan, melakukan penyaringan, menyalurkan suatu data, hingga menyimpan suatu data. Sekilas bukan terkesan mirip jurusan teknik informasi, tetapi keduanya memang cukup berbeda kok guys. 

Dalam jurusan sistem informasi kamu tidak hanya berkutat untuk membuat atau mengoperasikan suatu sistem perangkat lunak, tetapi juga menggabungkannya agar menjadi sebuah bentuk bisnis teknologi. Kalau dilihat-lihat, bisnis di bidang teknologi sendiri terhitung sangat recommended dan worth it di masa kini guys. Jadi, apakah kamu tertarik?

Mata Kuliah Jurusan Sistem Informasi

manfaat bimbel di ruangguru

1. Analisis Pembuatan Perangkat Lunak

Mata kuliah jurusan sistem informasi yang pertama adalah analisis pembuatan perangkat lunak. Yap, di mata kuliah ini kamu akan mempelajari bagaimana tahapan yang tepat dalam membuat perangkat lunak. Tak hanya itu, kamu juga akan menganalisis hasil perangkat lunak yang kamu ciptakan sendiri guys. Apakah layak atau worth it untuk dipasarkan ke masyarakat?

2. Keamanan Aset Informasi

Next, salah satu mata kuliah terpenting di jurusan sistem informasi, yap keamanan aset informasi. Mata kuliah ini terbilang penting karena kamu akan selalu berhubungan dengan data-data, terlebih apabila nanti bekerja di suatu perusahaan besar. Data dari perusahaan sendiri seharusnya menjadi rahasia internal yang tidak boleh bocor keluar. 

Oleh karena itu, sangat penting untukmu menjaga data perusahaan terutama dari serangan siber. Dalam hal ini, kamu akan belajar lebih lanjut mengenai langkah-langkah hingga pencegahan dari serangan siber yang mungkin saja terjadi.

3. Pengantar Ilmu Bisnis

Berikutnya, jurusan sistem informasi sendiri menggabungkan teknologi dengan bisnis untuk menciptakan suatu disiplin ilmu yang mampu bergerak di bidang keduanya. Nah, kalau dari tadi penulis hanya menyinggung mata kuliah yang berbau IT maka di jurusan ini kamu juga akan bertemu mata kuliah pengantar ilmu bisnis. 

Oh iya, bukan sembarangan bisnis ya, melainkan yang bergerak di bidang teknologi atau IT guys. Di mata kuliah ini, kamu juga akan belajar tentang manajemen dari bisnis teknologi serta pengelolaan sumber daya. Jadi, kalau kamu hendak menjadi seorang pengusaha teknologi, maka mata kuliah ini akan sangat penting untuk diikuti.

4. Bahasa Pemrograman

Last but not least, mata kuliah di jurusan sistem informasi berikutnya adalah bahasa pemrograman. Bagaimanapun juga kamu mempelajari secara mendalam tentang IT, sehingga bahasa pemrograman menjadi salah satu senjata yang wajib banget untuk dikuasai guys. 

Universitas dengan Jurusan Sistem Informasi Terbaik

jurusan astronomi
Portrait of a female student on graduation day from university
  1. Universitas Indonesia
  2. Institut Teknologi Sepuluh Nopember
  3. Universitas Airlangga
  4. Universitas Brawijaya
  5. Universitas Bina Nusantara
  6. Universitas Telkom
  7. Universitas Tarumanegara
  8. Universitas Dian Nuswantoro

Prospek Kerja Jurusan Sistem Informasi

jurusan sistem informasi
Image by Pexels from Pixabay

1. System Analyst

Prospek kerja jurusan sistem informasi yang pertama adalah menjadi seorang system analyst. Yap, pekerjaan satu ini terbilang cukup hits dan digandrungi anak muda beberapa tahun belakangan. Salah satu penyebabnya karena kini perusahaan mulai menggunakan teknologi sebagai salah satu cara untuk memasarkan produk hingga memudahkan pekerjaan. 

Lantas, apa sih jobdesk dari system analyst? Secara sederhana, kamu akan mengumpulkan data lalu melakukan analisis terhadap data yang dikumpulkan. Setelahnya, kamu akan melakukan perkiraan atau asumsi dari data tersebut yang akan digunakan untuk meningkatkan kemajuan atau perkembangan dari suatu perusahaan. 

2. Teknisi IT

Next, berhubung kamu juga sedikit banyak mempelajari IT bahkan bahasa pemrograman, maka sangat wajar apabila profesi sebagai teknisi IT menjadi salah satu pilihan pekerjaan di masa depan. Eits, profesi satu ini cukup banyak dibutuhkan apalagi di Indonesia guys. 

Saat ini, ada banyak perusahaan yang ingin menggunakan teknologi sebagai salah satu cara mempermudah pekerjaan. Oleh karena itu, teknisi IT sangat diperlukan untuk proses maintenance atau perawatan hingga apabila terjadi sesuatu terkait program. Gajinya pun cukup besar, bahkan bagi seorang freshgraduate guys.

3. Entrepreneur di Bidang Teknologi

Yap, karena menggeluti bidang teknologi sekaligus ilmu bisnis, maka akan sangat menguntungkan apabila kamu bisa bekerja menjadi seorang entrepreneur atau pengusaha di bidang teknologi. Tentunya kamu harus memiliki inovasi dan kreativitas yang besar sebelum membentuk suatu perusahaan guys. 

Kamu bisa bergerak di bidang pengamanan data, penyimpanan data, maupun distribusi data. Apabila perusahaanmu mampu menciptakan suatu software yang ringan, aman, dan nyaman tentu akan sangat banyak pengguna yang menggunakan softwaremu guys. Alhasil, perusahaanmu bisa semakin maju dan berkembang.

4. Konsultan IT

Apabila kamu sangat berbakat di bidang IT, maka profesi sebagai seorang konsultan bisa kamu pertimbangkan nih guys.  Konsultan sendiri dibutuhkan hampir di setiap perusahaan yang bergerak di bidang teknologi maupun perusahaan yang sedang mengembangkan teknologi dalam mempermudah pekerjaannya. 

Menariknya, pekerjaan sebagai seorang konsultan IT terhitung fleksibel sehingga bisa menjadi suatu pekerjaan sampingan untukmu guys. Di sisi lain, kamu juga bisa menjadikan konsultan IT sebagai pekerjaan utama apabila memang diterima di suatu perusahaan besar. Gajinya pun terhitung besar dan ga main-main guys!

5. Dosen Sistem Informasi

Prospek kerja jurusan sistem informasi yang terakhir ialah menjadi seorang dosen. Yap, apabila kamu kurang menyukai dunia pekerjaan perkantoran, maka profesi sebagai seorang dosen bisa kamu pertimbangkan nih guys. 

Selain itu, pekerjaan sebagai dosen sendiri sangat diperlukan di Indonesia melihat kini peminat dari jurusan sistem informasi semakin bertambah dan memungkinkan universitas membuka program studi tersebut. Alhasil, sangat dimungkinkan apabila kamu hendak menjadi seorang dosen. 

Untuk masalah studi, kamu jangan khawatir guys. Kini ada banyak kok beasiswa baik di dalam maupun di luar negeri yang siap membiayaimu secara partial atau fully funded. Jadi, kamu siapkan saja kemampuan secara maksimal ya. 

Yap, di atas adalah beberapa informasi lengkap mengenai jurusan sistem informasi. Sejauh ini, apakah program studi SI menarik perhatianmu guys? Atau mungkin menjadi salah satu jurusan pilihan yang sedang kamu pertimbangkan nih? 

Pastinya, penulis selalu berharap kamu masuk ke jurusan yang sesuai dengan passion dan bakat kamu ya guys. Jenjang perkuliahan sendiri menjadi ‘batu loncatan’ terakhir yang harus kamu kerjakan sebaik mungkin. So, semangat selalu ya pelajar Indonesia!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Check Also

Download Naskah Soal Ujian Masuk STIS

Kamu punya rencana masuk STIS? Tapi masih bingung buat nyari contoh soalnya? Berikut ini b…