5 Kegiatan yang Dapat Menambah Pengalaman Berorganisasi di SMA! Kamu Harus Tahu Nih Guys!

SMA merupakan masa terakhir kamu menjadi seorang siswa. Karena hal ini para siswa memanfaatkan masa SMA dengan cara yang beragam. Mungkin kamu ingin memanfaatkan masa SMA ini untuk giat belajar mempersiapkan masa depan kamu menuju jenjang yang lebih tinggi atau kamu ingin memanfaatkan masa terakhir ini dengan bermain bersama teman-temanmu.

Akan tetapi, jika kamu membaca artikel ini mungkin kamu sedang mencari kegiatan yang dapat menambah pengalaman berorganisasi di SMA. Memiliki pengalaman berorganisasi sama pentingnya dengan prestasi kamu selama masa SMA. Dengan pengalaman ini, kamu bisa lebih mudah untuk beradaptasi dengan dunia luar. Prestasi pun bisa di dapat dari berorganisasi, kamu juga bisa mengasah karakter, dan kepribadianmu.

Daftar Isi

Kegiatan yang Dapat Menambah Pengalaman Berorganisasi

1. OSIS

kegiatan yang dapat menambah pengalaman berorganisasi

OSIS atau Organisasi Intra Sekolah sudah pasti menjadi salah satu sarana jika kamu ingin belajar berorganisasi. OSIS merupakan salah satu organisasi yang diakui oleh sekolah dan mengambil banyak peran penting di setiap kegiatan sekolah.

OSIS seringkali menjadi panitia di beberapa kegiatan sekolah. Sehingga pengalaman berorganisasi akan dapat kamu rasakan jika kamu mendaftar menjadi anggota OSIS di SMA kamu. Namun, untuk menjadi seorang anggota OSIS kamu harus melalui berbagai tahap seleksi. Ada seleksi tulis, wawancara, hingga latihan kepemimpinan.

Hal ini guna mencari siswa yang sungguh siap untuk menjadi anggota OSIS dan yang terpenting dapat berkomitmen. Karena menjadi seorang anggota OSIS, kamu akan memegang tanggung jawab yang besar dan bekerja sama dengan banyak orang.

Anggota OSIS, memiliki peran dan tanggung jawab besar di dalam sekolah, hal ini dapat menjadi kesempatan kamu untuk meningkatkan rasa tanggung jawab kamu. Selain itu, kamu juga bisa mempelajari beberapa hal dalam menjalankan tugas kamu.

Baca Juga:  Manfaat Mengikuti Organisasi Di Sekolah dan Kuliah

Menjadi anggota OSIS kamu juga akan beinteraksi dengan banyak siswa hingga guru, sehingga kamu dapat terlatih untuk dapat bekerja sama dengan orang lain.

2. Pramuka

Kegiatan kepramukaan juga ada hampir di setiap sekolah di Indonesia. Menjadi anggota pramuka juga hampir sama sibuknya dengan menjadi seorang anggota OSIS. Namun, perbedaanya anggota kepramukaan akan berpusat seputar kegiatan pramuka.

Kegiatan pramuka sendiri juga bisa banyak. Mulai dari menjadi anggota pramuka, kamu bisa menjadi panitia kegiatan kemah untuk angkatan kamu atau angkatan dibawah kamu, kamu juga bisa membantu para guru untuk melatih adik kelas kamu dalam kegiatan pramuka wajib.

Tak hanya itu, banyak pula lomba kepramukaan antar SMA yang dapat kamu ikuti bersama teman-teman. Setiap kegiatan kepramukaan ini membutuhkan latihan yang cukup intens. Di dalam pramuka juga banyak diajarkan banyak ilmu yang dapat kamu gunakan di kehidupan kamu.

Kamu juga bisa belajar untuk lebih menyatu dengan alam dan yang paling penting diajarkan adalah bagaimana kamu dapat bertahan hidup dengan peralatan yang sederhana. Kamu juga mendapat pengalaman berorganisasi melalui proses kerja sama dengan satu tim, dalam kegiatan kemah, hingga mengikuti berbagai lomba.

3. Kepanitiaan

kegiatan yang dapat menambah pengalaman berorganisasi
As the therapy group members listen, the teen boy shares his life experiences.

SMA cenderung memiliki lebih banyak kegiatan dibanding ketika SMP. Selain itu, di kebanyakan SMA yang menjadi pantia dalam setiap acara yang diadakan adalah para murid atau anggota OSIS. Contoh saja, dalam kegiatan pentas seni, graduasi, hingga lomba-lomba peringatan hari besar.

Kebanyakan panitianya adalah siswa sendiri sedangkan guru hanya sebagai pendamping atau penanggung jawab. Biasanya yang menjadi panitia dalam setiap acara merupakan anggota OSIS. Namun, karena besar dan banyaknya acara yang dipegang, anggota OSIS akan kekurangan orang untuk menjadi panitia acara tersebut.

Baca Juga:  Soal Tes Masuk SMA Favorit Mata Pelajaran Bahasa Indonesia

Sehingga, seringkali dibuka pendaftaran untuk menjadi panitia di dalam salah satu acara. Hal ini merupakan kesempatan kamu juga untuk memiliki pengalaman berorganisasi. Jika kamu merasa menjadi anggota OSIS akan terlalu menyibukkan kamu, maka kamu bisa memilih cara ini untuk mendapatkan pengalaman berorganisasi.

Kamu hanya perlu menjadi panitia di suatu saat tertentu dan dalam waktu singkat. Meski begitu, tanggung jawab yang kamu pegang juga akan besar, pengalaman yang kamu dapatkan juga akan berguna untuk kamu kedepannya.

4. Kepengurusan Kelas

Di dalam setiap kelas terdapat kepengurusan kelas. Kepengurusan kelas bertugas untuk mengatur atau mengkoordinasi anggota kelas dengan berbagai keperluan. Kepengurusan kelas terdiri dari ketua kelas dan wakilnya, sekretaris, bendahara, hingga MPK.

Setiap kepengurusan kelas memiliki peran dan tugas mereka masing-masing sehingga kamu memiliki tanggung jawab yang kamu pegang. Mungkin kamu baru dengan dengan istilah MPK. MPK merupakan singkatan dari Majelis Perwakilan Kelas, dari namanya tugas seorang MPK adalah menjadi perwakilan kelas ketika diadakan suatu kegiatan.

Biasanya MPK akan membantu OSIS untuk mengumpulkan pendapat para siswa dalam menentukan suatu hal. MPK mungkin ada dibeberapa sekolah, tetapi juga bisa tugas MPK dirangkap oleh ketua kelas. Dengan menjadi pengurus kelas kamu bisa belajar untuk bertanggung jawab terhadap peran yang kamu bawa.

Kamu bukan hanya bertanggung jawab atas diri sendiri, tetapi juga bagi seluruh anggota kelas kamu Memiliki sikap tanggung jawab yang baik sangat dibutuhkan dikehidupanmu. Selain itu, kamu juga akan belajar untuk berkomunikasi. Kamu harus dapat berkomunikasi dengan baik dengan anggota kelas maupun guru.

5. Klub Ekstrakurikuler

kegiatan yang dapat menambah pengalaman berorganisasi
Students At Performing Arts School Playing In Band At Rehearsal

Di setiap sekolah pasti memiliki beragam esktrakurikuler. Setiap siswa juga memiliki minat dan bakat tersendiri. Sehingga jika kamu tidak ingin menjadi panitia ataupun pengurus kelas maka kamu bisa mencari pengalam organisasi melalui hal yang kamu sukai di dalam kegiatan esktrakurikuler.

Baca Juga:  4 Tips Menentukan Jurusan di SMA! Mudah dan Terjamin Akurat!

Ketika SMA ada beberapa ekstrakurikuler yang memiliki klub. Seperti, basket, voli, atau klub pelajaran. Contoh klub pelajaran adalah klub biologi, fisika, atau klub debat bahasa inggris. Menjadi anggota dalam klub akan membedakan kamu dengan anggota lain yang tidak masuk dalam klub.

Ketika kamu masuk dalam klub, kamu akan lebih dipersiapkan untuk mengikuti berbagai lomba yang ada. Sehingga ketika kamu berada di dalam suatu klub, kamu harus lebih serius untuk berlatih yang terbaik. Kamu dapat memiliki pengalaman berorganisasi melalui proses kerjasama dalam satu tim. Baik dalam klub olahraga maupun klub pelajaran kamu akan sama-sama bekerja dalam satu tim.

Kamu berlatih bersama dan bertanding bersama sehingga kamu belajar untuk membawa tanggung jawab bersama yang pasti lebih besar dibanding membawa tanggung jawab untuk diri kamu sendiri. Dalam berorganisasi ada banyak hal yang dapat kamu pelajari. Seperti tanggung jawab, komunikasi, dan bagaimana cara untuk menghadapi orang.

Sehingga memiliki pengalaman berorganisasi penting untuk kamu miliki meski hanya sedikit. Hal ini akan membantu kamu untuk dapat beradaptasi dengan dunia luar ketika kamu lulus nantinya. Akan memudahkan kamu juga dalam membangun relasi dengan orang-orang baru.

Beberapa kegiatan diatas bisa kamu ikuti jika kamu ingin memiliki pengalaman berorganisasi. Namun, selama kamu sibuk berorganisasi jangan sampai lupa untuk membagi waktu kamu dengan belajar. Sebagai seorang pelajar, belajar masih merupakan hal terpenting untuk kamu. Jangan sampai nilai kamu menjadi berantakan karena kamu terlalu sibuk berorganisasi.

Semangat selalu sebagai pelajar Indonesia!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Check Also

Simak 7 Aplikasi Belajar Bahasa Korea Gratis di Smartphone

Korea Selatan. Pasti kamu sudah tidak asing bukan? Budaya Korea Selatan kini merebak di se…