Materi Matematika Kelas 12 Bab 4 Kekongruenan dan Kesebangunan (Pengayaan)

Halo teman-teman! Apa kabarnya? Penulis harap kamu dalam keadaan sehat dan tetap semangat mengikuti pembelajaran online ya. Kali ini penulis akan membagikan materi Matematika kelas 12 bab 4 mengenai kekongruenan dan kesebangunan.

Apakah kamu sudah siap? Oh iya, jangan lupa untuk menyiapkan buku ajar keluaran Kemdikbud dan catat materi yang penting dari rangkuman ini. So, yuk langsung simak ulasan di bawah ya!

Daftar Isi

Bab 4:
Kekongruenan dan Kesebangunan


4.1 Kekongruenan

Kegiatan 4.1.1:

Menentukan pasangan-pasangan sisi dan sudut yang bersesuaian atau berkorespondensi dari dua segibanyak!

materi matematika kelas 12 bab 4

Kegiatan 4.1.2:

Kegiatan 4.1.2 kali ini mengenai kekongruenan dua segibanyak. Perhatikan sajian informasi berikut : 

materi matematika kelas 12 bab 4

Kegiatan 4.1.3:

Menentukan kekongruenan dua segitiga dengan memperhatikan informasi berikut:

materi matematika kelas 12 bab 4

4.2 Kesebangunan

Kegiatan 4.2.1:

Mengidentifikasi Kesebangunan Dua Bangun Datar

materi matematika kelas 11 bab 4

Kegiatan 4.2.2:

Melakukan identifikasi segitiga-segitiga yang sebangun

Kegiatan 4.2.3:

Menentukan kesebangunan bangun datar dengan bangun datar hasil transformasi (rotasi, pergeseran, dilatasi, perbesaran, dan pencerminan). Perhatikan informasi berikut :

materi matematika kelas 12 bab 4

Mengumpulkan informasi dan menalar!

Perhatikan kembali informasi pada sesi kegiatan mengamati. Untuk memperkaya informasi, kamu bisa mencari informasi pendukung dengan mengakses internet atau membaca buku-buku referensi. informasi yang akan dianalisis juga bisa diperoleh dari jawaban atas pertanyaan-pertanyaan yang diberikan pada bagian ini. 

Untuk masing-masing pasangan segibanyak yang disajikan pada kegiatan mengamati, lakukan penyelidikan dengan menjawab pertanyaan-pertanyaan berikut. 

  1. Apakah terdapat korespondensi antara titik-titik sudut dari dua segibanyak tersebut? jika iya, sebutkan semua titik-titik sudut yang bersesuaian, semua pasangan sisi yang bersesuaian dan semua sudut-sudut yang bersesuaian. Jika tidak, berikan alasannya!
  2. Apakah semua sisi-sisi yang bersesuaian kongruen?
  3. Apakah semua sudut-sudut yang bersesuaian kongruen?
Baca Juga:  Materi Matematika Kelas 8 Bab 8 Bangun Ruang Sisi Datar

Kaitkan/hubungkan jawaban dari pertanyaan di atas dengan informasi kekongruenan pada masing-masing pasangan sebanyak tersebut.

Buatlah kesimpulan tentang kekongruenan dua bangun datar segibanyak untuk mengklarifikasikan dan menjawab pertanyaan-pertanyaan yang kamu ajukan pada sesi menanya.

Mengumpulkan Informasi dan Menalar!

Untuk bisa mengecek kebenaran konjektur yang Anda buat atau menjawab pertanyaan Anda, lakukan aktivitas penyelidikan berikut: Menentukan Kekongruenan Dua Segitiga (sisi-sudut-sisi) melalui pengukuran. 

Gambar dua segitiga yang berbeda. Dua sisi segitiga pertama kongruen dengan 2 sisi segitiga kedua. Satu sudut yang dibentuk oleh kedua sisi tersebut pada segitiga pertama sama besar dengan sudut yang juga dibentuk oleh dua sisi yang kongruen pada segitiga kedua, Ikuti langkah-langkkah berikut:

  1. Gambar segitiga sembarang ABC.
  2. Gambar segitiga kedua, DEF, yang panjang dua sisi segitiga pertama sama dengan dua sisi segitiga kedua dan sudut yang dibentuk kedua sisi tersebut pada kedua segitiga sama besar (kongruen).
  3. Ukurlah panjang sisi yang bersesuaian dan sudut-sudut yang bersesuaian. Diskusikan hasil yang Anda dapat dengan hasil teman sebelah Anda.

Daftar Pustaka: 

Abdur Rahman As’ari, Tjang Daniel Chandra, Ipung Yuwono, Lathiful Anwar, Syaiful Hamzah Nasution, Dahliatul Hasanah, Makbul Muksar, Vita Kusuma Sari, Nur Atikah. 2018. Matematika SMA/MA/SMK/MK Kelas XII. Jakarta : Pusat Kurikulum dan Perbukuan, Balitbang, Kemendikbud.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Check Also

Materi Bahasa Indonesia Kelas 12 Bab 5 Menyajikan Gagasan Melalui Artikel

Artikel merupakan jenis tulisan yang berisi pendapat, gagasan, pikiran, atau kritik terhad…