Simak 7 Cara Mengatur Keuangan bagi Pelajar Paling Efektif

Hai gengs! Gimana kabarnya? Semoga kamu semua dalam keadaan yang sehat ya. Nah, seperti yang kita tau, pasti banyak sektor ekonomi yang terdampak akibat pandemi dan membuat pendapatan menurun. Nggak hanya orang dewasa loh yang merasa terdampak, kita sebagai siswa juga pasti merasakan dampaknya.

Nah, mimin mau bantu nih buat kamu pelajar supaya bisa mengatur keuangan sendiri. So, yuk simak beberapa cara mengatur keuangan bagi pelajar di bawah ini ya! Cekidot!

Daftar Isi

Cara Mengatur Keuangan bagi Pelajar

1. Membiasakan Hidup Hemat

cara mengatur keuangan bagi pelajar
The woman hand is putting a coin in a glass bottle and a pile of coins on a brown wooden table,Investment business, retirement, finance and saving money for future concept.

Menurut mimin, ini sih basic untuk memulai mengatur keuangan sendiri yaitu berhemat. Berhemat itu bukan berarti pelit loh wkwkw. Berhemat itu bisa dimulai dari hal-hal yang kecil.

Nggak perlu susah. Misalnya, kamu bisa membiasakan diri untuk makan makanan yang ada di rumah atau gampangnya, ngurangin jajan lah. Selain mengurangi jajan di luar, kamu bisa juga berhemat saat berbelanja. 

Belanja kalau emang itu kebutuhanmu. Kamu bisa membuat skala prioritas atau daftar kebutuhanmu dari yang paling penting hingga yang kurang penting.

Dengan begitu, kamu nggak perlu menghabiskan uang terlalu banyak saat berbelanja. Nah, di masa yang serba online sekarang, kamu bisa juga berbelanja online dengan metode banding harga. Untuk menghemat pengeluaran, kamu bisa membandingkan harga antar toko. Nah, selisih harganya bisa kamu tabung kan hehe.

2. Menabung

Nah, ini yang paling penting supaya keuangan kalian tetap stabil yaitu dengan menabung. Menabung bisa dilakuin dengan banyak cara ya. Kamu bisa menabung di bank, atau simpelnya di celengan. Kamu bisa menyisihkan sebagian uangmu untuk disimpan. Inget ya, kalau nabung harus konsisten dan terjadwal. 

Baca Juga:  9 Kiat-Kiat Membaca Cepat dan Efektif!

Oh iya, kamu juga bisa manfaatin cash planner. Cash planner ini berfungsi sebagai tempat menabung berdasarkan kategori. Untuk kategorinya bisa kamu sesuaiin sama kebutuhanmu ya. Yuk gengs, mulai belajar menabung. Nggak butuh uang banyak kok untuk menabung. Sedikit-sedikit kan bisa jadi bukit. Setuju kan gengs?

3. Mencatat setiap pengeluaran dan pemasukan

cara mengatur keuangan bagi pelajar
Student hand writing schedule on planner at home

Ini fix, harus banget kamu lakuin untuk manage keuanganmu. Tapi, ternyata banyak orang yang males loh nyatet pengeluaran dan pemasukan. Semoga kalian nggak ya hihi.

Dengan kamu yang rutin mencatat setiap pengeluaran dan pemasukan, kamu bakal dapet banyak benefit loh. Kamu bisa mencegah pengeluaran yang berlebih, lebih bijak dalam mengeluarkan uang, dan melihat rata-rata pengeluaranmu sesuai dengan jangka waktu yang kamu tentuin!

Nah, kamu bisa nyiapin buku atau memo kecil sebagai tempat kamu nyatet pengeluaran dan pemasukan. Kamu bisa isi dengan tanggal kamu mendapatkan atau mengeluarkan uang dan nominalnya.

Kalau kamu udah terbiasa ngelakuin ini, dijamin deh, di bulan berikutnya kamu bisa mengurangi pengeluaran yang tidak begitu penting. Yuk, mulai terapin kebiasaan yang satu ini ya!

4. Menggunakan uang untuk kebutuhan 

Di poin ini, mimin mau ngajak kamu semua untuk benar-benar bijak menggunakan uang. Apalagi di masa yang sulit ini, kita harus cerdas saat mengeluarkan uang. Sebagai siswa, kita bisa meringankan beban orang tua kita dengan membelanjakan uang sesuai kebutuhan kita.

Maksudnya, belilah barang yang memang kamu butuhin, jangan yang kamu pengenin. Boleh sih belanja hal yang kita pengen, tapi inget poin satu ya. Untuk tahu apa yang menjadi barang kebutuhanmu atau tidak, kamu bisa bikin skala prioritas.

Skala prioritas ini bisa kamu catet di memo yang isinya tentang daftar barang yang memang adalah kebutuhanmu, seperti alat tulis, buku, bahkan laptop. Kalau yang kurang penting misalnya, baju, sepatu, tas, dan lain-lain. Yuk bisa yuk!

Baca Juga:  Cara Mengembangkan Hobi Kamu Biar Menghasilkan Uang

5. Coba kerja sampingan

cara mengatur keuangan bagi pelajar
A young teenager girl working at home.

Siapa bilang kita sebagai pelajar nggak bisa kerja? Kita sebagai siswa juga bisa meringankan beban orang tua kita dengan punya penghasilan sendiri loh. Kita bisa manfaatin semua skill yang kita punya untuk mencari pekerjaan sampingan, misalnya dengan menjadi freelancer.

Di sisi lain, kalau yang suka berjualan maka kamu bisa coba untuk memulai bisnis online kecil-kecilan. Apalagi di masa pandemi sekarang, banyak orang yang lebih suka belanja online karena harganya lebih murah.

Nah, kamu bisa manfaatin peluang ini untuk membuka sebuah bisnis kecil-kecilan. Kamu bisa berjualan barang-barang yang dibutuhkan di era sekarang. Pasti banyak kan peminatnya?

Atau mau lebih gampang, kamu bisa coba jualin barang ke temen kalian. Misalnya jual masker, face shield, makanan, dan barang lainnya. Lumayan kan gengs bisa nambah pemasukan?

6. Manfaatkan diskon saat berbelanja

Nah, ini mimin banget. Kalian juga gitu nggak sih? Wkwkwk. Tapi emang cara yang satu ini berguna banget loh gengs, untuk meminimalisir pengeluaran kita! Kamu bisa terapin cara ini saat akan berbelanja online ataupun offline. Ka

lau yang offline, kamu bisa utamakan untuk berbelanja di pasar ataupun minimarket dibandingkan berbelanja di supermarket. Harganya bisa terlampau jauh loh gengs!

Kalau untuk online, kamu bisa manfaatin filter harga untuk mengetahui harga yang paling murah dari barang yang mau kamu beli. Kalau mimin sih, mimin suka cari toko yang biasanya lagi adain diskon dan gratis ongkir.

Biasanya mimin juga mencari toko yang lokasinya dekat dengan rumah mimin, supaya ongkirnya juga lebih murah. Yuk, pinter-pinter kalau belanja online ya gengs!

7. Coba untuk berinvestasi

cara mengatur keuangan bagi pelajar
Two girls sitting together and counting money. Cash, credit card, wallet flat vector illustration. Finance, accounting, cooperation, budget concept for banner, website design or landing web page

Yang satu ini bisa kamu coba nih. Siapa bilang investasi untuk orang dewasa aja? Justru kita sebagai siswa yang mungkin masih berumur 20 tahun ke bawah, kita punya keuntungan loh, yaitu di waktu.

Baca Juga:  10 Tips Kuliah Jurusan Elektro yang Wajib Banget Kamu Ketahui Sebagai Mahasiswa Baru!

Kita jadi punya lebih banyak waktu untuk berinvestasi. Tapi sebelum mulai berinvestasi, pastikan supaya kamu mempunyai pengetahuan yang cukup luas ya tentang investasi.

Sebagai pelajar, investasi apa yang cocok untuk kita? Sebenarnya, investasi paling awal itu menabung loh. Iya, menabung udah termasuk salah satu bentuk investasi.

Kamu juga bisa memulai investasi Reksa dana seperti Reksa dana pasar uang, Reksa dana pendapatan total, Reksa dana campuran, dan Reksa dana saham. Yuk, coba investasi dari sekarang ya. Nggak ada kata terlambat untuk mencoba gengs! Semangat!

Nah, itu tadi gengs, cara kita mengatur keuangan sebagai siswa. Kalau udah baca tips-tips dari aku, kita sebagai siswa pasti bisa lebih bijak dalam mengatur keuangan. Aku harap begitu ya hehe. Stay safe and healthy gengs! Sampai ketemu di lain waktu!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Check Also

6 Resolusi Tahun Ajaran Baru Untuk Pelajar, Yuk Mulai Produktif dari Sekarang

Hai gengs! Gimana nih kabarnya? Nggak kerasa, udah masuk tahun ajaran baru nih. Nah, kalau…