tips milih pts

Mau Kuliah di Luar Negeri? Yuk, Siapkan Bahasa Inggris Kamu!

“Belajarlah hingga ke negeri Cina”. Pernah ga sih kamu mendengar pepatah tersebut? Pastinya sejak kecil kita selalu diajarkan kedua orang tua agar menuntut ilmu setinggi-tingginya.

Nah, apakah di antara kamu ada yang bercita-cita untuk kuliah di luar negeri? Entah itu di benua Asia, Eropa, sampai Afrika! Guys, tau ga sih bekal utama untuk menuntut ilmu di luar negeri? 

Hal paling esensial yang harus kamu miliki adalah bahasa. Yap, bahasa adalah alat komunikasi yang berfungsi sebagai penyalur dalam mengungkapkan pendapat, pertanyaan, sampai perasaan.

Akan tetapi, engga mungkin kan guys kita harus mempelajari seluruh bahasa yang ada di dunia?! Maka dari itu ada bahasa Inggris sebagai bahasa universal. Dengan menguasai bahasa Inggris setidaknya kamu dapat berkomunikasi dengan warga asing walaupun  tidak mengerti bahasa mereka sedikitpun.

Jadi, buat kamu yang ingin belajar di luar negeri perlu banget nih guys bekal bahasa Inggris yang pastinya udah fluent. Maka dari itu, kali ini aku bakal share gimana sih tips belajar bahasa Inggris secara cepat dan lancar?

Yuk, langsung simak di bawah yaa

10 Cara Melatih Kemampuan Bahasa Inggris Kamu

1. Terbiasa dengan kata-kata dalam bahasa Inggris

Hal pertama yang harus kamu biasakan adalah mengenali kata-kata dasar dalam bahasa Inggris. Bisa dimulai dengan kata atau kalimat sederhana seputar kehidupan sehari-hari.

Baca Juga:  Tips Mudah Produktif Selama di Rumah Aja!

Contohnya : selamat pagi atau dalam bahasa Inggris “good morning”, aku atau dalam bahasa Inggris I, maupun percakapan ringan lainnya. Lalu, apabila kamu sudah mahir dalam ungkapan keseharian, mulailah merambah ke kata benda hingga kata kerja!

2. Dengarkan lagu berbahasa Inggris

FYI, dengan mendengarkan lagu maka kata-kata tersebut akan lebih mudah untuk diserap otak. Tersedia jutaan lagu dalam bahasa Inggris yang tersebar di Youtube, Instagram, Spotify, dan lain sebagainya. Kegiatan ini akan sangat menyenangkan bagi kamu yang suka mendengarkan musik.

Selain itu, sesekali kamu juga bisa ikut bernyanyi atau membaca lirik lagu tersebut. Nah, apabila ada kata yang tidak kamu ketahui artinya catatlah di notes lalu terjemahkan artinya ke Bahasa Indonesia. 

Tak hanya menambah kosakata, dengan mendengarkan musik dalam bahasa Inggris kamu juga dapat menambah kemampuan mendengarkan atau listening yang tak kalah penting guys!

3. Menonton film berbahasa Inggris

Tak hanya musik saja, industri perfilman Eropa atau Hollywood sangat legit dan bertebaran di mana-mana. Jadi, kamu dapat memanfaatkan hal ini untuk memperdalam bahasa Inggris yang dimiliki.

Tantangannya adalah menonton film bahasa Inggris tanpa subtitle, lalu apakah kamu masih memahami alur cerita dengan baik? Kamu bisa mencoba sendiri di rumah ya!

4. Membaca 

Next, untuk dapat mahir dalam bahasa Inggris kamu juga perlu membaca buku dalam bahasa Inggris. Apabila buku dirasa terlalu sulit, maka bagi kamu yang masih pemula dapat diawali dengan membaca opini atau artikel dalam bahasa Inggris.

Hal ini sebagai salah satu faktor untuk meningkatkan kemampuan membaca (reading) sebagai salah satu syarat yang harus dimiliki untuk melakukan kuliah di luar negeri. Syarat ini terdapat dalam tes TOEFL dan IELTS.

5. Tekun membaca kamus Bahasa Inggris

Untuk menjadi fluent dalam bahasa Inggris secara cepat, kamu tak hanya mempelajari berbagai literature seputar opini, artikel, hiburan, maupun buku saja tetapi, kamus bahasa Inggris sangat penting sebagai media yang berisi ribuan kosakata.

Baca Juga:  8 Tips Ujian Sekolah Saat di Rumah

Untuk kamu yang pemula dapat membeli kamus berbahasa Indonesia dan Inggris. Namun, untuk kamu yang sudah lanjutan dalam mempelajari bahasa Inggris dapat menggunakan Oxford Dictionary sebagai bahan literasi untuk menambah kosakata.

6. Hafalkan

Cara jitu selanjutnya adalah menghafalkan. Berbagai kata yang tidak kamu pahami selama mendengarkan musik, membaca, maupun menonton film bisa kamu catat di Notes guys!

Setelah itu, cara arti masing-masing kata dan hafalkan. Hal ini sebagai salah satu teknik untuk fluent berbahasa Inggris secara cepat.

7. Menulis dalam bahasa Inggris

Skill yang diperlukan selain membaca dan mendengarkan adalah menulis. Apabila kamu mahir dalam membaca dan mendengarkan tetapi, tidak pkamui dalam menulis maka akan menimbulkan masalah besar guys!

Perlu diketahui, banyak kosakata dalam bahasa Inggris yang memiliki cara pengucapan sama tetapi, penulisan yang berbeda. Sebagai contoh, kata hear, heard, heart, dan hard memiliki kemiripan dalam lafal. Namun, berbeda dalam penulisan sehingga menghasilkan arti yang berbeda juga.

8. Berbicara dalam bahasa Inggris

Selanjutnya adalah skill terakhir yang harus dimiliki seorang pelajar yang hendak sekolah di luar negeri dan sangat esensial dalam komunikasi adalah berbicara. Kemampuan berbicara (speaking) dapat dilatih dengan mengucapkan satu kata dalam bahasa Inggris di depan cermin.

Dari situ kamu bisa melihat lafal dan bentuk mulut. Hal ini dapat membantu kamu untuk lebih fasih dalam berbahasa Inggris plus mengurangi rasa gugup ketika berbicara dengan orang lain. 

9. Rutin dalam berlatih

Dalam mempelajari bahasa Inggris, kamu bisa menggunakan metode yang sama dengan pembelajaran dalam bahasa Indonesia. Seorang anak harus terbiasa menggunakan bahasa Indonesia agar semakin lancar berbicara.

Sama seperti bahasa Inggris, agar lancar menggunakan bahasa Inggris kamu juga harus mempelajarinya secara rutin. Pratikkan kebiasan-kebiasan tersebut di manapun dan kapanpun kamu berada. 

Baca Juga:  Cara Menyusun Novel Remaja

10. Berteman dengan Orang luar Indonesia

Tahukah kamu cara menguasai bahasa paling jitu adalah dengan tinggal di negeri orang tersebut. Mengapa? Karena hal ini memaksa kamu untuk mau tidak mau bisa berkomunikasi dalam bahasa Inggris atau bahasa di negara tersebut.

Akan tetapi, sebenarnya hal ini cukup berisiko untuk dilakukan. Oleh karenanya, kamu bisa memanfaatkan berbagai media sosial untuk berteman dengan berbagai orang di luar Indonesia.

Pastikan bahwa orang yang kamu ajak berbicara, tetap menggunakan etika yang tepat dan tidak melanggar batas-batas tertentu. Atau apabila kamu memiliki teman yang fasih dalam bahasa Inggris, maka selama kamu berbincang dengannya gunakanlah bahasa Inggris sebagai bahasa pengantar.

Nah, jadi itu beberapa tips yang bisa kamu terapkan untuk mempelajari bahasa Inggris. Apabila kamu melakukannya dengan tekun, maka dalam waktu 3 bulan dapat dipastikan kamu sudah lancar berbicara dalam bahasa Inggris.

Goodbyee!

Masih belum ketemu artikel yang kamu cari? Coba ketik di bawah ya. :)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Check Also

Panduan Penulisan Proposal Skripsi

Menulis proposal skripsi adalah sebuah langkah penting untuk penentuan bagaimana nasib skr…