Hal yang Wajib Kamu Ketahui Sebelum Masuk Kuliah untuk MaBa!

Cieee yang udah kuliah?! Selamat ya untuk kamu yang sudah bersusah payah menghabiskan masa SMA dengan baik. Selamat juga untuk kamu yang telah berjibaku bersama soal UTBK, semoga mendapatkan hasil yang terbaik. Aminn.

Teruntuk kamu yang kini menjadi Maba alias Mahasiswa Baru, selamat datang di dunia perkuliahan. Terlepas dari masa SMA yang katanya adalah masa terbaik dalam hidup. Ah, engga juga kok. Di bangku kuliah, kamu juga akan menjumpai hal yang ga kalah seru seperti di SMA.

Tentunya, sebelum memulai kisah di dunia perkuliahan, ada beberapa hal yang perlu kamu tahu nih. Jadi,  di dunia perkuliahan akan ada banyak hal yang jauh berbeda dengan masa SMA. Ini penting banget guys! Jangan sampai kamu ketinggalan beberapa hal yang wajib diketahui Maba. 

Hal yang Wajib Kamu Ketahui Sebelum Masuk Kuliah!

1. Manajemen waktu

Jauh berbeda dengan masa SMA yang teratur, dalam dunia perkuliahan kamu bebas memilih waktu untuk belajar, bermain, dan beristirahat. Semua berada di tangan kamu guys! Apabila di SMA kamu belajar dari pukul 07.00 hingga pukul 14.00, maka di bangku kuliah kamu bisa memilih beragam waktu untuk belajar alias kelas. Mulai dari pukul 07.00 sampai 09.00, 10.00 sampai 13.00, dan lainnya. Pastinya waktu belajar kamu ga akan selama saat masih SMA.

Nah, justru di sini manajemen waktu kamu akan diuji guys. Gimana caranya kamu dapat membagi waktu antara belajar, tidur, sampai hangout sama teman-teman. kamu harus memanajemen semua aktivitas kamu agar dapat berjalan dengan seimbang sekaligus kamu tetap senang.

2. Beban pelajaran

Lanjut, setelah manajemen waktu ada hal baru yang akan kamu jumpai yaitu beban pelajaran. Banyak dari SMA yang menerapkan 13-17 mata pelajaran untuk siswanya, tenang dalam perkuliahan kamu hanya dibebankan 6 mata pelajaran aja! Bisa lebih bisa kurang, yang pasti ga akan lebih dari 10 mata pelajaran guys!

Eitss jangan seneng dulu, jadi walaupun mata pelajaran di bangku perkuliahan hanya 6 sampai 10 saja tetapi, pendalaman materi tersebut dijamin sampai akar alias tuntas abis. kamu akan sulit menemukan pelajaran yang hanya membahas permukaan atau dasar pengetahuan saja, justru kamu akan dihadapkan dengan materi yang kompleks dan dikupas secara mendalam.

Baca Juga:  6 Platform Menulis Cerpen dan Novel Yang Patut Kamu Coba

Sebenarnya hal ini lebih menguntungkan karena kamu bisa lebih fokus dengan hal yang diminati.

3. Pertemanan

Tak hanya seputar akedemik saja, hal baru yang akan kamu temui adalah circle pertemanan yang sangat luas. Dari kelompok super hype sampai geng ghibah, semua tumpah ruah di bangku kuliah. 

Bahkan pernah ada pepatah yang dibuat seorang mahasiswa katanya, “Kamu ga akan mungkin kenal sama semua anak di Universitas tempatmu kuliah. Yang ada adalah anak satu Universitas yang paling engga tau nama kamu,” 

Jadi, pertemanan di kampus itu sangat luas guys! kamu bakal ketemu dengan para pelajar yang berasal dari seluruh penjuru Indonesia. Jakarta sampai Sumatera semuanya campur aduk berkumpul untuk menuntut ilmu.

4. Individualis

Selain pertemanan yang luas, salah satu ciri khas mahasiswa adalah individualis yang cukup tinggi. Hal ini bukan berarti mahasiswa itu kaku semua guys tetapi, ketika kamu menjadi mahasiswa maka kamu akan lebih fokus untuk mengejar mimpi kamu sendiri.

Seringkali kita jumpai di bangku SMA, pelajar yang masih ikut-ikutan. Mulai dari jurusan kuliah, keinginan, sampai cita-cita. Akan tetapi, di Universitas hal tersebut udah ga berlaku lagi guys. Seiring bertambah dewasa maka kamu akan menentukan sendiri jalan yang diinginkan.

Tak hanya itu, di bangku kuliah acap kali kita menemukan kompetisi secara terselubung. Banyak dari mahasiswa yang diam-diam pandai, telat masuk kelas tapi kalau kuis selalu A. Jangan kaget guys! kamu akan jumpai banyak sekali spesies tersebut.

5. Siswa VS Guru? Atau Mahasiswa VS Dosen?

Seperti yang kamu ketahui, di SMA guru berperan sebagai orang tua kedua saat berada di sekolah. Sedangkan di bangku perkuliahan adalah hubungan antara mahasiswa dan dosen bukan seperti bapak atau ibu dengan anak. Melainkan sesama rekan partner.

Usut punya usut, di beberapa Universitas hanya mahasiswa semester satu yang masih sungkem atau salam tangan dengan dosennya. Sedangkan, mahasiswa di atas semester 1 kebanyakan hanya mengangguk saja sebagai bentuk hormat kepada dosen.

Baca Juga:  7 Tips Untuk Jadi Anggota OSIS! Jangan Sampai di Skip Guys!

Hal mencolok ini dikarenakan, setiap dosen selalu mengajarkan pada mahasiswanya di jenjang S1, S2, sampai S3 tentang hubungan mereka seperti partner bukan seperti orang tua dengan anak.

Nah, guys di atas adalah beberapa hal baru yang wajib kamu ketahui sebelum memasuki bangku perkuliahan. Setiap tahap  baru yang kamu jumpai maka perlu penyesuaian yang tepat juga guys. Hal yang paling penting adalah mampu beradaptasi dengan baik dan tetap menjaga circle pertemanan kamu. Jangan lupa untuk memanfaatkan waktu sebaik mungkin dengan kegiatan positif ya guys!

Selamat membuka lembaran baru di bangku perkuliahan!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Check Also

8 Cara Menerapkan Self Love yang Wajib Pelajar Ketahui! Yuk, Sayangi Diri Mulai Sekarang!

Guys, tahu ga sih selama pandemi berlangsung dari 2019 sampai 2021 ternyata di waktu yang …