Categories: Tips

7 Tips Mengingat Materi Super Cepat Sekaligus Mudah!

Share

Hai gengs! Siapa sih disini yang kadang suka jengkel karena lupa materi terutama saat mengerjakan ulangan, padahal kemarin kayaknya masih inget-inget aja. Waduh, mimin sih kesel banget ya kalau tiba-tiba nge-blank, apalagi waktu ngerjain test.

Nah, sebenarnya itu tanda kalau belajar kalian itu belum maksimal, jadi beberapa materi belum masuk ke otak kalian. Eits, itu normal kok. Biar kalian lebih bisa mengingat materi yang sudah diajarkan, yuk simak beberapa tips mengingat materi super cepat sekaligus mudah di bawah ini!

Tips Mengingat Materi Super Cepat dan Mudah

1. Catat Materi

Teenager girl studying at home

Nah, tips yang pertama ini penting banget ya buat kalian terapin. Catetan itu penting loh, gengs. Udah, jangan terlalu malas buat nyatet deh dengan alasan “Haduh kak, itu mah udah ada di buku, ngapain repot-repot nyatet materi.” Nah, itu nggak boleh ya gengs! Meskipun materinya udah ada di buku, nyatet ulang itu lebih baik loh.

Kalian tahu nggak, kalau kita nulis sesuatu, sesuatunya itu akan bisa bertahan di otak kita lebih lama loh, dibandingkan kita yang cuma menghafal tanpa ditulis. Nah, begitu juga dengan materi. Kalau kalian rajin nyatet materi, aku yakin seratus persen deh, materinya bakal nempel di otak kalian.

Selain itu, aku yakin guru kalian juga kadang menjelaskan materi yang biasanya nggak ada di buku. Nah, momen itu bisa kalian manfaatin buat nulis catetan. Lumayan kan, buat nambah ilmu. So gengs, mulai sekarang siapin buku catatan, bolpen atau pensil, tipe x atau penghapus kalian untuk nyatet ya. Jangan malas-malas nulis deh. Semangat!

2. Simak Guru Saat Memberi Materi

Nah, ini penting banget ya gengs! Penjelasan dari guru itu yang mudahin kamu untuk semakin paham sama materinya. Dengan kamu mendengarkan penjelasan dari gurumu apalagi mencatat hal yang penting, dijamin deh materi kayaknya susah bakalan tetep nempel di otak kalian.

Namun, gimana kalau misal gurunya bikin ngantuk kak waktu lagi njelasin? Nah, ini aku sih sering ngalamin ya. Kalau tips dari aku biar nggak ngantuk waktu guru njelasin sih harus fokus ya. Kamu juga harus berusaha untuk tertarik dengan materi yang sedang dibahas.

Percaya deh, kalau kamu semakin tertaik dan penasaran tentang materinya, guru njelasin kayak apapun pasti kalian excited kan? Hmmm, ini jangan sering-sering dilakuin ya, tapi makan atau mengunyah permen bisa bikin kalian jadi nggak ngantuk loh hehe. Tapi jangan sering-sering dilakuin ya, kasian giginya hihi!

3. Aktif dalam Pembelajaran di Kelas

Rear view of college students raising hands to answer teacher’s question during a lecture.

Oke, cara yang ketiga ini bisa kalian terapin selama di kelas yaitu aktif saat pembelajaran. Aktif gimana sih kak? Aktif disini bisa dalam banyak hal ya. Mungkin aktif dalam menjawab pertanyaan, atau aktif bertanya saat guru menerangkan.

Hayo, siapa disini yang mungkin ngerasa minder, nggak percaya diri, dan takut kalau pendapatnya nggak diterima? Haduh, jangan gitu ya gengs! Kalau kamu masih takut bersuara, kapan majunya dong? Jadi, jangan malu-malu ya buat bersuara.

Tenang, temen-temen dan guru kalian itu perhatian kok. Apalagi guru. Mereka bakal senang loh kalau kalian aktif menjawab dan bertanya. So gengs, mulai sekarang jangan malu-malu untuk berpendapat dan bersuara ya.

4. Buat Flash Card

Flash card itu apa sih kak? Cara ini bisa kamu terapin untuk materi yang kurang nempel di otak. Jadi flash card itu semacem potongan kertas yang isinya bisa kamu tulis tentang materi-materi yang belum terlalu nempel. Nah, karena setiap potongan kertas ada dua sisi, kamu bisa manfaatin semua sisinya untuk nulis. Di sisi satunya kamu bisa tulis soal dan dibaliknya, kamu bisa tulis jawabannya.

Cara ini bener-bener efektif loh, apalagi kalau kamu yang tiba-tiba suka nge-blank sebelum ulangan. Entah karena nervous atau yang lainnya. Kamu bisa bawa flash cardmu dan baca-baca sebelum ujian dimulai. Coba terapin cara ini deh, dijamin kamu bakal semakin inget sama materi.

5. Garis Bawahi Buku Cetak dengan Highlighter

Shot of a student highlighting text while studying

Nah, cara yang satu ini bisa kamu terapin khususnya kamu yang mau ngerangkum materi ya. Kamu bisa menggarisbawahi buku cetakmu dengan stabilo. Cara ini terbukti ampuh loh. Selain itu, buku cetakmu bakal kelihatan lebih bagus karena banyak warna dari stabilo, nggak cuma hitam putih kan.

Cukup menstabilo hal yang penting saja ya. Jangan semua di stabilo hehe. Dengan menstabilo buku, kalian akan lebih tahu isi buku. Apalagi kalau kamu mau ngerangkum, menstablio akan mempermudah kamu loh. Jadi mulai sekarang, jangan males-males baca buku ya. Jangan lupa juga untuk selalu menstabilo hal yang penting ya. Semangat!

6. Sesuaikan dengan Gaya Belajar Kalian

Mungkin beberapa dari kamu udah pada tahu ya berbagai jenis gaya belajar. Hmmm, buat yang belum tahu, mimin kasih tau nih! Jadi yang pertama adalah visual. Kalau kamu termasuk tipe belajar visual, kamu lebih cepat menghafal hanya dengan melihat seperti melihat buku ataupun video pembelajaran.

Ada tipe lain lagi nih, namanya auditory. Kalau kamu termasuk tipe ini, berarti kamu adalah orang yang lebih mudah mengingat saat orang lain berbicara. Misalnya saat guru menerangkan di kelas. Kamu lebih mudah nyerap pelajaran saat kamu mendengarkan suara dari orang yang menjelaskan.

Nah, tipe yang terakhir adalah tipe kinestetik. Nah ini aku banget hihi. Jadi kalau kalian termasuk tipe ini, berarti kalian lebih cepat menghafal melalui gerakan dan bukan hanya melihat atau mendengar saja. Kamu adalah tipe orang yang lebih suka praktek secara langsung seperti di laboratorium dan lain sebagainya. Kalau kamu udah ngerasa nemuin jenis dan tipe belajar yang cucok sama kamu, langsung mulai diterapkan ya!

7. Ciptakan Jembatan Keledai

Photo by Karolina Grabowska on Pexels.com

Nah, ini kesukaan aku banget yaitu bikin jembatan keledai. Udah pada tau kali ya apa itu jembatan keledai. Kalo belum tahu, jembatan keledai itu adalah cara menghafal sesuatu dengan menghubungkan ke hal-hal yang mudah diingat. Banyak sih contohnya.

Ini cocok banget loh buat kamu yang suka kebingungan kalau lihat materi hafalan yang banyak banget. Hmm, misalnya kamu anak IPA nih dan pengen nge-hafal table periodik golongan pertama. Disitu kan ada H, Li, Na, K, Rb, Cs, dan Fr. Kamu bisa singkat nih jadi “Hai LiNa Kau ReBut Calon Suami Freya.” Hayo, menarik kan?

Oke deh gengs, semoga penjelasanku tadi bisa membantu kamu yang masih kesusahan dalam menghafal ya. Oh iya, jangan lupa jaga kesehatan gengs. Banyakin minum air putih dan olahraga ya! Semangat!

This post was last modified on Juli 25, 2021 11:03 am

Abita Jovina

Hobi menulis sejak kecil dan kecanduan terhadap buku. Suka menulis puisi, cerita pendek, opini, hingga artikel.

Leave a Comment
Published by
Abita Jovina

Recent Posts

Rangkuman Materi Bahasa Indonesia Kelas 11 K13 Revisi Super Lengkap, Khusus Untuk Kamu

Halo semuanya! Apa kabar? Penulis harap kamu tetap semangat dan terus sehat selama pandemi ini… Read More

September 23, 2021

Materi Seni Budaya Kelas 11 Bab 1 Apresiasi Seni Rupa, Seni Tari, dan Seni Teater

Halo semuanya! Apa kabar? Penulis harap kamu dalam keadaan sehat dan tetap semangat ya. Oh… Read More

September 23, 2021

Materi Seni Budaya Kelas 10 Bab 16 Pementasan Teater Tradisional

Wah ga terasa ya guys, kita sudah sampai nih di penghujung pembelajaran seni budaya di… Read More

September 23, 2021

Cek Yuk, 5 Rekomendasi Buku Kedinasan Terbaik Dengan Harga Terjangkau di Bawah Ini

Halo! Bagi kamu yang saat ini sedang mencari buku panduan, buku tes, kisi-kisi, dan bingung… Read More

September 23, 2021

Rangkuman Materi Bahasa Indonesia Kelas 10 K13 Revisi Super Lengkap + PDF

Halo teman-teman semua! Apa kabarnya nih? Penulis harap kamu tetap semangat mengikuti pembelajaran baik melalui… Read More

September 23, 2021

Rangkuman Materi Sejarah Indonesia Kelas 12 K13 Revisi Super Lengkap, Khusus Untuk Kamu

Halo teman-teman semua! Apa kabarnya nih? Penulis harap kamu dalam keadaan sehat dan semangat untuk… Read More

September 23, 2021