Yuk, Simak Tips Masuk SMA Favorit sampai Jalur Masuk SMA!

Halo temen-temen semuanya! Gimana nih kabar kamu selama di rumah aja? Penulis berharap sih kamu semua selalu dalam keadaan yang sehat dan bahagia selalu ya! Kali ini penulis mau membagikan ke kamu beberapa tips masuk SMA favorit tahun ini guys! Namun, apakah kamu sendiri udah mempersiapkan sekolah menengah mana sih yang akan menjadi tempatmu menuntut ilmu?

By the way, sekedar saran dari penulis nih guys. Pastikan kamu masuk ke jurusan yang tepat dan sekolah yang memiliki prospek tinggi untuk masuk ke universitas yang kamu impikan ya! Jujur hal ini super berkaitan dan penting banget. Jangan sampai kamu salah pilih guys! So ga pake lama, di bawah ini penulis akan membagikan beberapa tips untuk masuk SMA favorit kota kamu! Simak ulasannya yuk!

Tips Masuk SMA Favorit

photo of four girls wearing school uniform doing hand signs
Photo by 周 康 on Pexels.com

1. Tentukan dulu targetmu

Yap, hal paling utama ialah menentukan dulu kamu mau masuk SMA mana nih guys. Ingat, SMA ini menjadi batu loncatan kamu untuk masuk universitasya! Apabila kamu yakin ingin masuk SMA swasta maka jangan lupa tentukan juga kira-kira ingin masuk universitas swasta mana. Kamu juga bisa prospek SMA pilihanmu dengan universitas yang ada di luar negeri.

Sementara, ketika kamu hendak masuk SMA negeri maka cara yang sama pun harus diterapkan guys. Kira-kira PTN mana sih yang bekerja sama dengan SMA pilihanmu? Bisa juga apakah SMA pilihanmu mengadakan ex-change? Karena ini berpengaruh apabila kamu ingin melanjutkan pendidikan ke luar negeri guys.

2. Strategi

Selanjutnya, diperlukan juga strategi nih. Kira-kira pilihan pertamamu untuk masuk ke sebuah SMA favorit berapa persen ya diterima? Apakah kakak kelas yang berasal dari SMP-mu masuk ke SMA favorit yang kamu inginkan? Tentunya ini sangat berpengaruh apabila kamu hendak masuk SMA negeri.

Baca Juga:  Rangkuman Materi PKN Kelas 9 Bab 6 Bela Negara dalam Konteks Negara Kesatuan Republik Indonesia

Sedangkan untuk SMA swasta agak sedikit berbeda guys. Biasanya di waktu seperti ini, SMA swasta sudah memasuki gelombang ketiga atau gelombang akhir. Nah, pastikan kamu masuk ke SMA swasta yang benar ya. Setidaknya memiliki prospek yang cukup besar untuk masuk universitas impian kamu.

3. Perhitungan yang matang

Tips Masuk SMA favorit berikutnya ialah perhitungan yang matang. So, berdasarkan pengalaman penulis sewaktu SMP, dulu sempat melakukan kesalahan dalam perhitungan nih guys. Masalahnya terkadang kita terlalu kekeh untuk bisa diterima masuk ke sebuah instansi, hal ini berlaku sama dengan SMA. Padahal untuk masuk SMA diperlukan perhitungan.

Pertama, di mana zona kamu berada? Karena penulis menjadi korban zonasi gelombang pertama, tentunya sangat terkaget-kaget dan bingung mau masuk mana ketika tak bisa diterima di sebuah SMA pilihan. Kemudian, alumni juga dipertimbangkan guys. Hal ini berlaku lho sampai di universitas. Seberapa banyak alumni di SMA pilihan, seberapa besar peran alumni dari SMP-mu, maupun prestasi yang dimiliki alumni di SMA, semuanya diperhitungkan guys.

4. Prestasi yang dimiliki

Kamu rajin menabung piagam sejak kelas 7? Selamat kamu masih memiliki harapan untuk masuk ke SMA pilihanmu, sekalipun berada di zona 2. Prestasi memiliki bobot dan pengaruh yang cukup besar lho. Apalagi prestasi di bidang yang sesuai dengan jurusan yang kamu pilih. Wah, tentunya besar sekali!

Ga hanya itu, tingkat prestasi yang kamu dapatkan juga akan mempengaruhi. Apakah kamu menang sebagai juara di tingkat provinsi atau hanya menjadi peserta, tetapi di tingkat internasional. Semuanya memiliki bobot yang berbeda-beda guys.

5. Menyerahkan kepada yang Maha Kuasa

Ini ga kalah penting guys. Di balik semua tips masuk SMA favorit di atas sampai perhitungan peluang yang kamu lakukan maka jangan lupa untuk tetap menyerahkannya kepada yang di atas ya. Tentunya manusia bisa merancang berbagai hal nih, tetapi endingnya yang menentukan tetap yang Maha Kuasa. So, jangan lupa berserah juga ya guys!

Macam-Macam Jalur Masuk SMA

crop woman using calculator and taking notes on paper
Photo by Karolina Grabowska on Pexels.com

Kalau tadi udah membicarakan sedikit tentang tips masuk SMA favorit, kini kamu juga harus paham nih ada jalur apa aja sih untuk masuk ke SMA favoritmu? Here we go!

1.Jalur masuk SMA swasta

Pertama, kita bahas dulu tentang bagaimana sih cara masuk ke SMA swasta impian? Tentunya kamu harus mengecek dulu nih laman resmi dari SMA pilihan kamu. Setelahnya, kamu pastikan bahwa SMA tersebut masih membuka jalur pendaftaran atau penerimaan siswa baru. Cara kedua, kamu juga bisa langsung datang ke SMA swasta pilihan kamu. Jangan lupa untuk menghubungi kontak mereka terlebih dulu.

Baca Juga:  Tips Produktif, Biar Gak Buang Waktu Stop Kebiasaan Ini!

Selanjutnya, kamu tinggal menyerahkan berbagai transkrip nilai, prestasi, sampai administrasi lainnya guys. Selamat! Biasanya tak lama mereka akan memberikan kabar atau pengumuman bahwa kamu diterima! Hehehe.

2. Jalur SMA Negeri zonasi

Berbeda dengan SMA negeri guys. Setidaknya mereka memiliki 4 jalur yang berbeda lho. Kalau jalur zonasi sendiri memang sudah tak asing lagi. Zonasi ini menggunakan prinsip di mana peserta didik akan mendapatkan prioritas pertama apabila memiliki tempat tinggal yang berdekatan dengan sekolah yang diinginkan.

Sementara pembagian wilayah zonasi pun akan berbeda antar tiap SMA guys. Namun, penulis sendiri memiliki trik nih. Di tahun penulis mendaftar ke SMA, tentunya penulis ditolak karena berada di zona dua. Sementara itu, salah seorang teman penulis bisa diterima di sekolah yang sama walaupun tempat tinggalnya hanya berjarak 3 rumah dari rumah penulis sendiri.

Usut punya usut, ternyata teman penulis ini memiliki KK yang berada satu wilayah dengan sekolah favorit. Bahkan gara-gara ini, ada banyak ‘penitipan’ KK dengan keluarga terdekat yang mungkin tinggal satu wilayah dengan sekolah impian.

3. Jalur afirmasi

Jalur ini menampung calon siswa yang berasal dari keluarga kurang mampu guys. Untuk mendaftar melalui jalur ini juga diperlukan beberapa langkah seperti memberikan bukti ketidakmampuan yang diakui oleh pemerintah daerah sampai menyertakan foto rumah guys. Oh iya, apabila ada lebih dari 15% siswa di SMP kamu yang mendaftar melalui jalur ini, maka penentuannya kembali berdasarkan jarak tempat tinggal ke sekolah ya!

4. Jalur perpindahan tugas

Ini juga termasuk sebagai salah satu jalur yang tricky guys. Berdasarkan pengalaman juga, salah seorang teman penulis bisa mendapatkan akses kilat ketika menggunakan jalur ini. Biasanya jalur satu ini diperuntukkan bagi kamu yang ingin mendaftar ke sebuah sekolah menengah favorit di luar kota.

Baca Juga:  8 Tips Mendapatkan Nilai Tinggi Tanpa Belajar

Kebetulan, orang tua atau keluarga terdekatmu bekerja di kota yang sama? Selamat! Kamu bisa menggunakan jalur satu ini. Dari posisi kamu yang berada di zona 3 sebagai pendaftar luar kota, maka akan mendapatkan akses lebih cepat menjadi zona 1 atau 2 guys. Walaupun biasanya berada di ranking yang super mepet. Oh iya, pekerjaannya pun hanya yang berkaitan dengan PNS, guru sekolah tersebut, atau militer ya guys!

5. Jalur prestasi

Last, ada sebuah jalur yang bisa kamu gunakan baik di SMA negeri maupun swasta yakni jalur prestasi. Jalur satu ini mewajibkan pendaftarnya untuk melampirkan rapor semester 1 sampai 5, surat keterangan peringkat di sekolah, dan tak lupa berbagai piagam yang telah kamu kumpulkan ya!

Oke segitu dulu guys, beberapa tips masuk SMA favorit tahun 2021  sampai jalur masuk SMA favorit kamu. Yuk pasti bisa yuk! Eits, jangan lupa juga ya kalau SMA ini menjadi batu loncatan bagi universitas nantinya. So, penulis sangat berharap kamu berada di jurusan dan sekolah yang tepat guys!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Check Also

Rangkuman Materi Bahasa Indonesia Kelas 11 K13 Revisi Super Lengkap, Khusus Untuk Kamu

Halo semuanya! Apa kabar? Penulis harap kamu tetap semangat dan terus sehat selama pandemi…