10 Motivasi Ikut Himpunan Mahasiswa Saat Kuliah

Bagi kamu yang ingin memasuki dunia perkuliahan, pastilah kamu memiliki tujuan tersendiri mengapa kamu ingin lanjut untuk kuliah. Jika belum ada, coba tanyakan kepada dirimu, apa yang menjadikan kamu ingin melanjutkan ke jenjang perkuliahan dan apa tujuanmu? Jawabannya tidak lain dan tidak bukan adalah untuk menimba ilmu, menambah wawasan, dan menjadi sarjana.

Masa kuliah tidak hanya sekedar alasan itu aja lho teman-teman, tetapi ada banyak lagi yang bisa kamu eksplor di dunia perkuliahan, misalnya mengikuti organisasi. Di kampus pastinya ada organisasi yang bernama Himpunan Mahasiswa (HIMA) atau disebut juga dengan Himpunan Mahasiswa Jurusan (HMJ) atau Himpunan Profesi (HIMPRO).

Organisasi ini mungkin akan cocok dengan kamu karena banyak orang yang ramah dan tak pelit ilmu, yang bisa membantumu dalam menjalani masa perkuliahan. Selain itu, mungkin ada idealismenya dari sebagian kalian yang mungkin merasa cocok satu sama lain.

Serta masih banyak motivasi yang ada di dalamnya. Nah, berikut adalah rangkuman 10 motivasi ikut himpunan mahasiswa saat kuliah. Simak baik-baik yuk!

Motivasi Ikut Himpunan Mahasiswa

1. Pengalaman adalah pelajaran yang paling berharga

Bagi kamu yang sekarang minim sekali pengalaman di dunia luar, akan lebih baik jika kamu masuk ke dalam suatu organisasi yang ada di dalam kampus. Motivasi ini mungkin bisa kamu pakai dalam melanjutkan studi di kampus dan saat mengikuti suatu organisasi. 

Baca Juga:  Ingin Bekerja di PBB? Yuk, Kenalan Dulu Dengan MUN dan Rules yang Ada di Dalamnya!

Coba kamu tanamkan satu motivasi ini dan nantinya kamu akan menjadi pribadi yang bermanfaat dan hidupmu akan dipenuhi berbagai macam pengalaman yang berharga, baik itu yang pengalaman yang baik maupun yang buruk.

2. Waktu itu emas

Kamu juga harus menanamkan sifat untuk menghargai waktu. Nah, di dalam berorganisasi kamu akan dituntut untuk bisa membagi waktu dengan baik dan mulai meninggalkan waktu luang yang sering kamu buang percuma. Disini kamu mulai mengisi waktu dengan hal-hal yang lebih bermanfaat.

Bagi kamu yang bingung bagaimana cara mengatur waktu yang baik dan yang masih sering membuang-buang waktu dengan hal yang kurang bermanfaat, mungkin masuk organisasi di kampus adalah solusi yang tepat untuk mengatasi masalah seperti itu.

3. Ada masalah baru? Siapa takut

Bila kamu yang sering takut dengan masalah apa yang akan kalian hadapi kedepannya. Coba rubah kebiasaan itu dan menjadi pribadi yang siap untuk menjalaninya.

Nah, di Himpunan Mahasiswa kamu akan dididik untuk siap dalam menghadapi berbagai masalah yang mungkin selama ini tidak kamu duga. Tapi bukan berarti kamu menjadi sosok yang sering membuat kesalahan ya! Ingat, itu dua hal yang sangat berbeda.

4. Ilmu bisa didapatkan dimana saja

Kembali ke tujuan utama kamu ketika melanjutkan studi di dunia perkuliahan, yaitu menimba ilmu. Tapi, perlu kamu ketahui bahwa ilmu tidak hanya diberikan pada saat di kelas saja, ada banyak sekali ilmu yang bisa didapatkan dalam lingkungan kampus.

Nah, Himpunan Mahasiswa bisa menjadi salah satu wadah untuk kamu mencari ilmu baru selain ilmu pelajaran yang ada di kelas. Kamu juga bisa mengembangkan softskill yang sangat berguna bagi kamu kedepannya nanti. Seperti public speaking, leadership, dan masih banyak lagi.

5. Menemukan teman berarti menemukan harta karun

Jadikan kata-kata ini menjadi motivasi kamu dalam menjalani hidup. Karena, semakin banyak kita berteman maka circle kita akan semakin luas. Selain itu, jangkauan relasi kita akan semakin luas juga. Relasi itu sangatlah penting dalam menjalani sebuah kehidupan.

Baca Juga:  10 Cara Bahagia Agar Kamu Tetap Kuat Menghadapi Homesick

Kelak di masa depan siapa tahu salah satu temanmu adalah orang yang paling berjasa di dalam kehidupan yang akan membantu kamu meraih kesuksesan yang kamu impikan.

6. Komunikasi kunci untuk sukses

Dalam menjalani hidup, komunikasi merupakan salah satu hal yang sangat krusial. Karena orang lain bisa tahu karakter kamu hanya dengan mengetahui cara kamu berkomunikasi. Tapi jangan khawatir, di dalam Himpunan Mahasiswa ini kamu akan belajar tentang cara berkomunikasi dengan baik atau public speaking.

Jika kamu menguasai dengan baik apa itu public speaking, maka dalam dirimu akan terbentuk jiwa-jiwa kepemimpinan yang tinggi dan sangat dipercaya banyak orang. Dan hal ini sangat bermanfaat bagi kamu di masa depannya nanti

7. Peluang besar dapat beasiswa

Siapa sih yang tidak mau mendapat beasiswa saat kuliah? Tentu semua dari kalian pasti mau. Nah, pada Himpunan Mahasiswa ini kamu bisa dapat peluang yang sangat besar dalam pengambilan beasiswa.

Kebanyakan dari syarat beasiswa adalah mahasiswa yang aktif dalam berorganisasi. Dengan pengalaman kamu yang telah berada di dalam Himpunan Mahasiswa ini, akan besar kemungkinan kamu akan diterima pada saat kamu mengajukan beasiswa baik kepada kampus maupun pihak penyedia beasiswa.

8. Memiliki jiwa empati tinggi

Kemampuan rasa empati sesama mahasiswa akan benar-benar diuji jika kamu masuk ke dalam Himpunan Mahasiswa. Berbagai ujian yang dihadapi bertujuan agar membangun mental yang ada pada diri kamu menjadi mental yang kokoh, tahan banting, dan tak mudah menyerah.

Di sisi lain, rasa empati kamu secara tidak langsung juga akan terasah waktu demi waktu yang telah kamu lalui di Himpunan Mahasiswa. Banyak mahasiswa yang telah masuk ke dalam organisasi telah terbentuk jati dirinya dan menjalani hidup seperti tiang yang kokoh. Dan akan terus kokoh karena secara mental sudah terasah sedemikian rupa dalam masuk organisasi ini.

Baca Juga:  Gaji Ahli Gizi di Indonesia yang Perlu Kamu Ketahui!

9. Mentor atau stakeholder menjadi panutan kamu

Jika kamu mengadakan sebuah event atau acara, biasanya kamu akan berkomunikasi dengan stakeholder atau bisa juga seorang mentor yang mengisi event tersebut. Momen ini bisa kamu manfaatkan untuk berkenalan lebih jauh lagi kepada stakeholder yang kalian undang dalam event tersebut.

Tentu sangat bermanfaat jika kamu sudah mengenalnya apalagi jika sudah akrab dengannya. Karena ketika kamu lulus kuliah dan sedang mencari pekerjaan, stakeholder bisa menjadi orang yang akan membantu kamu mendapatkan suatu pekerjaan yang sangat ingin sekali kamu lakukan. Dan kesempatan biasanya tak datang dua kali. Tapi masih banyak kesempatan bagi orang yang terus berjuang meraih apa yang ingin dia capai.

10. Banyak jalan menuju Roma

Motivasi ini bisa menjadi acuan ketika kamu memasuki suatu organisasi yang ada di kampus. Organisasi bisa juga menjadi jalan kamu dalam menempuh kesuksesan yang ingin kamu capai. Misalnya, dalam hal magang.

Di dalam organisasi saat kamu mengatakan event, pasti kamu pernah bersinggungan dengan seorang stakeholder. Disana kamu bakal lebih besar peluang untuk magang di tempat yang telah direkomendasikan oleh stakeholder sesuai dengan apa kemampuanmu.

Motivasi diatas bisa kamu jadikan motivasi pada dirimu agar kamu lebih baik kedepannya. Jangan takut untuk memulai sesuatu. Jangan pernah menyesal jika kamu memilih keputusan yang salah.

Menyesal lah ketika kamu tidak memilih apa-apa. Motivasi ini akan bermanfaat bagi kamu di kala sekarang maupun di kemudian hari. Jangan lupa bagikan informasi ini kepada teman-temanmu ya. Semoga bermanfaat.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Check Also

10 Tips untuk Lolos Interview Beasiswa yang Wajib Kamu Ketahui

Bagi seorang mahasiswa, mendapatkan program beasiswa merupakan hal yang sangat diimpikan b…