10 Aplikasi Wajib Anak Sekolah, Kamu Harus Punya Nih!

Aplikasi Wajib Anak SekolahWell, selama pandemi di rumah gimana aja nih aktivitas belajar kamu? Jadi, tambah rajin atau justru sebaliknya guys? 

Nah, kali ini aku mau share ke kamu nih aplikasi yang wajib kamu miliki selama pembelajaran di rumah aja guys. Jadi, aplikasi di bawah ini dijamin bakal membantu pembelajaranmu agar menjadi lebih mudah sekaligus efektif guys.

Ga hanya itu, juga ada beberapa aplikasi yang dapat membantumu agar lebih produktif dalam belajar lho guys. FYI semua aplikasi di bawah ini bisa kamu akses lewat smartphone kok dan pastinya tersedia di playstore atau app store. 

Mudah banget kan guys? Nah, penasaran ga kira-kira aplikasi apa aja ya yang dapat mempermudah pembelajaran kamu serta wajib banget kamu miliki di tahun 2020? Simak ulasannya di bawah ini guys!

10 Aplikasi Wajib Anak Sekolah

1. Photomath

aplikasi wajib anak sekolah

Yup, aplikasi pertama adalah photomath. Jadi apa sih fungsi aplikasi ini? Dilihat dari namanya aja, tentu kamu udah bisa membayangkan dong kira-kira apa fungsinya. 

Photomath sendiri dapat membantu kamu untuk mengerjakan soal matematika secara mudah guys. Ditambah lagi ada caranya juga kok, hehehe. Photomath sendiri dapat dengan super mudah kamu gunakan guys. 

Caranya, tinggal foto saja soal yang tidak kamu ketahui jawabannya. Kemudian, hasilnya langsung keluar hanya dalam hitungan detik guys. Wuidih, keren banget kan? 

Nah, sekedar tips guys, apabila ingin menggunakan photomath maka usahakan satu-satu ya guys fotonya. Agar hasilnya lebih akurat.

2. U-Dictionary

aplikasi wajib anak sekolah

Selanjutnya, ada aplikasi yang dapat memudahkan kamu untuk mempelajari bahasa Inggris guys. Bahkan aplikasi ini dapat membantumu untuk mengerjakan soal bahasa Inggris dengan sangat mudah.

Baca Juga:  4 Tahapan Dalam Menyusun Metode Ilmiah Biologi

U-Dictionary sendiri cukup berbeda dengan Google Translete atau aplikasi penerjemah lainnya. Kenapa? Di U-Dictionary kamu bisa bebas menerjemahkan bahasa dengan cara mengetik, memotret, sampai berbicara guys. Mudah banget kan?

Ditambah lagi ya guys, U-Dictionary ini juga dapat digunakan ketika kamu sedang melakukan percakapan via chat dengan menggunakan bahasa Inggris guys. kamu dapat men-translete langsung tanpa harus membuka aplikasinya, easy banget kan?

3. Scanner Pro

aplikasi scanner pro

Lanjut, tentunya kamu sering banget kan guys mengalami kesulitan karena harus menggunakan scanner yang ada di printer untuk mengerjakan atau mengumpulkan suatu tugas. Tentu, akan menjadi tambah sulit apabila kamu tidak memiliki printer di rumah.

Nah, tau ga sih guys, ada satu aplikasi yang dapat kamu gunakan untuk melakukan scanning file atau buku apapun tanpa harus menggunakan printer guys, bahkan caranya mudah banget! Tinggal foto saja guys!

Aplikasi apa tuh? Namanya scanner-pro guys. Nah, hasil dari scanner-pro ini akan keluar dalam bentuk scanner gitu. Jadi, kamu bisa langsung menyimpannya menggunakan berbagai format juga, mulai dari JPG atau foto sampai PDF guys.

Mudah banget kan kamu tinggal print saja tanpa harus scanning dulu. Scanner ini multiguna juga guys, tinggal foto apapun langsung scan dan print deh, jadi kamu ga perlu repot-repot untuk menginstall berbagai macam aplikasi sampai mengubahnya dahulu agar bisa di print.

4. Tabel Periodik

tabel priodik

Buat kamu siswa jurusan MIPA pasti perlu banget nih aplikasi satu ini. Untuk pelajaran Kimia pasti kamu udah ga asing dong dengan yang namanya tabel kimia. 

Kalau biasanya tabel kimia berbentuk kertas dan harus dilaminating atau ditempel pada buku, kali ini tabel kimia berbentuk digital guys! Kamu ga perlu repot-repot mencari tabel kimia menggunakan kertas sobat. Sekarang udah tersedia aplikasi yang berisi tabel periodik dan bisa kamu buka dimanapun dan kapanpun guys. 

5. KBBI dan PUEBI

aplikasi kbbi

Yap, pastinya sebagai siswa kamu mempelajari bahasa Indonesia dong. Mata pelajaran satu ini bisa dibilang gampang-gampang susah guys, kenapa? Tentu kamu membutuhkan ketelitian ekstra dalam menggarap tiap soalnya.

Baca Juga:  Download Aplikasi Ruangguru untuk Android, iOS, dan Laptop

Maka dari itu, salah satu penolong yang wajib kamu miliki adalah KBBI atau PUEBI guys. KBBI sendiri singkatan dari Kamus Besar Bahasa Indonesia guys! Di dalamnya terdapat ribuan kata dengan ejaan yang tepat. Nah, pastinya kamu sering banget mengalami kesalahan dalam tanda baca, atau kesalahan dalam menulis kata kan? 

Lewat PUEBI atau KBBI ini kamu dapat mempelajari teknik menulis menggunakan tanda baca yang benar sampai ejaan kata yang sesuai dengan KBBI guys.

6. Brainly

aplikasi Brainly

Heyoo, siapa sih yang ga kenal dengan aplikasi satu ini? Pastinya kamu semua udah ga asing dong dengan aplikasi Brainly. Hehe, ketahuan nih siapa yang suka searching jawaban di Google? Langsung di copy terus di paste lagi, hayoo

Lewat aplikasi brainly kamu  juga bisa saling berbagai ilmu dengan banyak siswa lain di seluruh Indonesia guys. Kamu bisa bertanya atau menjawab pertanyaan yang sekiranya kamu ketahui jawabannya. 

Oh iya, walaupun begitu kamu juga gabisa memastikan kalau jawaban yang ada di brainly benar-benar akurat ya guys. Soalnya kembali lagi bahwa kebanyakan yang menjawab pertanyaan di brainly adalah siswa juga guys

7. Notepad

notepad

Nah, aplikasi satu ini juga ga kalah penting guys. mungkin sebagian dari kamu ada yang mager untuk membawa buku agenda ke sana-sini, jadi notepad bisa jadi jalan alternatif untuk tetap mengingatkan kamu berbagai macam pelajaran guys.

Mungkin, besok kamu ada ulangan atau tugas yang perlu diselesaikan bisa banget nih pake notepad. Ga hanya itu guys, notepad yang ada di playstore juga terdiri dari berbagai macam jenis, pastinya kamu dapat menemukan dari yang modelnya polos sampe aesthetic gitu guys

Selain itu, notepad juga bisa kamu taruh di layar depan HP kamu. Jadi, ketika kamu buka HP bisa langsung melihat tagihan notepad deh.

Baca Juga:  Rangkuman Materi Biologi Jaringan Hewan

8. Graphic Calculator

graphic calculator

Pastinya di setiap smartphone kamu terdapat aplikasi kalkulator kan? Namun, apakah aplikasi kalkluator di smarthphone kamu bisa menghitung matematika kalkulus? 

Kebanyakan kalkulator hanya sebatas melakukan perhitungan yang sederhana aja guys. mulai dari pertambahkan, perkamu, pengurangan, sampai pembagian saja guys. nah, berbeda dengan Graphic Calculator satu ini guys

Di aplikasi ini kamu diberikan fasilitas untuk melakukan perhitungan matematika kalkulus guys. perhitungan seperti pecahan, logaritma, trigonometri, dan juga aljabar dapat kamu lakukan menggunakan Graphic Calculator.

Soal matematika bisa diselesaikan dengan mudah guys.

9. Duolingo

duolingo

Next, aplikasi satu ini sangat membantu kamu yang  ingin belajar berbagai bahasa baru guys, mulai dari bahasa Inggris, dan berbagai bahasa lainnya kok. Aplikasi ini dikemas dengan cara yang menyenangkan.

Kamu dapat menjawab setiap pertanyaan melalui sebuah tayangan video, foto, sampai kata-kata yang tersusun secara acak. 

10. Evernote

evernote

Terakhir guys, ada salah satu aplikasi yang dapat digunakan untuk menulis agenda lewat smartphone nih. Kalau aplikasi di atas bentuknya notes gitu, aplikasi satu ini lebih ke catatan agenda guys.

Biasanya nih dapat kamu gunakan untuk mencatat tuga dengan guru, jadwal pelajaran, dan berbagai aktivitas lainnya. Ditambah, lewat evernote kamu bisa menggambar jadwal yang kamu inginkan sendiri guys. Kece abis!

Nah, di atas adalah beberapa aplikasi yang wajib deh kamu miliki sebagai siswa. Apalagi di tengah pandemi guys, aplikasi di atas dapat membantu kamu untuk menjawab pertanyaan, sampai belajar dengan lebih mudah.

Selamat mencoba!

Masih belum ketemu artikel yang kamu cari? Coba ketik di bawah ya. :)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Check Also

8 Tips Ujian Sekolah Saat di Rumah

Hayoo siapa nih di antara kalian yang udah melangsungkan ujian tengah semester? Yap, beber…