10 Cara Bahagia Agar Kamu Tetap Kuat Menghadapi Homesick

Selalu ada jalan menuju Roma, istilah ini yang sangat pas untuk menggambarkan ketika kamu ingin sekali menghadapi perasaan kangen akan suasana rumah atau yang biasa kita kenal dengan homesick. Homesick tidak bisa terhindarkan dan kamu tidak perlu mencari cara untuk menghilangkan perasaan ini.

Cukup diatasi dengan beberapa cara berikut. Inilah 10 cara bahagia agar kamu tetap kuat menghadapi homesick sehingga kamu dapat pencerahan ketika bingung bagaimana cara mengatasi homesick. ikutilah cara berikut ini untuk mengatasi homesick. Yuk simak dengan baik!

Cara Bahagia Agar Kamu Tetap Kuat Menghadapi Homesick

1. Telpon orang tua

Obat rindu yang paling ampuh adalah mendengarkan suara merdu dari orang tua kamu, coba kamu telpon mereka!

Ingin sekali mendengarkan suara kedua orang tua kamu? Coba telpon orang tua kamu sekarang! Berbincang dengan mereka dua sampai lima menit akan membuat kamu merasa lega.

Cara ini menjadi cara yang paling ampuh dalam mengatasi fenomena homesick, karena hanya dengan mendengar suara atau melihat wajah orang orang yang ada di rumah membuat hati menjadi tenang dan bisa juga membuat mood kamu yang sebelumnya jelek, menjadi happy.

Coba mulai dengan menanyakan kabar kedua orang tua atau saudara kamu yang ada di rumah. Hal sekecil itu biasanya akan membuat kamu merasa gembira, begitu juga dengan orang orang rumah yang saat ini mungkin sedang merindukan kehadiran kamu di rumah.

Namun, jangan terlalu sering juga melakukan telepon atau video call di rumah, sebab malah akan berdampak pada kamu yang semakin ingin sekali untuk pulang ke rumah. Lakukan hal ini sekali sehari jika kalian sedang kangen akan orang-orang rumah.

Atau jika kalian terlalu sibuk dengan kegiatan yang ada di kampus, setidaknya minimal sekali seminggu agar orang-orang rumah tidak merasa cemas kepada kalian.

2. Coba deh untuk mencari teman sebanyak-banyaknya.

Banyak teman banyak rezeki, kata-kata ini ampuh dalam berbagai hal yang sedang kamu hadapi. Kamu juga bisa mengusir rasa kesepian ketika kamu sedang berada dalam perkumpulan teman-teman kamu. Kamu pun sudah tidak akan lagi merasakan sedih jauh dari keluarga ketika bersama dengan teman-temanmu.

Baca Juga:  5 Manfaat Membangun Relasi Sejak Menjadi Mahasiswa

Cobalah untuk mencari teman sebanyak-banyaknya agar kamu tidak merasa kesepian. Namun, bukan berarti cara ini kamu gunakan untuk melupakan orang tua dan keluarga ya, hanya untuk mengatasi homesick saja. Oke!

3. Melibatkan diri dalam sebuah organisasi juga ampuh mengiris bayang-bayang kerinduan kampung halaman

Menyibukkan diri di tanah perantauan merupakan salah satu cara jitu dalam mengatasi homesick. Kamu bingung apa yang harus dilakukan? Coba masuk organisasi di kampung maupun komunitas di kota rantauan.

Selain ampuh dalam mengatasi kerinduan, cara ini juga dapat mengembangkan kemampuan kamu yang terpendam dan bisa mengasah kemampuan berkomunikasi kamu. Akan ada banyak manfaat yang kamu dapatkan disini lho.

4. Berkunjung ke rumah teman yang letaknya tak jauh dari kampus

Sebagian besar dari kalian pasti mencari tempat tinggal yang dekat dengan kampus. Benar kan? Jika kamu mempunyai teman yang bertempat tinggal di sekitar kampus, coba deh main kesana. Dengan begitu kamu juga bisa mengobrol dan melupakan akan kerinduan kampung halamanmu.

Bisa juga jika kalian mempunyai keluarga yang berada tak jauh dari tempat kamu tinggal, coba deh singgah di sana. Jangan ragu dan sungkan terhadap mereka. Niscaya rasa rindumu akan sedikit terobati, Sebab, di sana kamu akan dianggap seperti keluarga sendiri. Mereka pun pastinya akan terbuka dengan kehadiran kamu ketika kamu berkunjung ke rumahnya.

5. Explore tempat tinggal baru

Jenuh dengan aktivitas sehari-hari? Mungkin dengan mengeksplor kota baru yang kalian tinggali menjadi jalan keluar untuk menghadapi hal ini, apalagi jika kamu terus berdiam diri didalam kamar kost, pastinya kangen dengan suasana rumah akan selalu ada dalam benak kalian.

Jangan takut untuk mencoba jalan-jalan keliling sekitar kostan atau jika kalian ada kendaraan sendiri bisa mencoba untuk jalan-jalan keliling kota atau ke tempat wisata bersama teman-teman kamu.

Baca Juga:  Ini Dia Beberapa Jalur Masuk Sekolah Vokasi beserta Rekomendasi Politeknik Terbaik di Indonesia!

Sehingga kamu tidak merasa bosan dan jalan-jalan bisa jadi alat untuk refreshing ketika aktivitas sehari-hari kamu terlalu padat. Dengan kata lain, merantau itu nggak akan membuat kamu merasa sedih karena jauh dari rumah.

Jika kamu tahu cara untuk menghadapinya, merantau merupakan hal yang paling mengasyikkan di dalam hidup kamu.

6. Kamu single? Punya pacar juga membantu kamu agar tidak merasa sendiri lho

Punya pacar di tanah perantauan terbukti merupakan cara yang paling ampuh dalam mengatasi homesick, selain bisa membantu kamu dalam berbagai hal, pacar juga bisa menemani kamu ketika kamu sedang merasa sendiri ataupun bersedih. Pacar biasanya akan selalu ada ketika kamu dalam keadaan apapun itu. Tapi tetap ingat batasnya, ya!

7. Menyantap makanan khas daerah asal di tanah rantau saat rindu memuncak

Sebagian dari kita kadang merasa tidak cocok dengan makanan di daerah rantau. Kangen akan masakan rumah dan masakan daerah asal pasti selalu menghampiri kita ketika rindu yang memuncak. Kita rasanya ingin sekali mencari makanan yang cocok dengan lidah kita.

Dengan menyantap makanan daerah asal mungkin akan menjadi obat rindu ketika kita kangen masakan rumah. Percaya deh sedikit demi sedikit rasa rindu akan terkikis.

8. Merapat bersama teman sekampung halaman.

Sebagian dari kita akan rindu dengan logat atau bahasa daerah sehari-hari yang kita pakai sebelumnya di rumah. Di tanah perantauan kita diharuskan untuk memakai Bahasa Indonesia agar orang-orang yang ada di sekitar kita paham akan ucapan yang kita sampaikan.

Tapi pernah nggak sih kalian menjumpai teman sekampung halaman? Jika ketemu, merapatlah dengan mereka. Kamu akan merasa puas ketika mengobrol dengan teman sedaerah karena biasanya memakai bahasa daerah atau bahasa sehari-hari sebagai alat komunikasi dan bisa juga mengikis sebagian rasa rindu akan kampung halaman.

Baca Juga:  Informasi Seputar Pendaftaran Gunadarma untuk Calon Mahasiswa

9. Dengerin lagu daerah asal bikin hati berdesir seakan berada di rumah

Jika dulu kalian jarang sekali mendengarkan music-musik daerah kalian. Nah sekaranglah waktunya untuk mendengarkan lantunan melodi yang merdu yang telah tercipta di tempat kalian berasal.

Musik merupakan obat paling mujarab untuk manusia yang ingin meluapkan isi hatinya. Di kala rindu menghampiri, cobalah untuk mendengarkan lagu daerah kamu sebait dua bait, mungkin dengan itu kamu akan merasa seperti di kampung halaman kamu.

10. Coba sekali kali beres-beres kamar kost, rindu hilang, kamar bersih pun datang

Bosan dengan suasana kamar kamu yang begitu-begitu aja? Coba kamu dekorasi ulang kamar kostan kamu, jika kamu ingin dicat ulang kamar kostan kamu, jangan lupa minta izin ke ibu kost kamu.

Mungkin dengan mendekorasi kamar kost, kamu akan merasa melihat hal baru dan bisa juga membuat anda semakin nyaman terhadap suasana kamar kamu. Kamu bisa juga mendekorasi mirip seperti kamar kamu yang ada di rumah. Bukan berarti kamu harus membawa segalanya yang ada di rumah ke dalam kamar kamu.

Mengatur tata letak dari barang yang kamu bawa atau kamu beli seperti yang ada di rumah, itu cukup membantu kok. Dengan begini kamu bakalan berasa seperti di rumah sendiri dan tidak lagi merasakan tinggal di tempat asing dan juga bisa membuat kamu semakin betah di dalam kamar kost kamu.

Sekarang kamu sudah tak lagi merasakan rindu kampung halaman bukan? Lakukan lah tips tersebut jika kamu merasa kangen. Tetap ingat tugas kita ya kawan, teruslah belajar! Jangan lupa bagikan informasi ini kepada teman-temanmu ya. Semoga bermanfaat.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Check Also

Mengenal Lebih Jauh Jurusan Analis Kesehatan

Tampilkan Pos Sebagian dari kamu mungkin sering mendengar tentang profesi analis kesehatan…