Materi Bahasa Inggris Kelas 7 Bab 7 I’m Proud of Indonesia

Halo teman-teman, jumpa lagi ya! Yuk kita lanjutkan belajar kita. Kali ini kita akan mulai membahas jenis teks-teks yang akan banyak kita temukan dalam soal bahasa Inggris. Salah satu teks yang paling sederhana ialah descriptive text.Teks ini merupakan teks yang digunakan untuk menjelaskan seseorang, benda maupun hewan secara spesifik. 

Mengapa kita menggunakan teks ini?  Untuk memberitahukan atau mendeskripsikan sesuatu kepada orang lain secara jelas dan rinci sehingga orang lain pun paham dengan apa yang kita sampaikan. 

Nah, sesuai dengan tema I’m Proud of Indonesia, maka kita akan membahas teks-teks yang isinya tidak jauh dengan Indonesia. Seperti apa? Simak ulasannya dibawah ini ya. 

Chapter 7: I’m Proud of Indonesia


1. Describing Things (Mendeskripsikan Benda)

Jika ingin menceritakan sesuatu, maka kamu bisa menggunakan struktur teks deskriptif ini, yang mana terdiri dari:

a. identification 

Berisikan identifikasi objek baik benda, orang atau hewan yang akan dijelaskan. Intinya bagian ini mempunyai tujuan untuk mengenalkan kepada pembaca sebelum mengetahui lebih rinci pada bagian berikutnya. 

b. dan description

Berisikan penjelasan rinci mengenai objek yang dijelaskan, yang mana meliputi: karakteristik, bagian dan kualitasnya. 

Selain struktur di atas, teks deskriptif biasanya juga mempunyai ciri-ciri sebagai berikut: 

  • menjelaskan objek secara jelas dan rinci
  • menggunakan simple present tense
  • menggunakan kata kerja penghubung (relating verbs) is, am, are serta kata kerja has/have

Supaya teman-teman lebih jelas, bisa contoh teks deskriptif sebagai berikut. 

We are Proud of IndonesiaJudul
Indonesia is a big country. It is between two continents, Asia and Australia, and between two oceans, the Pacific Ocean and the Indian Ocean. It is the largest archipelago in the world. There are more than seventeen thousand islands in Indonesia.

(Indonesia adalah negara besar. Itu berada di antara dua benua, Asia dan Australia, dan di antara dua samudra, Samudra Pasifik dan Samudra Hindia. Ini adalah negara kepulauan terbesar di dunia. Ada lebih dari tujuh belas ribu pulau di Indonesia.)
Identification
Isinya identifikasi mengenai Negara Indonesia, baik itu lokasinya, merupakan Negara kepulauan terbesar. 

We have a lot of islands. The big ones are Papua, Kalimantan, Sumatra, Sulawesi, and Java. Of the five islands, Java is the smallest, but it is the most populated one. We can find people from around Indonesia in Java.

(Kami memiliki banyak pulau. Yang terbesar adalah Papua, Kalimantan, Sumatera, Sulawesi, dan Jawa. Dari kelima pulau tersebut, Jawa adalah yang terkecil, tetapi paling banyak penduduknya. Kita bisa menemukan orang-orang dari seluruh Indonesia di Jawa.)


Indonesia is on the equator. It is a tropical country. The sun shines brightly every day, so it is mostly hot. It has two seasons, the rainy season, and the dry season.

(Indonesia ada di ekuator. Ini adalah negara tropis. Matahari bersinar cerah setiap hari, jadi sebagian besar panas. Ini memiliki dua musim, musim hujan, dan musim kemarau)

There are many seas in Indonesia, the Java Sea, the Bali Sea, the Arafuru Sea, the Banda Sea, the Timor Sea, and many others. We also have many straits, like the Sunda Strait, between Java and Sumatra, the Lombok Strait between Bali and Lombok, and many others.

(Ada banyak lautan di Indonesia, Laut Jawa, Laut Bali, Laut Arafuru, Laut Banda, Laut Timor, dan banyak lagi lainnya. Kita juga punya banyak selat, seperti Selat Sunda, antara Jawa dan Sumatera, Selat Lombok antara Bali dan Lombok, dan banyak lagi lainnya.)

Indonesia also has many mountains. Many of them are still active and can erupt any time. We call them volcanoes, like Sinabung and Marapi in Sumatra, Merapi in Java, dan Lokon in South Sulawesi. When they erupt they bring out very hot lava from inside the earth.

(Indonesia juga memiliki banyak gunung. Banyak di antaranya yang masih aktif dan bisa meletus kapan saja. Kami menyebutnya gunung berapi, seperti Sinabung dan Marapi di Sumatera, Merapi di Jawa, dan Lokon di Sulawesi Selatan. Saat meletus, mereka mengeluarkan lahar yang sangat panas dari dalam bumi.)
Description
Paragraf ini menjelaskan Indonesia mempunyai banyak pulau.
Sementara, paragraf ketiga menjelaskan musim yang ada di Indonesia. 
Paragraf keempat menjelaskan banyaknya laut, selat yang ada di Indonesia
Paragraf terakhir menjelaskan adanya gunung di Indonesia. 

Selain itu, kita juga mengidentifikasi teks di atas sebagai berikut: 

  1. hampir semua kalimat menggunakan simple present tense.
  2. Ditemukan banyak relating verbs, mulai dari  is, am, are, has, dan have
  • Indonesia is a big country (Indonesia adalah negara besar)
  • There are more than seventeen thousand islands in Indonesia (Ada lebih dari tujuh belas ribu pulau di Indonesia)
  • It has two seasons (Ini memiliki dua musim)
  • We have a lot of islands (Kami memiliki banyak pulau)
  1. Ada banyak adjectives
  • Indonesia is a big country (Indonesia adalah negara besar)
  • It is a tropical country (Ini adalah negara tropis)
  • It is the largest archipelago in the world. (Ini adalah negara kepulauan terbesar di dunia.)
Baca Juga:  5 Aplikasi Belajar TOEFL Terbaik Untuk Pelajar, Kamu Wajib Coba Nih!

Selain dalam bentuk teks, jika kita ingin mendeskripsikan benda juga bisa dengan paragraf. Seperti halnya teks, namanya juga paragraph deskriptif yang mana tujuannya menggambarkan objek agar pembaca bisa mengetahui secara jelas. 

Untuk lebih jelasnya bisa simak contohnya sebagai berikut. 

I’m proud of my school. Our teachers are smart. We have many good books and magazines in our school library. The classrooms are not big, and they are clean and tidy. But, the school yard is very small. There are not many plants, so it is very hot in the afternoon. We only have the terrace when we are not in the classrooms. So the terrace is very crowded during the break.

(Saya bangga dengan sekolah saya. Guru kami pintar. Kami memiliki banyak buku dan majalah bagus di perpustakaan sekolah kami. Ruang kelasnya tidak besar, dan bersih serta rapi. Tapi, halaman sekolah sangat kecil. Tidak banyak tanaman, sehingga sore hari sangat panas. Kami hanya memiliki teras saat kami tidak berada di ruang kelas. Jadi teras sangat ramai saat istirahat.)

Paragraf di atas termasuk paragraf deskriptif deduktif yang mana ide utamanya terletak di awal paragraf I’m proud of my school. Kalimat selanjutnya merupakan penjelasan dari kalimat utama. 

2. Describing People (Mendeskripsikan Orang)

Untuk mendeskripsikan seseorang, maka sejatinya aturannya sama dengan yang di atas. Bisa lihat contoh di bawah ini untuk lebih jelasnya. 

My father is a good man. He loves his family. He does not get angry easily. He talks to us, his children, about many things. He and my mum often go out together to enjoy the evening. He is friendly to the neighbours.

Ayah saya adalah orang yang baik. Dia mencintai keluarganya. Dia tidak mudah marah. Dia berbicara kepada kita, anak-anaknya, tentang banyak hal. Dia dan ibuku sering pergi keluar bersama untuk menikmati malam. Dia ramah kepada tetangga.

Baca Juga:  Materi Bahasa Inggris Kelas 12 Bab 8 How to Make

Kalimat utamanya berada di awal My father is a good man. Sementara kalimat selanjutnya menjelaskan karakteristik, kualitas dan bagian dari ayah yang menjadi objek yang dijelaskan, seperti: 

  • Dia cinta keluarganya (He loves his family)
  • Dia tidak mudah marah (He does not get angry easily)
  • Dia bersahabat (He is friendly to the neighbours)

3. Describing Animal (Mendeskripsikan Hewan)

Jika teman-teman ingin mendeskripsikan hewan, maka juga bisa menggunakan kaidah di atas. bisa dilihat contohnya sebagai berikut. 

I love my cat, Manis. She makes me happy. When I tickle her, she rolls around and taps her paws on my hand. I like the feeling. She has three colors, white, yellow, and black. She often lies on my feet when I study or watch TV. Sometimes she sleeps in my bed with me, on my feet. It feels warm.

(Saya suka kucing saya, Manis. Dia membuatku bahagia. Saat aku menggelitiknya, dia berguling dan mengetukkan cakarnya di tanganku. Saya suka perasaan itu. Dia memiliki tiga warna, putih, kuning, dan hitam. Dia sering berbaring di kaki saya ketika saya belajar atau menonton TV. Kadang-kadang dia tidur di tempat tidur dengan saya, sambil berdiri. Terasa hangat.)

Kalimat utamanya I love my cat, Manis. Sementara kalimat setelahnya merupakan pejelasan dari kucing yang menjadi objek:

  • Mendeskripsikan warnanya (She has three colors, white, yellow, and black)
  • Tingkah lakunya (she rolls around and taps her paws on my hand.)
  • Kebiasaannya (She often lies on my feet when I study or watch TV)

Nah, teman-teman, sekarang sudah tahu kan? Bagaimana mendeskripsikan objek itu? Yuph, tetap semangat belajar ya dan good luck

Daftar Pustaka:
Siti Wachidah, Asep Gunawan, Diyantari, Khatimah, Yuli Rulani.2017. BAHASA INGGRIS: When English Rings a Bell. Jakarta: Pusat Kurikulum dan Perbukuan, Balitbang, Kemendikbud. 
Baca Juga:  Materi Bahasa Inggris Kelas 7 Bab 5 It’s a Beautiful Day

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Check Also

Materi Bahasa Inggris Kelas 12 Bab 11 Let’s Make A Better World For All

Halo teman-teman, tidak terasa ya, kita sudah di penghujung pelajaran Bahasa Inggris kelas…