Rekomendasi Channel Youtube Edukasi Terbaik Untuk 3 Mata Pelajaran MIPA di SMA!

Hai guys! Ga terasa sudah lama kamu menjalani sekolah dengan cara online. Bagaimana? Apakah sudah beradaptasi? Menurutmu lebih nyaman belajar di sekolah atau di rumah secara online?

Tentu baik sekolah offline maupun online memiliki sisi positif dan negatif masing-masing. Pembelajaran serba online membuat kamu juga lebih dekat dengan dunia digital. Segala hal yang ingin diketahui tersedia di internet saat ini.

Mulai dari Berita, hiburan, sampai materi pelajaran bisa kamu temukan di internet. Contoh saja di Youtube. Tahukah kamu di Youtube juga ada konten edukasi yang sesuai dengan materi pelajaran di sekolah. Nah, kali ini penulis ingin membagikan beberapa rekomendasi Channel Youtube Edukasi khusus untuk anak SMA.

Rekomendasi Channel Youtube Edukasi Untuk Anak SMA

Pelajaran Biologi

rekomendasi channel youtube edukasi
Science and medicine, scientist analyzing and dropping a sample into a glassware, experiments containing chemical liquid in laboratory on glassware, DNA structure, innovative and technology.

Pelajaran biologi lebih banyak pada pembelajaran materi. Seringkali guru hanya memberikan buku paket berisi materi dan menjelaskan secara singkat, sisanya kamu diminta untuk memahami dari membaca materi tersebut.

Mempelajari materi biologi tidak hanya dilakukan dengan mengerjakan soal, melainkan juga menghafal materi yang diberikan.

Karena itu, kamu mungkin butuh penjelasan lebih lanjut agar lebih mudah dalam memahami dan menghafal. Berikut rekomendasi channel Youtube edukasi bertema biologi yang bisa kamu kunjungi.

1. Kak Bio

Kak Bio berfokus pada pembelajaran Biologi yang menjelaskan materi dari tingkat Sekolah Dasar hingga perguruan tinggi. Video penjelasan Kak Bio dilengkapi dengan gambar yang menarik.

2. Universitas Terbuka TV

Pada Universitas Terbuka TV, tidak hanya ada pelajaran biologi. Banyak materi lain yang lengkap dan luas, terdapat sosiologi bahkan pendidikan untuk guru.

Baca Juga:  9 Kiat-Kiat Membaca Cepat dan Efektif!

3. Amoeba Sisters

Amoeba Sisters berisi materi biologi untuk pelajaran sekolah menengah (SMP/SMA). Video yang diberikan dalam bentuk animasi yang menyenangkan dan bahasa pengantar bahasa inggris.

4. FKIP Universitas Jember

Video dalam channel FKIP Universitas Jember berisi proyek-proyek kuliah Universitas Jember yang beragam. Sehingga, terdapat pula penjelasan materi mengenai pelajaran biologi.

5. Cognito

Cognito membahas mengenai pelajar biologi dan juga matematika. Video penjelasan berisi gambarang singkat tentang materi ujian. Namun channel ini merupakan channel luar negeri, sehingga bahasa pengantar menggunakan bahasa inggris serta kurikulum ujian yang mungkin berbeda.

6. Perawat Indonesia Cerdas

Channel ini sebenarnya membahas mengenai kesehatan yang berguna untuk perawat di Indonesia. Namun, terkadang terdapat materi biologi yang bisa kamu pelajari.

7. Biologi Edukasi

Channel biologi edukasi berfokus pada media pembelajaran biologi untuk anak sekolah. Video penjelasan seperti dilakukan dalam papan tulis disertai dengan gambar yang jelas dan menarik.

Pelajaran Fisika

rekomendasi channel youtube edukasi
History of science, concept. Isaac Newton and physics. The science of light, optics. Light refraction and scientific research in physics.

Pelajaran fisika mungkin termasuk salah satu pelajaran sulit di SMA. Selain harus menguasai rumus yang diajarkan, dalam fisika juga dibutuhkan keterampilan matematika.

Dalam mengerjakan soal fisika pasti butuh berhitung yang juga tidak mudah. Selain sulit dalam menghitung, rumus fisika juga tidak hanya satu. Berikut rekomendasi channel Youtube edukasi yang membahas materi fisika:

1. Belajar ala Clinic Genius

Channel belajar ala clinic genius merupakan channel bimbel yang menyediakan video pembelajaran. Sebenarnya, banyak materi yang diberikan di channel ini selain pelajaran fisika.

2. Physics Problem Solving

Channel ini berfokus pada materi fisika. Channel ini berfokus pada pemabahasan soal. Video pembelajaran berisi cara memecahkan soal fisika serta penjelasannya. 

3. Tridaya Online

Tridaya online berisi video belajar berbagai materi dari tingkat SD hingga SMA. Konten yang diberikan juga lengkap, terdiri dari penjelasan materi dan pembahasan soal.

Baca Juga:  Seputar Filateli Yang Perlu Kamu Tahu

5. Pak Wisnu Fisika

Sesuai namanya, channel ini berfokus pada pembelajaran fisika. Konten yang diberikan berupa pembahasan soal fisika dan cara cepat untuk anak SMP, SMA, serta materi SBMPTN.

6. BELATIK

Belatik berisi video pembelajaran fisika dan juga matematika. Video pembelajaran dibuat menyenangkan dengan animasi. 

7. Gampang Fisika – Puji Syukur

Channel ini berfokus pada materi fisika. Menyediakan penjelasan materi, pembahasan soal, hingga percobaan praktikum yang dapat membantu kamu dalam sekolah

Pelajaran Kimia

rekomendasi channel youtube edukasi
Scientific Glassware For Chemical Background

Kimia membutuhkan pemahaman yang baik dalam mempelajarinya. Jika kamu tidak dapat memahami konsep dasar dalam setiap materi kimia, maka kamu akan kesulitan untuk dapat mengerjakan soal bahkan memahami materi selanjutnya.

Materi dalam kimia juga seringkali berhubungan satu dengan lainnya, karena itu jangan sampai kamu tidak menguasai salah satu materi dalam pelajaran kimia.

Untuk membantumu dapat memahami dan menguasai materi kimia, berikut rekomendasi channel youtube edukasi yang membahas pelajaran kimia:

1. KIM UD

KIM UD merupakan channel yang berfokus pada pembelajaran kimia. Video berisi pembahasan soal-soal kimia yang sering keluar pada ujian. Terdapat pula pembahasan soal untuk UTBK dan ujian masuk PTN.

2. Cerdas Kimia

Channel cerdas kimia memberikan penjelasan materi kimia untuk anak sekolah dan juga untuk olimpiade tingkat SMA. Konten yang diberikan berupa materi dan pembahasan soal.

3. Smarter Indo

Smarter Indo berisi materi pelajaran kimia untuk anak SMA. Selain itu, channel ini sering membahas mengenai pengetahuan menarik diluar materi namun berhubungan dengan kimia dan lainnya.

4. Dewa Kimia

Channel ini membantu untuk menjelaskan materi kimia yang sedang kamu pelajari di sekolah. Video penjelasan yang diberikan berupa guru yang menerangkan di papan tulis, mungkin akan membuat kamu lebih mudah paham.

Baca Juga:  10 Alat Tulis dan Bahan yang Membuat Catatanmu Semakin Keren dan Aesthetic!

5. Kimatika

Kimatika memberikan penjelasan materi, pembahasan soal, hingga tips dan trik seputar pelajaran kimia dan matematika. 

Sudah tahu kan beragam rekomendasi channel Youtube edukasi yang berguna untuk kamu belajar. Materi yang diberikan juga ada yang sesuai dengan pelajaran sekolah.

Pembelajaran juga bervariasi, dapat kamu pilih yang menyenangkan. Terdapat video pembelajaran dengan animasi, papan tulis, atau penjelasan seseorang.

Ternyata banyak dan bervariasi cara belajar yang dapat kamu lakukan saat ini. Selain melalui membaca buku, juga bisa melalui video yang menarik. Karena itu, sudah tidak ada lagi alasan untuk malas belajar.

Oh iya, untuk melihat berbagai informasi seputar dunia kuliah dan SMA, kamu bisa banget mengunjungi Channel Youtube Wirahadie ya!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Check Also

Simak 7 Aplikasi Belajar Bahasa Korea Gratis di Smartphone

Korea Selatan. Pasti kamu sudah tidak asing bukan? Budaya Korea Selatan kini merebak di se…