Ini Dia 10 Fasilitas Aplikasi Rumah Belajar yang Akan Membantumu Belajar Online

Saat ini kamu sebagai pelajar pasti sudah terbiasa dengan yang namanya belajar online. Meski awalnya berat untuk dijalani namun sekarang mungkin kamu udah terbiasa. Belajar dimana saja dan kapan saja adalah sistem belajar online, sehingga mungkin kamu lebih menyukainya karena dapat belajar secara fleksibel.

Namun, mungkin kamu juga sering menemui kendala ketika belajar menggunakan aplikasi belajar. Salah satunya adalah adanya pungutan biaya ketika ingin melihat penjelasan. Nah, kebetulan banget guys, kali ini penulis akan membagikan berbagai info menarik dari aplikasi Rumah Belajar khusus untuk kamu.

Aplikasi ini dirilis oleh Kementerian Pendidikan dan Budaya Indonesia yang bisa diakses secara gratis. Berikut penjelasan mengenai isi dalam aplikasi Rumah Belajar.

Fasilitas Aplikasi Rumah Belajar

aplikasi rumah belajar

1. Sumber Belajar

Dalam aplikasi Ruang Belajar terdapat fitur Sumber Belajar. Dalam fitur ini berisi materi-materi yang bisa menjadi sumber belajar kamu tergantung materi apa yang kamu butuhkan. Sumber materi yang tersedia terdiri atas materi dari berbagai jenjang, dari PAUD, SD, SMP, SMA, SMK, SLB, hingga Paket A-C.

Kamu bisa pilih materi sesuai jenjang kamu, kemudian pilih kelas kamu saat ini atau materi kelas berapa yang akan kamu pelajari. Setelah itu akan ada pilihan materi yang sangat lengkap, bahkan pelajaran bahasa, agama dan bimbingan konseling. Setelah itu kamu akan diberikan tampilan topik yang bisa kamu pilih dan pelajari. 

2. Laboratorium Maya

Dalam laboratorium maya kamu dapat melakukan dan mempelajari berbagai percobaan yang berhubungan dengan materi di sekolah, seperti percobaan fisika.

Baca Juga:  Kode Diskon Ruangguru Terbaru, Diskon 65% + Bonus!

Di dalam fitur ini aka nada penjelasan materi mengenai percobaan yang kamu pilih. Setelah itu terdapat uraian langkah-langkah hinggal hasil dan kesimpulan dari percobaan yang akan kamu lakukan.

Terdapat banyak pilihan percobaan yang dapat kamu lakukan, seperti daya hantar listrik larutan, grafik persamaan kuadrat, uji kandungan protein dalam makanan, dan masih banyak lagi percobaan yang menarik untuk dilakukan.

3. Bank Soal

Hampir sama seperti Sumber Materi, fitur Bank Soal juga menyediakan layanan untuk berbagai jenjang. Karena itu, siapa saja bisa menggunakan aplikasi belajar dari Kemdikbud RI ini.

Dalam fitur Bank Soal akan ada pilihan kelas dan jenjang, pilih kelas dan jenjang sesuai dengan diri kamu. Kemudian terdapat pilihan mata pelajaran.

Setelah memilih mata pelajaran, akan ada banyak pilihan soal yang dapat kamu pilih berdasarkan materi. Lalu kamu bisa menentukan mata pelajaran mana yang ingin dikerjakan. Tak lupa, diakhir juga akan ada pembahasan hasil.

4. Kelas Digital

Selanjutnya dalam aplikasi Rumah Belajar terdapat fitur kelas digital. Dalam kelas digital berisi panduan kamu untuk mendaftar masuk atau membuat akun.

Selain itu, di dalam kelas digital kamu juga akan bisa langsung diarahkan ke berbagai fitur yang tersedia seperti laboratorium maya atau sumber belajar. 

Dalam kelas digital juga berisi penjelasan mengenai fitur yang ada dalam aplikasi Rumah Belajar. Karena itu, kamu tidak perlu membuka kelas digital ketika ingin belajar online. Fitur ini hanya akan membantu kamu mengenal lebih dalam isi dan fitur dalam aplikasi Rumah Belajar.

5. Buku Sekolah Elektronik

Dalam aplikasi belajar online Rumah Belajar, Kemdikbud RI juga menyediakan fitur Buku Sekolah Elektronik. Sesuai dengan namanya fitur ini menyediakan berbagau buku sekolah dalam bentuk elektronik yang bisa kamu akses dan manfaatkan untuk belajar atau kebutuhan sekolah kamu.

Baca Juga:  3 Cara Membuat Polling di Grup WhatsApp, Terbaru!

Untuk saat ini masih belum banyak buku sekolah yang tersedia dalam aplikasi Rumah Belajar ini, namun mungkin kedepannya Kemdikbud RI akan semakin menambah jumlah buku dari beragam mata pelajaran dan jenjang sekolah. 

6. Pengembangan Keprofesian Berkelanjutan

Fitur Pengembangan Keprofesian Berkelanjutan berisi informasi mengenai program Kemdikbud yaitu PembaTIK . Dalam fitur ini terdapat penjelasan dan rincian informasi mengenai jumlah peserta, penyelenggara, dan jenis pelatihan. Pendaftaran pun dapat langsung kamu lakukan di dalam fitur ini.

PembaTIK merupakan kepanjangan dari Pembelajaran Berbasis TIK yaitu program untuk meningkatkan kompetensi TIK guru yang mengacu pada kerangka kerja peningkatan kompetensi TIK guru UNESCO. Jadi pelatihan ini ditujukan untuk para guru di Indonesia dan dilakukan secara online agar dapat melakukan pembelajaran berbasis TIK dengan baik. 

7. Peta Budaya

Peta Budaya merupakan salah satu fitur menarik yang ada dalam aplikasi belajar online dari Kemdikbud RI. Fitur ini menjadi fitur hiburan sekaligus bisa menambah wawasan para pelajar mengenai kebudayaan di seluruh Indonesia.

Dalam fitur ini terdapat peta besar negara Indonesia beserta nama daerahnya. Kemudian dibawanya terdapat beragam artikel yang membahas mengenai kebudayaan dari setiap daerah di Indonesia. Tak hanya mengenai kebudayaan Indonesia terdapat pula artikel yang membahas pengetahuan umum seperti tentang teori manusia dan alam. 

8. Wahana Jelajah Angkasa

Fitur wahana jelajah angkasa juga merupakan fitur hiburan yang disediakan oleh Kemdikbud RI untuk para pelajar Indonesia. Menurut Penulis, fitur ini merupakan fitur yang paling menarik. Fitur hiburan di dalam aplikasi Rumah Belajar bukan sekedar untuk hiburan, tetapi juga menambah pengetahuan serta wawasan kamu.

Dalam fitur wahana jelajah angkasa kamu dapat melihat gambaran di luar angkasa. Terdapat banyak pilihan yang bisa kamu jelajahi. Kamu bisa meliht langit di luar angkasa, bumi, planet lain, hingga panorama.

Baca Juga:  5 Aplikasi Belajar TOEFL Terbaik Untuk Pelajar, Kamu Wajib Coba Nih!

Kamu juga bisa melihat konstelasi rasi bintang yang sangat menarik. Meski hanya berupa gambaran kasar, tetapi fitur ini sangat seru untuk dijelajahi.

9. Konten

Kamu tak hanya dapat belajar melalui sumber materi dan buku elektronik, namun dalam aplikasi Rumah Belajar juga terdapat konten yang bisa kamu gunakan untuk belajar dengan cara yang menarik. Dalam konten terdapat berbagai video dan audio yang digunakan untuk sarana belajar siswa.

Konten yang dibahas juga beragam materi yang berhubungan dengan sekolah seperti materi matematika limit trigonometri, materi kimia membedakan unsur, senyawa, dan campuran, dan juga ada konten materi untuk anak PAUD yang sangat lucu dan seru. 

10. Pena

Dalam fitur Pena berisi beragam artikel mengenai tips menarik untuk belajar. Banyak artikel yang memberi tips untuk belajar online yang akan bermanfaat bagi kamu sebagai pelajar. Selain itu ada juga artikel lain yang membahas hal lain seperi beragam metode dan model belajar.

Pena juga berisi informasi mengenai adanya kegiatan seminar atau webinar yang dapat kamu ikuti untuk menambah pengtahuan atau softskill kamu. Terdapat pula informasi berita terbaru seputar Rumah Belajar.

Ternyata ada aplikasi belajar online yang bisa kamu manfaatkan secara gratis. Kamu tidak perlu lagi bingung ketika kamu membutuhkan penjelasan materi tambahan di luar sekolah kamu, sekarang kamu sudah tahu aplikasi belajar online dari Kemdikbud RI yaitu Rumah Belajar.

Manfaatkanlah setiap fitur yang ada dengan baik agar dapat menunjang proses belajar kamu. Fitur yang ada tak hanya dapat dimanfaatkan untuk belajar tetapi juga untuk hiburan dan menambah pengetahuan umum kamu. Karena itu sebagai pelajar, aplikasi Rumah Belajar menjadi salah satu aplikasi yang wajib kamu miliki. 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Check Also

Ini Dia 8 Aplikasi Presentasi Aesthetic dan Menarik Untuk Mempercantik Tugasmu

Ketika sekolah pasti kamu pernah mendapat tugas untuk membuat Power Point bukan? Namun, ap…