7 Aplikasi Meeting Online Terbaik Selain Google Meet, Yuk Cobain!

Masa pandemi ini membuat siapapun termasuk kamu terpaksa untuk belajar secara online. Meski kurang nyaman, tetapi mau tak mau kamu harus menjalaninya untuk meneruskan pendidikan. 

Untuk mendukung proses belajar mengajar secara online, banyak sekolah mengupayakan berbagai cara agar siswa dapat menjalani proses dengan baik. Salah satunya dengan menggunakan aplikasi meeting online yang bisa digunakan untuk video call secara bersama-sama. Sehingga guru dan siswa dapat berinteraksi dengan baik.

Kali ini penulis akan membagikan beberapa rekomendasi aplikasi meeting online terbaik selain Google Meet yang mungkin sudah sering kamu gunakan. Yuk, simak ulasan di bawah ini ya.

Rekomendasi Aplikasi Meeting Online Terbaik

1. Cisco Webex Meetings

aplikasi meeting online

Cisco Webex Meeting sama seperti aplikasi meeting online lainnya yang dapat menghubungkan beberapa orang dalam bentuk video call. Fitur umumnya pun sama seperti fitur mute, camera, dan banyak lainnya. 

Kelebihan yang dimiliki Cisco Webex adalah memiliki beberapa fitur unggulan. Pertama fitur Remove background noise, fitur ini berfungsi untuk menghalau suara luar yang ada di sekitar kamu, sehingga yang masuk ke dalam meeting hanya suara kamu saja. Fitur ini sangat berguna ketika kamu melakukan meeting dengan suasana sedikit ramai. 

Cisco Webex juga bisa menerjemahkan bahasa asing di saat itu juga. Bahasa yang bisa diterjemahkan aplikasi ini sekarang sudah tercatat lebih dari 100 bahasa. Hal ini akan sangat berguna ketika kamu melakukan meeting dengan orang asing, sehingga kamu bisa mengerti apa yang mereka bicarakan tanpa repot mencari artinya atau terjemahan.

2. Online Meeting Video Conferencing

Online Meeting Video Conferencing juga menyediakan layanan untuk kamu dapat melakukan video call bersama siapa saja. Aplikasi ini tidak memberi batasan waktu untuk online meeting. Jumlah peserta yang dapat mengikuti online meeting di aplikasi ini pun mencapai 200 orang. 

Baca Juga:  Laporan Belajar Daring, Belajar Online di Rumah

Dengan aplikasi ini kamu bisa mengontrol siapa saja yang bisa masuk atau mengikuti meeting kamu, sebelum setiap orang dapat masuk, maka kamu diberi pilihan mau menerima atau menolak orang tersebut untuk masuk ke dalam meeting kamu. Sehingga dapat dipastikan bahwa meeting kamu aman dari orang asing.

Fitur unggulan dari aplikasi meeting online ini adalah fitur emoji. Fitur emoji dapat kamu gunakan ketika melakukan meeting online. Emoji yang diberikan dapat menjadi reaksi terhadap apa yang sedang dibahas. Hal seru ini bisa kamu lakukan bersama teman-temanmu.

3. Jitsi Meet

aplikasi meeting online

Aplikasi meeting online Jitsi Meet tidak akan memberi batasan pengguna ketika melaksanakan meeting online. Hal ini bisa kamu manfaatkan ketika kamu ingin melakukan video call atau meeting bersama banyak orang. Waktu pun tidak dibatasi, yang menjadi batasan dalam Jitsi Meet hanyalah server dan bandwith.

Untuk bisa mengikuti meeting di aplikasi Jitsi Meet kamu tidak perlu repot untuk membuat akun, kamu bisa langsung mengikutinya dengan mengatur nama kamu. Karena itu Jitsi Meet bisa disebut sebagai aplikasi meeting online yang cepat dan efisien, cocok untuk kamu yang tidak suka aplikasi dengan tahapan yang ribet.

Di aplikasi ini kamu juga bisa mengontrol siapa saja yang boleh masuk atau mengikuti meeting kamu. Karena dalam aplikasi ini ada pilihan untuk mengunci room atau tidak. Jika tidak maka siapa saja bisa masuk ke dalam meeting kamu dengan link atau password yang ada. Fitur ini cocok jika kamu ingin menambah kenalan atau teman.

4. Remote Meeting

Aplikasi Remote Meeting dapat diikuti hingga mencapai 100 orang, maka aplikasi ini cocok untuk kamu yang suka rapat atau video call dengan banyak orang. Selain itu, aplikasi ini juga mudah untuk digunakan tanpa kamu perlu mempelajari bagaimana caranya. Karena simbol fitur dalam aplikasi ini jelas dan sesuai fungsinya.

Baca Juga:  Kuasai Bahasa Asing dengan 12 Aplikasi Belajar Bahasa Asing Paling Efektif di Bawah ini!

Pengguna yang menggunakan laptop atau komputer dapat mengakses Remote Meeting dapat mengakses aplikasi ini tanpa harus menunduhnya. Pengguna dapat langsung memanfaatkannya dengan maksimal dalam web Remote Meeting. Pengguna handphone pun dapat menggunakan aplikasi ini dengan fitur lengkap seperti yang ada di laptop atau computer.

Dalam aplikasi ini juga tersedia fitur untuk dapat masuk ke suatu room meeting terbuka dengan berbagai bahasan. Jika kamu ingin menambah teman dan wawasan, maka kamu bisa memasuki salah satu room yang tersedia.

5. Go To Meeting

aplikasi meeting online

Go To Meeting memiliki fitur umum yang hampir sama dengan aplikasi meeting online lainnya. Namun, fitur unggul yang dimiliki aplikasi ini adalah kamu bisa menjadwalkan meeting jauh sebelum meeting dimulai. Jadwal yang kamu buat pun tertata dengan rapi seperti jadwal harian kamu. Untuk mengikuti atau memulainya pun kamu tinggal mengklik saja.

Aplikasi ini juga memiliki fitur commuter mode. Fitur ini dapat membantu kamu untuk meghemat data hingga 90%. Hal ini tentu menguntungkan kamu ketika dalam keadaan tidak bisa mengisi ulang daya atau menghemat data kamu. Fitur ini tentu juga praktis ketika kamu harus melakukan meeting di tengah perjalanan. Aplikasi meeting online ini wajib kamu miliki.

6. Uzmeet

Aplikasi online meeting Uzmeet dapat dilakukan dengan peserta global, karena aplikasi ini mencakup hingga lebih dari 200 negara. Sehingga aplikasi ini cocok untuk kamu yang akan melakukan meeting dengan orang di luar negara Indonesia. Kapasitas peserta aplikasi Uzmeet bahkan mencapai 100 orang yang pasti cukup untuk kamu melakukan meeting besar sekalipun.

Selain itu, aplikasi Uzmeet juga menyediakan fitur papan tulis yang bisa dilihat bersama. Sehingga ketika kamu ingin membahas sesuatu atau menjelaskan sesuatu kamu bisa memanfaatkan fitur ini sebagai alat bantu. Semua peserta yang bergabung dalam meeting juga dapat melihat apa yang kamu tulis atau gambarkan dalam papan tulis tersebut. 

Baca Juga:  Cara Download Aplikasi PhET Simulations

7. ZOOM Cloud Meetings

aplikasi meeting online

Aplikasi online meeting satu ini pasti sudah tidak asing lagi bagi kamu. Zoom meetings merupakan salah satu aplikasi yang sering digunakan oleh berbagai lembaga dan juga sekolah. Zoom meetings memang sudah terbukti memiliki fitur-fitur yang menyenangkan.

Akan tetapi, jika kamu tidak berlangganan premium, maka dalam aplikasi ini kamu akan diberlakukan pembatasan waktu meeting dan jumlah peserta. Nah, ini merupakan salah satu keuntungan lagi jika kamu berlangganan premium di Zoom.

Terdapat satu fitur baru yang menarik untuk digunakan meeting, yaitu fitur immersive view. Di fitur ini kamu bisa melakukan meeting seolah-olah berada di suatu ruangan. Ruangan yang ada berbentuk seperti virtual background namun semua peserta bisa menjadi satu di virtual background tersebut.

Itu dia berbagai aplikasi meeting online yang bisa kamu gunakan untuk meeting sekolah ataupun bersama teman-temanmu. Jika kamu bosan menggunakan Google Meeting. Hal ini juga akan membuat meeting kamu bersama orang lain terasa lebih menyenangkan dengan menggunakan fitur-fitur yang ada. 

Aplikasi meeting online ini juga bisa kamu manfaatkan untuk meningkatkan semangat belajar kamu. Ketika kamu sedang belajar kelompok kemudian mulai merasa ngantuk atau bosan, kamu bisa memanfaatkan fitur-fitur yang ada untuk meningkatkan lagi semangat belajar.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Check Also

Ini Dia 8 Aplikasi Presentasi Aesthetic dan Menarik Untuk Mempercantik Tugasmu

Ketika sekolah pasti kamu pernah mendapat tugas untuk membuat Power Point bukan? Namun, ap…