Ini Dia 4 Langkah Menggunakan Aplikasi Photomath dengan Mudah!

Hai kawan! Siapa disini yang suka sekali pelajaran Matematika? Apakah kamu salah satu orang yang suka banget sama pelajaran yang menantang ini? Dari tingkat SD hingga SMA, bahkan ketika TK ataupun kuliah, kamu pasti sudah menemui pelajaran matematika.

Giveaway

Akan tetapi, apakah kamu menyadari terkadang ketika sedang belajar matematika kamu mengalami kendala. Belajar matematika memang menyenangkan dan tidak membosankan, namun terkadang juga bisa menjadi sulit. Nah, kali ini penulis ingin membagikan salah satu aplikasi yang dapat membantumu dalam mengerjakan tugas matematika, yakni aplikasi Photomath.

Ada 4 langkah menggunakan aplikasi Photomath dengan mudah yang bisa kamu coba di rumah. Buat kamu yang tertarik bisa langsung cek ulasan di bawah ini ya teman-teman!

Langkah-langkah Menggunakan Aplikasi Photomath

1. Scan atau foto soal matematika

aplikasi photomath

Ketika membuka aplikasi photomath, kamu akan langsung menemui fitur kamera. Fitur kamera dalam aplikasi ini hanya dapat menggunakan kamera belakang, jadi lansgung saja arahkan kamera belakang kamu pada soal yang ingin kamu cari jawabannya. 

Dalam fitur kamera ini, kamu juga dibantu memfokuskan kamera pada soal yang mungkin terlihat kecil. Caranya adalah dengan arahkan kamerqa agar soal kamu bisa berada pas di tengah kotak merah yang tersedia pada layar. Disediakan juga fitur flashlight di sebelah kiri untuk membantu penerangan jika masih kurang. Jika kamu merasa sudah pas, langsung saja klik tombol merah yang ada di tengah bagian bawah.

Baca Juga:  Materi Matematika Kelas 11 Bab 7 Turunan

Setelah itu aplikasi akan melakukan scanning pada foto kamu. Namun, foto yang berada di luar kotak merah tadi, tidak akan ikut terscan, sehingga pastikan soal matematika kamu masuk dalam kotak merah tersebut. Oh ya! Perlu dicatat pula, photomath akan lebih mudah menemukan jawaban yang kamu butuhkan jika soal kamu dalam bentuk operasi matematika atau bukan bentuk soal cerita.

2. Lihat jawaban yang muncul

aplikasi photomath

Setelah aplikasi photomath melakukan scanning terhadap soal kamu, maka akan langsung tertera jawaban atas soal tersebut di layar. Awalnya jawaban tertera pada kotak kecil berwarna putih. Jawaban yang diberikan biasanya berupa jawaban paling akhir dan yang paling sederhana.

Kamu bisa melihat dan menganalisis jawaban tersebut. Jika kamu hanya membutuhkan jawaban akhirnya saja, maka kamu sudah selesai cukup sampai pada tahap ini saja. Namun, jika kamu ingin mengetahui langkah-langkah atau cara mendapatkan jawaban tersebut kamu bisa melanjutkan ke langkah yang selanjutnya. 

3. Lihat langkah atau cara secara umum

aplikasi photomath

Nah, langkah berikutnya dapat kamu lakukan jika kamu tidak paham hanya dengan melihat jawabannya, jadi kamu butuh untuk melihat cara pengerjaannya, atau bisa juga ketika kamu disuruh untuk mengerjakan soal beserta dengan caranya. 

Caranya sangat mudah ketika jawaban muncul, di bagian kotak yang sama dengan jawaban terdapat tulisan ‘’show solving steps’’ atau berarti perlihatkan cara penyelesaiannya. Klik saja tombol dengan tulisan tersebut, maka aplikasi akan langsung memperlihatkan cara yang digunakan untuk menyelesaikan persoalan matematika kamu. 

Dalam fitur cara penyelesaian atau solving steps ini cara pengerjaan dibagi menjadi beberapa bagian. Cara akan terbagi pada kotak-kota putih, dibagian kanan atas kotak putih terdapat tanda panah ke bawah yang bisa kamu klik. Ketika kamu klik tanda tersebut, akan menunjukkan cara pengerjaan yang digunakan untuk mendapatkan jawaban dari setiap langkahnya.

Baca Juga:  Aplikasi Latihan Soal SBMPTN Terbaik

4. Pelajari detail langkah terperinci

aplikasi photomath

Jika kamu masih belum paham setelah melihat cara yang diberikan, tenang saja masih ada langkah selanjutnya. Kamu masih bisa melihat penjelasan cara pengerjaan secara lebih detail. 

Klik saja tombol merah dibagian bawah dengan tulisan ‘’explain steps’’ atau yang berarti penjelasan mengenai langkah-langkah yang ada. Fitur ini akan berupa penjelasan mengenai langkah atau cara yang digunakan. Bagaimana bisa seperti itu dan terkadang diberikan contoh pengerjaannya. Jadi dijamin kamu akan paham setelah melihat penjelasan langkah yang diberikan. 

Selain itu, jika kamu buka penjelasan pada setiap langkah, juga terdapat tombol ‘’explain how’’ yang bisa kamu klik untuk melihat penjelasan cara pengerjaan yang sama. Penjelasan yang diberikan memang dibagi pada setiap langkah yang tadi sudah tertera. 

5. Fitur kalkulator

aplikasi photomath

Selain dengan cara memfoto soal, aplikasi photomath ini juga menyediakan fitur kalkulator yang dapat kamu gunakan. Tentu saja, kalkulator yang ada di aplikasi ini berbeda dengan kalkulator lain seperti yang ada di gadget kamu biasanya. Kalkulator ini lebih memiliki banyak fitur, mulai dari operasi fungsi, integral, hingga limit. Sehingga kamu bisa menghitung operasi matematika secara cepat menggunakan kalkulator ini.

Fitur ini terletak pada bagian fitur kamera. Ketika kamu membuka aplikasi yang muncul adalah fitur kamera, kamu bisa melihat fitur kalkulator pada bagian kiri bawah. Pada kalkulator terdapat tombol angka dan berbagai tanda operasi matematika. Kemudian di bagian kiri atas terdapat symbol fungsi dan integral yang dapat kamu klik untuk membuka fitur alat hitung lainnya. Ada pula tombol untuk huruf disebelah tombol fungsi dan integral.

6. Cara mengubah bahasa

aplikasi photomath
International business concept with a computer keyboard and world flags on a globe 3D illustration.

Ketika kamu pertama kali mengunduh aplikasi photomath, aplikasi akan menggunakan bahasa inggris sebagai bahasa pengantar. Jika kamu merasa kebingungan membaca penjelasan matematika menggunakan bahasa inggris, kamu bisa mengubah bahasa pengantar menjadi bahasa Indonesia atau bahasa lain yang biasa kamu gunakan.

Baca Juga:  Materi Matematika Kelas 8 Bab 10 Peluang

Cara mengubahnya yaitu pada fitur kamera di bagian kiri atas terdapat tiga garis yang bisa kamu klik. Kemudian akan muncul berbagai pilihan seperti sign in, language, help center, dan about us. Pilih fitur language kemudian cari dan pilih bahasa yang akan kamu gunakan dan klik tombol oke di bagian bawah. Setelah selesai, aplikasi akan secara otomatis kembali ke bagian fitur kamera dan bahasa pengantar sudah terganti.

Benar, kan? Mudah dan bermanfaat penggunaan aplikasi photomath ini. Fitur yang lengkap dan mudah digunakan dapat membantu kamu dalam belajar dan mengerjakan soal matematika. Selain memberikan solusi berupa jawaban, aplikasi photmath juga kasih tahu kamu cara-cara pengerjaannya. Sehingga, belajar matematika jadi lebih mudah dan kamu jadi lebih semangat untuk belajar. 

Sekarang sudah tidak ada lagi alasan matematika sulit atau tidak ada yang mengajari. Hanya dengan satu aplikasi kamu sudah bisa tahu solusi serta cara pengerjaannya yang dapat digunakan untuk belajar. Yuk, semangat terus untuk belajar matematika yang menantang dan menyenangkan ini!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Check Also

Ini Dia 8 Aplikasi Presentasi Aesthetic dan Menarik Untuk Mempercantik Tugasmu

Ketika sekolah pasti kamu pernah mendapat tugas untuk membuat Power Point bukan? Namun, ap…