10 Rekomendasi Buku Bertema Lingkungan Terbaik Sepanjang Tahun 2021! Ada Buku untuk Jurusan Teknik Lingkungan juga

Halo teman-teman! Kerasa ga sih, kalau belakangan hari ini udara makin panas aja? Atau tiba-tiba aja nih, hujan deras banget padahal pagi tadi masih cerah-cerah aja? Nah, kali ini guys, penulis ingin membagikan beberapa rekomendasi buku bertema lingkungan. Kamu yang tertarik jadi aktivis lingkungan, wajib banget membaca daftar buku di bawah ini.

Oh iya, berbagai rekomendasi buku di bawah ini juga penulis tujukan khususnya untuk kamu yang kini masuk ke jurusan teknik lingkungan. So, kira-kira ada judul apa aja sih? Yuk, langsung simak ulasannya di bawah ini ya teman-teman.

Rekomendasi Buku Bertema Lingkungan

1. The Uninhabitable Earth Karya David Wallace-Wells

rekomendasi buku bertema lingkungan

Rekomendasi buku bertema lingkungan yang pertama menjadi salah satu terlaris sepanjang tahun 2021 ini guys. Buku ini berjudul The Uninhabitable Earth atau dalam Bahasa Indonesia berarti Bumi Yang Tak Dapat Dihuni.

Singkatnya, buku ini bercerita tentang bagaimana kehidupan manusia pada mulanya. Mulai dari bertani, berternak, sampai masa revolusi industri di mana teknologi mulai mendapat tempat di masyarakat kita. Nah, salah satu dampak dari kemajuan teknologi ialah emisi karbon yang akan menaikkan suhu bumi dari tahun ke tahun.

Akan ada banyak bencana alam terjadi apabila manusia tetap tidak memedulikan lingkungan. Ga hanya itu, The Uninhabitable Earth juga memberikan berbagai kisah sampai riset yang tak kalah menarik. Jujur, buku ini bagus banget guys. Highly recommended banget!

Baca Juga:  8 Rekomendasi Buku Filsafat untuk Mahasiswa Baru yang Wajib Banget Dibaca

2. Silent Spring Karya Rachel Carson

Next, rekomendasi buku bertema lingkungan kali ini berjudul Silent Spring karya Rachel Carson. Tahun lalu, di bulan yang sama, penulis sedang membaca buku ini sampai dua kali karena isinya yang super menarik.

Buku ini bercerita mengenai lingkungan kita yang tercemar akibat pestisida sintetis. Kamu ga akan menyangka guys, kalau sedikit pestisida saja mampu membunuh tidak hanya hama melainkan juga rantai makanan sampai ekosistem kehidupan manusia.

Akan ada efek domino berkelanjutan yang terjadi dari sebuah pestisida sintetis, khususnya DTT. Bahkan manusia sebagai pengguna sekaligus pencipta akan mendapatkan dampak terbesar dari sebuah pestisida. So far, buku ini memang bagus banget dan mind blowing guys.

3. For the Love of Soil Karya Nicole Masters

rekomendasi buku bertema lingkungan

For the Love of Soil menjadi rekomendasi buku bertema lingkungan berikutnya. Buku ini bercerita mengenai produksi pangan milik manusia dan bagaimana tanah menjadi satu-satunya sumber untuk segala kebutuhan manusia.

Sayangnya, seringkali manusia melupakan bagaimana cara merawat kesehatan tanah yang telah menjadi produsen bagi banyak kebutuhan. Buku ini akan berfokus pada bagaimana perkembangan pertanian dan bagaimana cara memproduksi pangan dengan tepat sekaligus merawat tanah itu sendiri.

4. The Overstory Karya Richard Powers

Oke, kalau tadi penulis sudah share beberapa buku non-fiksi maka rekomendasi buku bertema lingkungan kali ini akan sedikit berbeda. The Overstory karya Richard Powers merupakan sebuah novel bertema alam yang dikemas dengan sederet konflik manusia.

Novel ini mengangkat kisah sembilan orang, yakni Adam, Mimi, Patricia, Douglas, Nicholas, Olivia, Ray, Dorothy, dan Neelay. Kesembilan orang ini memiliki permasalahannya sendiri dengan latar belakang yang berbeda.

Akan tetapi, terdapat persamaan yang menghubungkan mereka satu sama lain yaitu keprihatinan mengenai deforestasi dan penebangan liar. Novel ini akan menyajikan pemandangan terbaik dari kisah manusia dengan alam. Penulis sangat merekomendasikan novel ini untuk akhir pekanmu nanti.

Baca Juga:  6 Platform Menulis Cerpen dan Novel Yang Patut Kamu Coba

5. Penguin X Earthrise Studio

rekomendasi buku bertema lingkungan
Sumber: earthrise.studio

Rekomendasi buku bertema lingkungan berikutnya diterbitkan oleh penguinbooks yang berkolaborasi dengan salah satu komunitas lingkungan asal London, yakni Earthrise Studio. Organisasi ini didirikan oleh seorang aktivis lingkungan terkenal yaitu Jack Harries (bersama partner dan saudara laki-lakinya).

Kolaborasi ini menghasilkan 20 buku menarik yang mengangkat tema lingkungan. Ga hanya itu guys, berbagai buku tersebut juga ditulis oleh orang-orang terkenal, seperti Greta Thunberg sampai Rachel Carson.

Kumpulan buku ini menarik banget untuk dibaca dan cukup worth it untuk dibeli guys. Ada banyak insight baru seputar lingkungan dan bumi di masa depan yang sayang banget untuk dilewatkan.

6. Mikrobiologi Lingkungan Karya Lud Waluyo

Nah, kalau rekomendasi buku bertema lingkungan di atas umumnya berasal dari genre non-fiksi atau fiksi maka kini saatnya penulis membagikan beberapa buku untuk kamu yang masuk ke jurusan teknik lingkungan.

Buku pertama adalah Mikrobiologi Lingkungan karya Lud Waluyo. Buku ini berisi pengantar sampai penjelasan mikrobiologi yang cukup komprehensif untuk dibaca seorang mahasiswa. So, pastikan kamu sebagai mahasiswa baru memiliki buku satu ini ya guys.

7. Ilmu Tanah (Dasar-dasar Pengolahan)

rekomendasi buku bertema lingkungan

Kalau ngomongin teknik lingkungan, maka ga jauh-jauh kita membicarakan mengenai tanah. By the way, salah satu mata kuliah di jurusan teknik lingkungan juga mengenai tanah dan pengolahannya guys.

Jadi, penulis menyarankanmu untuk membaca buku berjudul Ilmu Tanah (Dasar-Dasar Pengolahan) yang ditulis oleh beberapa profesor kenamaan di bidang science. Di dalamnya kamu akan diajak untuk menelusuri bagaimana manusia memiliki dampak yang besar terhadap tanah sampai perubahan iklim.

8. Dasar-dasar Ilmu Lingkungan

Ga afdol dong kalau masuk ke jurusan teknik lingkungan, tetapi ga membahas buku mengenai dasar-dasar lingkungan? Yap, rekomendasi buku bertema lingkungan kali ini berjudul Dasar-dasar Ilmu Lingkungan karya Arif Zulkifli.

Baca Juga:  10 Rekomendasi Karya Sastra Indonesia Terbaik yang Wajib Kamu Baca Sebagai Penggemar Sastra!

Buku ini secara sederhana akan membawamu untuk mengenal apa itu lingkungan, komposisi di dalamnya, sampai aspek atau faktor yang memengaruhinya. Bagi kamu yang hendak masuk jurusan teknik lingkungan atau menjadi mahasiswa baru, maka wajib banget memiliki buku ini nih.

9. Rekayasa Lingkungan

rekomendasi buku bertema lingkungan
Sumber: anakteknik.co.id

Yup, salah satu mata kuliah yang akan kamu temui di jurusan teknik lingkungan ialah rekayasa lingkungan. Jurusan ini akan membahas berbagai cara untuk membangun suatu konstruksi dengan memedulikan berbagai dampak negatif atau postif yang akan ditimbulkan.

Untuk memaksimalkan pemahamanmu mengenai rekaya lingkungan, maka penulis sarankan untuk membaca buku berjudul Rekayasa Lingkungan (Menyambut Hidup Lebih Berkualitas). Buku ini diterbitkan oleh penerbit Deepublish atau bisa kamu beli melalui berbagai e-commerce.

10. Pencemaran Udara (Penerbit ITB)

Rekomendasi buku bertema lingkungan yang terakhir berjudul Pencemaran Udara. Buku ini diterbitkan oleh ITB dan berasal dari berbagai karya ilmiah dari Dr. Ir. Moestikahadi.

Secara kesuluruhan buku ini memang worth it banget untuk dibaca karena sifatnya berupa penelitian dan kajian. Oh iya, kamu yang hendak menghadapi skripsi juga bisa banget nih menjadikan buku ini sebagai salah satu rujukan.

Nah, itu tadi 10 rekomendasi buku bertema lingkungan yang menarik banget untuk dibaca gengs. Mulai dari fiksi, non-fiksi, sampai buku yang digunakan mahasiswa teknik lingkungan, semuanya lengkap. Bisa kamu pilih sesuai kebutuhanmu gengs.

Oke, sekian dulu artikel kali ini. Penulis harap kamu tetap semangat belajar dan jangan pernah berhenti untuk meraih mimpimu ya gengs. So, selamat membaca juga!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Check Also

6 Rekomendasi Novel Sastra Jepang Terbaik yang Wajib Dibaca Mahasiswa!

Halo teman-teman semua! Siapa nih di antara kamu yang gemar membaca buku-buku sastra? Yap,…