Ini Dia 5 Tips Belajar UTBK 2022 dalam Waktu Empat Bulan, Dijamin Lolos PTN Impian!

Hai teman-teman semua! Ga terasa ya, 2 bulan lagi kita akan memasuki tahun baru 2022. Itu tandanya berbagai ujian di semester dua akan segera kamu hadapi, tak terkecuali UTBK yang biasanya dilaksanakan pada bulan April-Mei. Kira-kira kamu sudah siap belum?

Kebetulan banget guys, kali ini penulis akan membagikan beberapa tips belajar UTBK 2022 khusus untuk kamu yang kini duduk di bangku kelas 12 atau kamu yang memilih gap year. Penasaran? Yuk, langsung kepoin ulasan di bawah ini ya guys!

Daftar Isi

Tips Belajar UTBK 2022

1. Membulatkan Tekad dan Target

tips belajar utbk

Hal paling pertama yang wajib kamu lakukan ialah membulatkan tekad sekaligus membuat target. Di akhir tahun 2021 ini, penulis sangat menyarankan agar setiap dari kamu sudah memiliki pilihan jurusan yang diinginkan.

Tak lupa, kamu memilih juga universitas negeri yang menjadi incaran. Kamu bisa melakukan riset kecil-kecilan untuk mengetahui passing grade dari PTN tersebut atau rata-rata skor UTBK di jurusan universitas yang kamu inginkan.

Setelah mengetahui jurusan dan PTN yang diinginkan, jangan lupa untuk membuat target guys. Buatlah target dan motivasi belajar, lalu tempel di berbagai tempat yang dapat kamu lihat selalu. Misalnya, meja belajar, depan cermin, dinding depan kasur, atau menjadi walpaper smartphone kamu.

2. Belajar Sedini Mungkin

tips belajar utbk

Tips belajar UTBK berikutnya ialah belajar sedini mungkin. Tepat setelah membaca artikel ini, penulis harap kamu langsung mempraktekkan berbagai tips yang ada. Oh iya, untuk menghadapi UTBK sendiri kamu wajib memegang prinsip “belajar cerdas”.

Baca Juga:  Cara Daftar Ruangguru Paket Ruangbelajar

Belajar cerdas sendiri tidak memerlukan ribuan halaman yang harus dihafal atau satu materi yang berasal dari satu paket, bukan guys. Melainkan, kamu bisa belajar melalui rangkuman yang ada. Pahamilah konsep dari masing-masing materi, bukan hanya menghafal materi saja.

3. Bimbel Online

tips belajar utbk

Yap, tips belajar UTBK kali ini memang worth it banget untuk dipraktekkan. Penulis sangat menyarankan agar kamu mengikuti bimbingan belajar guys. Oh iya, kamu ga harus mengikuti bimbel secara offline kok. Kini ada banyak bimbel online super keren yang bisa kamu ikuti secara online.

Mengikuti bimbel sendiri memberikanmu banyak manfaat daripada belajar secara mandiri. Pertama, pola dan materi yang kamu pelajari akan lebih terarah. Kedua, kamu bisa menanyakan langsung kepada tutor mengenai materi atau soal yang sulit. Ketiga, dengan mengikuti bimbel kamu bisa berdiskusi sekaligus bertukar materi dengan banyak pelajar Indonesia.

4. Mengikuti Try out

tips belajar utbk

Selain belajar berbagai materi kini saatnya kamu mengasah ingatan dan pemahaman melalui try out. Tips belajar UTBK satu ini bisa kamu lakukan di manapun guys. Umumnya, bulan-bulan mendekati UTBK akan ada banyak try out yang bisa kamu kerjakan secara online.

Lumayan guys, kamu bisa mempertajam kemampuan sekaligus melatih mental dalam menghadapi UTBK. FYI, salah satu kunci sukses UTBK ialah memperbanyak soal. Semakin banyak soal, semakin sering kamu menemui variasi soal, maka semakin matang dan tajam pemahamanmu terhadap materi yang diujikan.

5. Menerapkan Sistem Belajar Podomoro

tips belajar utbk

Hampir saja kelewatan, untuk tips belajar UTBK kali ini bisa kamu terapkan ga hanya ketika menghadapi ujian aja, melainkan juga saat belajar harian. Yap, sistem belajar podomoro. Siapa nih di antara kamu yang masing asing dengan kata ini?

Baca Juga:  Cara Bayar Ruangguru Lewat Bank BRI

Oke, sistem belajar podomoro merupakan sebuah sistem di mana selama 25 menit kamu akan belajar atau mengerjakan tugas secara fokus. Kemudian, kamu dapat beristirahat selama 5 menit. Lalu belajar secara fokus lagi selama 25 menit.

Ketika kamu sudah belajar selama 100 menit, maka sediakan 10-15 menit untuk beristirahat panjang. Setelahnya kamu bisa melanjutkan belajar lagi. By the way, sistem belajar satu ini memang ampuh banget. Ga hanya itu, belajar selama 100 menit, dijamin ga terasa sama sekali guys.

Nah, itu tadi beberapa tips belajar UTBK 2022 yang bisa kamu terapkan mulai sekarang. Bagaimana guys? Mudah bukan. Penulis harap, UTBK jangan dijadikan sebagai beban melainkan suatu proses agar kamu lebih berkembang.

Selain itu, pastikan agar kamu tetap bisa healing atau refreshing ya. Jangan sampai di tengah-tengah belajar atau bahkan H-7 ujian, kamu malah burn out dan merasa down. So, selain belajar maka perhatikan juga mental health kamu. Percaya guys, pasti ada jalan terbaik untukmu. Semangat!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Check Also

3 Fasilitas Menarik di Bimbel Persiapan Tes Skolastik Bersama Ruangguru

Hai guys, gimana nih kabarnya? Kabar baik disana ya! Nah, di kesempatan kali ini, aku mau …