Kamu Perlu Tahu, Inilah Prospek Kerja Lulusan Psikologi

Tidak terasa ya sebentar lagi sudah masuk kuliah bagi calon mahasiswa baru. Mungkin diantara kamu ada yang ingin masuk atau bahkan kini sudah menjadi mahasiswa jurusan Psikologi. Pernah nggak sih kamu bertanya-tanya, kira-kira nanti setelah lulus dari kuliah di jurusan Psikologi kamu mau kerja jadi apa?

Jika kamu masih belum ada gambaran, berikut ini adalah rangkuman mengenai prospek kerja bagi lulusan Psikologi. Yuk simak dengan baik ya!

Prospek Kerja Lulusan Psikologi

prospek kerja lulusan psikologi
Photo by Gabby K on Pexels.com

1. HRD (Human Resources Development)

Pekerjaan yang pertama adalah HRD. Pekerjaan ini sangat diminati oleh lulusan Psikologi. Pekerjaan JJRD sangat membutuhkan lulusan Psikologi. HRD ini berkaitan dengan sumber daya manusia yang ada di sebuah perusahaan. Di Indonesia, hampir semua perusahaan membutuhkan HRD.

Beberapa pekerjaan yang harus dikerjakan oleh HRD pada beberapa bagian diantaranya:

  • Proses rekrutmen karyawan dari hulu sampai hilir, dari proses seleksi hingga tes psikologi dan interview.
  • Melakukan training untuk pemenuhan kompetensi karyawan, termasuk program peningkatan karyawan.
  • Bekerja dengan operasional karyawan seperti absensi dan klaim penyembuhan.
  • Pengupahan karyawan atau payroll. Termasuk bonus, privilege untuk karyawan lain.

2. Konselor

Lulusan Psikologi juga dapat bekerja sebagai seorang konselor. Konselor adalah orang yang memberikan konseling kepada klien. Bisa konselor di perusahaan untuk karyawan yang membutuhkan konsultasi, konselor di Lembaga Swadaya Masyarakat (LSM) atau NGO untuk menangani konseling mulai dari anak-anak, remaja, hingga orang tua atau yang berfokus pada gender.

3. Psikolog

Prospek kerja bagi lulusan Psikologi selanjutnya adalah dengan menjadi psikolog. Seseorang yang ingin menjadi psikolog harus memenuhi kualifikasi jenjang S2 Psikologi serta wajib untuk mengambil jurusan Psikologi Klinis. Jika telah selesai menempuh pendidikan S2 Psikologi Klinis, kamu bisa bekerja di rumah sakit.

Baca Juga:  Daftar PTN S1 Psikologi Terakreditasi A di Indonesia

Ketika bekerja sebagai psikolog di rumah sakit, masalah dan pasien yang kamu tangani adalah pasien yang mempunyai masalah kejiwaan atau anak-anak yang mengalami terhambatnya perkembangan mental. Kamu akan membantu dalam memberikan konseling dan pendampingan, namun kamu tidak berhak memberikan resep obat kepada pasien tersebut.

4. Guru Bimbingan Konseling

Lulusan Psikologi dapat berkarir di bidang pendidikan yaitu sebagai guru Bimbingan Konseling atau guru BK. Pekerjaan ini cukup menjanjikan. Kamu bisa mendaftar sebagai guru BK untuk memberikan konseling kepada siswa mulai dari Pendidikan Anak Usia Dini, Sekolah SD, SMP, SMA/SMK.

Jika kamu ingin menjadi guru BK di sekolah negeri, maka kamu harus lolos seleksi CPNS terlebih dahulu. Tidak hanya sekolah negeri saja, kamu juga bisa mendaftar sebagai guru BK di sekolah swasta. Guru BK memberikan tuntunan dan konseling kepada siswa terkait dengan permasalahan siswa seperti kendala belajar.

5. Dosen Psikologi

Jika kamu tertarik untuk mengajar atau berkarir di bidang pendidikan, kamu bisa bekerja sebagai dosen. Namun, untuk bekerja sebagai dosen, kamu harus lulus dari pendidikan S2 Psikologi terlebih dahulu. Menjadi dosen Psikologi juga ada banyak pilihannya lho. Kamu dapat berfokus pada bagian secara umum, sosial, klinis, perubahan, dan tingkah laku industri.

6. Terapis anak berkebutuhan khusus

Salah satu karir atau prospek kerja dari lulusan Psikologi adalah sebagai terapis anak berkebutuhan khusus yang bertugas untuk mengamati perkembangan anak. Selain itu, terapis anak berkebutuhan khusus juga bertugas untuk meningkatkan kemandirian anak berkebutuhan khusus sehingga anak tersebut bisa melakukan aktivitasnya sendiri. Sehingga, sebisa mungkin anak tersebut bisa tumbuh sebagai manusia pada umumnya.

7. Guru sekolah kepribadian

Jika kamu mempunyai passion di bidang pendidikan dan sekolah, kamu bisa bekerja sebagai guru sekolah kepribadian. Menjadi guru sekolah kepribadian berbeda dengan menjadi guru pada umumnya.

Baca Juga:  Ini Dia 10 Rekomendasi Buku Psikologi yang Wajib Dibaca MABA! Mulai dari Fiksi Sampai Non-Fiksi

Guru sekolah kepribadian perlu mengajarkan kepada siswa agar lebih sensitif terhadap respon yang ada di sekelilingnya, pandai menilai reaksi dan respon manusia dalam tingkah laku, melatih pengembangan diri siswa, meningkatkan rasa kepercayaan diri pada siswa.

8. Research and Development (RND)

Ada peluang lainnya yang bisa kamu wujudkan menjadi salah satu pekerjaan impianmu, yaitu di bidang penelitian dan riset. Lulusan Psikologi bisa bekerja di bidang research and development (RND). Pekerjaan yang kamu lakukan berkaitan dengan pengembangan produk.

Kamu bertugas untuk memperhatikan aspek apa saja yang berkaitan dengan pengembangan produk, seperti target market, demografi, perilaku penggunaan pada konsumen, tingkat kepuasan, hingga efek penggunaan produk.

9. Konselor karir

Prospek kerja selanjutnya bagi lulusan Psikologi adalah menjadi konselor karir. Tugasnya adalah memberikan konseling kepada klien yang akan memilih pekerjaan. Tidak hanya untuk bagi orang yang akan bekerja saja, tetapi kamu juga bisa memberikan konseling kepada klien yang bingung untuk memilih tempat kuliah atau pendidikan selanjutnya. Mengapa ini penting? Karena pada umumnya seseorang akan memikirkan kelak akan bekerja apa setelah menempuh pendidikan.

10. Trainer

Karir atau prospek kerja yang bisa kamu pilih jika kamu adalah lulusan Psikologi adalah sebagai trainer. Tanggung jawab seorang trainer adalah memberikan training kepada seseorang atau karyawan pada perusahaan atau lembaga tertentu.

Kalau kamu orang yang hobi memberi pelatihan dan mempunyai kemampuan public speaking yang bagus, maka karir ini akan cocok untukmu. Training yang diberikan oleh seorang trainer adalah berkaitan dengan motivasi, pengembangan diri, peningkatan kualitas diri sehingga pekerjaan yang dilakukan dapat selesai dengan tepat dan cepat.

11. Translator buku psikologi dan keilmuan

Latar belakang pendidikan Psikologi bisa membantu kamu untuk berkarir sebagai translator buku psikologi. Pada umumnya, buku-buku yang berkaitan dengan Psikologi mempunyai istilah dari bahasa Latin atau bahasa lainnya yang dalam penggunaannya perlu untuk diterjemahkan artinya oleh orang yang mempunyai latar belakang pendidikan yang sesuai. Dengan latar pendidikan yang sesuai, maka hasil terjemahan buku bisa lebih kredibel lagi.

Baca Juga:  10 Alasan Kenapa Memilih Jurusan Psikologi

12. Penulis jurnal Psikologi internasional dan buku kredibel

Peluang kerja bagi lulusan psikologi selanjutnya adalah sebagai penulis buku atau jurnalis. Jika kamu adalah seorang psikolog profesional yang sudah berpengalaman maka akan semakin besar peluangnya. Pada umumnya, ahli psikolog akan membuat buku maupun jurnal terkait perkembangan dunia psikologis.

13. Headhunter

Prospek kerja bagi lulusan Psikologi yang lagi ngehits adalah sebagai headhunter. Pada umumnya, tugasnya hampir sama dengan perekrut pekerjaan. Headhunter bersama dengan perekrut bekerja sama untuk membantu perusahaan untuk mendapatkan kandidat karyawan yang berkualitas dan layak untuk dipekerjakan.

Bedanya, headhunter bekerja di sebuah organisasi yang menawarkan jasa pencarian kandidat karyawan kantoran yang berkualitas. Sementara perekrut pada umumnya bekerja di sebuah perusahaan yang tugasnya untuk mencari kandidat karyawan sesuai kebutuhan perusahaan.

14. Konsultan SDM

Bagi kamu yang bercita-cita sebagai konsultan, kamu yang merupakan lulusan psikologi bisa bekerja sebagai konsultan SDM atau konsultan sumber daya manusia di sebuah perusahaan. Tugas utamanya adalah memberikan saran maupun solusi kepada perusahaan. Baik perusahaan yang baru mau memulai bisnisnya ataupun yang sudah berjalan.

15. Staf Ahli

Staf ahli adalah salah satu pekerjaan yang menjanjikan bagi lulusan Psikologi, hanya saja kamu harus sudah berpengalaman dan punya jam terbang yang tinggi serta kemampuan khusus untuk menjadi seorang staf ahli. Kamu bisa bekerja di perusahaan swasta, perusahaan bonafit, BUMN, bahkan Kementerian lho.

16. General affairs

Bagi kamu yang merupakan lulusan S1 atau S2 Psikologi, kamu bisa mencoba bekerja di bidang general affairs perusahaan. Tugas utama posisi ini adalah menjalankan program operasional perusahaan. Misalnya, membantu divisi HRD dan pembelian peralatan kantor.

Nah itulah beberapa prospek kerja lulusan Psikologi. Sekarang sudah ada banyak gambaran kan nanti mau kerja jadi apa setelah lulus? Jangan lupa bagikan informasi ini kepada teman-temanmu ya. Semoga bermanfaat.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Check Also

10 Tips untuk Lolos Interview Beasiswa yang Wajib Kamu Ketahui

Bagi seorang mahasiswa, mendapatkan program beasiswa merupakan hal yang sangat diimpikan b…