Ini Dia 10 Rekomendasi Buku Psikologi yang Wajib Dibaca MABA! Mulai dari Fiksi Sampai Non-Fiksi

Musim perkuliahan telah tiba nih, apa kabar kamu semua? Apakah kamu sudah mulai masuk kuliah atau baru Ospek aja? Yap, sebagian dari pelajar Indonesia kini sedang memulai perkuliahan baik secara daring atau hybrid (separuh offline dan online).

Nah, berhubung perkuliahan udah mulai aja, kali ini penulis mau membagikan beberapa rekomendasi buku psikologi yang wajib dibaca oleh mahasiswa baru nih. Penasaran? Yuk, langsung simak ulasan di bawah ini ya.

Rekomendasi Buku Psikologi yang Wajib Dibaca MABA

1. 24 Wajah Billy Karya Daniel Keyes

rekomendasi buku psikologi
Sumber: goodreads.com

Siapa nih di antara kamu yang udah pernah lihat film ‘Split’? Atau film kelanjutan dari Split berjudul Glass yang rilis tahun 2019 kemarin. Yap, buat kamu penggemar film thriller-psychology pasti udah ga asing dengan judul tersebut.

FYI, film tersebut terinspirasi dari kisah nyata yang dialami Billy. Kisah hidup Billy ini ditulis dalam bentul novel yang berjudul 24 Wajah Billy karya Daniel Keyes. Oh iya, penulis sendiri sudah pernah membaca novel ini gengs.

Bukunya memang cukup tebal, sekitar 700 halaman guys. Eits, walaupun cukup tebal, tetapi buku ini worth it banget lho buat dibaca. Singkatnya, buku ini bercerita mengenai tokoh bernama Billy yang mengidap kepribadian ganda.

2. Theraphy Karya Sebastian Fitzek

Rekomendasi buku psikologi yang kedua ialah Theraphy karya Sebastian Fitzek. Oh iya, sebagai permulaan maka penulis cantumkan 2 novel bertema psikologi dulu ya. Nah, buku ini cocok banget untuk kamu penggemar psychology-thriller.

Baca Juga:  Cara Menyusun Novel Remaja

Berlatar belakang di Berlin, novel ini bercerita mengenai seorang psikiater terkenal bernama Victor Lorenz yang kehilangan putrinya. Putrinya hilang saat hendak berobat menuju sebuah klinik alergi.

Dari sinilah, serangkaian kejanggalan akan hilangnya sang putri membaca Victor menuju sebuah rahasia luar biasa yang bisa membuatmu geleng-geleng kepala. To be honest, penulis menyelesaikan novel ini hanya dalam 2 hari gengs. Terlalu seru untuk dilewatkan.

3. The Social Animal Karya Elliot Aronson

rekomendasi buku psikologi
Sumber: Amazon

Next, kita beralih ke genre non-fiksi. Rekomendasi buku psikologi kali ini wajib banget untuk dibaca kamu mahasiswa baru di psikologi atau kejiwaan. Buku ini memberikanmu gambaran sederhana mengenai apa itu psikologi.

Meskipun diterbitkan tahun 1972, buku ini tetap relevan sampai kini lho. Oh iya, buku ini menggunakan Bahasa Inggris sebagai bahasa utama ya guys. Namun, jangan khawatir karena Bahasa Inggris dalam buku ini mudah banget dimengerti.

Bahkan gambaran atau analogi yang dituliskan sangat relevan dengan keadaan zaman sekarang. Highly recommended banget untukmu gengs.

4. Thinking Fast and Slow Karya Daniel Kahneman

Pertama-tama, penulis mau memberitahumu bahwa buku ini memenangkan Nobel Prize dalam kategori ekonomi guys. Nah, terus apa hubungannya dengan ilmu psikologi? Yap, karena isi buku ini membahas tentang perilaku ekonomi manusia sampai saat ini.

Buku ini dibagi ke dalam 5 bagian menarik tentang manusia dan keuangan. Mulai dari sistem pemikiran manusia, heuristik, kepercayaan diri, pilihan, dan dualisme dalam diri sendiri. Thinking Fast and Slow juga sangat menarik untuk dikaji lebih lanjut guys.

Buku ini ga hanya memberikan gambaran atau analogi dalam kehidupan sehari-hari yang berkaitan dengan ekonomi atau investasi, melainkan juga serangkaian riset panjang yang cocok untuk menjadi riset atau penelitian akademis.

5.The Happiness Hypothesis Karya Jonathan Haidt

rekomendasi buku psikologi
Sumber: goodreads.com

Yup, rekomendasi buku psikologi kali ini ditulis oleh seorang psikolog sekaligus professor dari Universitas New York. Tulisan ini keren banget untuk dibaca, khususnya bagi kamu yang tertarik mendalami tentang arti dari sebuah kebahagiaan.

Baca Juga:  Download Buku Guru dan Siswa Kelas 12 K13 Revisi 2018

Haidt merunut asal mula atau sejarah kebahagiaan dari sejak lama sampai bagaimana sebuah kebahagiaan itu bisa muncul. Buku ini sendiri terdiri dari 11 bab yang tergabung dalam 320 halaman menarik.

Kamu yang tertarik mendalami psikologi sosial dan moral manusia akan sangat tertarik untuk membaca buku ini. Mulai dari diri sendiri, kehidupan bersama orang lain, sampai konsep kebaikan dan kebahagiaan, akan dikupas secara mendalam dalam buku ini.

6. Sapiens Karya Yuval Noah

Rekomendasi buku psikologi kali ini tentunya sudah ga asing lagi di telingamu bukan? Mulai dari akhir tahun 2020 sampai pertengahan 2021, buku karya Yuval Noah ini mendadak booming kembali.

Padahal buku ini sudah diterbitkan pada tahun 2011 (dalam Bahasa Ibrani) dan kembali dicetak dalam Bahasa Inggris pada tahun 2014. Yap, buku ini ga hanya membahas seputar antropologi atau sejarah manusia aja lho gengs.

Secara tajam dan mendalam, Yuval Noah mengupas perspektif psikologi atau sisi kejiwaan manusia juga. Bagaimana awal mula kehidupan sampai berbagai sejarah yang ditinggalkan. Buku ini highly recommended banget buat dibaca.

7. Pengantar Umum Psikologi Karya Sarlito W. Sarwono

rekomendasi buku psikologi
Sumber: goodreads.com

Setelah menjelajahi berbagai buku fiksi maupun non-fiksi bertema psikologi, kali ini penulis akan memberikan rekomendasi buku psikologi yang wajib banget dibaca oleh mahasiswa baru.

Pengantar Ilmu Psikologi akan menjadi mata kuliah utamamu di semester 1. Nah, biasanya dosen akan memintamu membeli atau mendownload buku mengenai pengantar ilmu psikologi.

Ada dua kemungkinan gengs, antara dosenmu memberikan buku yang ditulis sendiri oleh beliau atau kamu diharuskan mencari sendiri buku yang sesuai. Salah satu buku pengantar yang paling sering digunakan ialah karya Pak Sarlito W. Sarwono ini gengs.

8. Psikologi Karya Wade Travis Garry

Kali ini penulis memberikan rekomendasi buku psikologi khusus untuk kamu yang bener-bener pemula banget dalam memahami apa itu ilmu psikologi atau kejiwaan. Buku berjudul Psikologi ini ditulis oleh Wade Travis Garry.

Baca Juga:  Buku Kapur dan Papan Kisah Inspiratif Guru

Di dalamnya kamu akan belajar mengenai apa itu ilmu psikologi, apa saja cabang ilmu yang akan dipelajari, apa manfaatnya bagi kehidupan manusia, dan masih banyak lagi pengetahuan umum yang bisa kamu dapatkan dari buku ini.

Oh iya, buku ini juga sudah diterjemahkan ke dalam Bahasa Indonesia guys. Namun, akan semakin menarik apabila kamu membaca buku aslinya dalam Bahasa Inggris.

9. Psikologi Kepribadian Karya Alwisol

rekomendasi buku psikologi

Rekomendasi buku psikologi kali ini menarik banget buat dibaca, apalagi kamu mahasiswa baru jurusan ilmu psikologi. Psikologi kepribadian ialah sebuah cabang ilmu yang mempelajari kepribadian atau tingkah laku manusia. Di dalamnya kamu mempelajari bagaimana perasaan manusia akan membentuk kepribadian baik secara eksternal maupun internal.

Sementara itu, di buku ini kamu akan melihat bagaimana adat sampai konstitusi memengaruhi kepribadian seseorang. Oh iya, buat kamu yang tertarik membeli buku Psikologi Kepribadian karya Alwisol, bisa langsung klik link ini ya gengs.

10. Introduction to Pyschoanalysis Karya Sigmund Freud

Rekomendasi buku psikologi yang terakhir berasal dari psikolog sekaligus pendiri psikoanalisis terkenal yakni Sigmund Freud. Siapa sih yang ga kenal dengan beliau? Hampir semua karyanya mendunia dan memberikan pengaruh yang besar.

Buku ini sangat menarik untuk kamu yang ingin mempelajari psikoanalisis atau mengetahui apa itu psikoanalisis. Ide-ide bahkan pemikirannya dalam buku ini menjadi sebuah kajian yang wajib diketahui mahasiswa psikologi.

Nah, itu tadi beberapa rekomendasi buku psikologi yang wajib banget dibaca mahasiswa baru. Kamu bisa mulai dengan membaca berbagai novel bertema psikologi untuk memicu keingintahuanmu dalam ilmu psikologi guys.

Setelahnya, kamu bisa mencoba berbagai buku non-fiksi yang tak kalah seru dan menarik untuk dipelajari lebih mendalam. Oke deh, jangan lupa selalu semangat ya guys!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Check Also

Ingin Masuk UI? Simak Dulu 10 Jurusan Sastra di Universitas Indonesia yang Wajib Diketahui Siswa SMA

Halo teman-teman semua! Apa kabarnya nih? Semoga selalu baik dan sehat selalu ya. Nah, ga …