10 Alasan Kenapa Memilih Jurusan Psikologi

Sebentar lagi sudah pendaftaran masuk kuliah, kalian sudah menentukan belum mau kuliah dimana dan jurusan apa? Nah, bagi kalian yang bingung nih mau masuk jurusan apa, kalian bisa mempertimbangkan jurusan satu ini, yaitu jurusan Psikologi.

Bagi kamu yang belum ada gambaran kenapa harus memilih jurusan ini, berikut ada beberapa alasan yang bisa kamu pertimbangkan untuk memilih jurusan Psikologi. Yuk simak dengan baik!

10 Alasan Memilih Jurusan Psikologi 

1. Salah satu jurusan favorit

Jurusan Psikologi merupakan salah satu jurusan favorit yang diminati oleh calon mahasiswa baru lho. Tidak hanya diminati oleh para pendaftar dari jurusan SOSHUM, tapi pendaftar dari jurusan SAINTEK pun juga banyak yang ingin masuk jurusan ini. Tentu saja dengan banyaknya pendaftar, banyak perguruan tinggi berkualitas yang bisa kamu pilih.

2. Banyak pilihan berkarir

Lulusan dari jurusan Psikologi dapat mempunyai banyak pilihan karir yang beragam Hal ini dikarenakan ilmu yang akan kamu dapatkan saat kuliah di jurusan Psikologi sangat relevan untuk digunakan di semua jenis disiplin bidang pekerjaan. Kamu bisa masuk ke jenjang karir pada bidang industri, pendidikan, sosial, wirausaha, konsultan psikologi, dan masih banyak lagi.

Di bidang industri, kamu bisa bekerja di bagian HRD dan RnD. Di bidang pendidikan, kamu bisa berkarir menjadi guru bimbingan konseling (BK) dan konsultan pendidikan bagian minat dan bakat. Di bidang sosial, kamu bisa bekerja di lembaga masyarakat, dan beberapa pilihan karir lainnya.

3. Peluang dan prospek kerja yang bagus

Menjadi lulusan dari jurusan Psikologi akan memberikanmu peluang dan prospek kerja yang bagus. Seperti yang disebutkan sebelumnya bahwa jurusan ini punya banyak pilihan karir. Jika kamu ingin bekerja di perusahaan atau instansi pemerintah, kamu bisa bekerja menjadi HRD karena semua butuh HRD untuk manajemen karyawan dan pegawainya.

Baca Juga:  17 Kampus Jurusan Psikologi PTN Di Indonesia

Kamu juga bisa berkarir di bidang lain yang kamu sukai sesuai bakat dan minatmu. Banyak bidang yang membutuhkan lulusan psikologi lho. Jadi, peluang dan prospek kerjanya bagus dan luas.

4. Banyak mempelajari diri (jiwa) dan manusia

Jurusan psikologi merupakan jurusan yang banyak mempelajari ilmu jiwa dan manusia sebagai seorang individu. Jadi, ketika kamu mempelajari ilmu psikologi kamu secara tidak langsung kamu akan mempelajari tentang diri sendiri (jiwa).

Kamu bisa menerapkan ilmu ini dalam kehidupan sehari-hari karena ilmu ini sangat aplikatif. Misalnya, kamu belajar tentang psikologi pada lingkup pernikahan. Kamu bisa membantu orang lain dengan menjadi konselor di bidang pernikahan untuk mengatasi masalah rumah tangga. Bermanfaat bagi diri sendiri dan orang lain bukan?

5. Jurusan yang menyenangkan

Jurusan psikologi mempelajari banyak hal yang menyenangkan seperti memahami kepribadian orang lain, memahami jiwa, perilaku, dan masih banyak lagi. Kamu akan mendapatkan ilmu yang menyenangkan dan menantang. Kamu juga bisa menggunakan ilmu ini tidak hanya untuk diri sendiri tapi juga orang lain.

6. Mengubah kehidupan masyarakat

Salah satu alasan memilih jurusan psikologi yang lainnya adalah ilmu yang kamu dapatkan bisa mengubah kehidupan masyarakat. Kamu bisa membantu orang lain melalui sesi konseling atau menerima dan memberi nasehat tentang suatu masalah atau keluhan.

Ketika kamu bisa membantu orang lain, maka ilmu itu akan bermanfaat. Kamu bisa membantu orang lain untuk memecahkan masalah dan mengatasi apa yang menjadi masalah mereka. Hal ini tidak hanya bermanfaat bagi dirimu tapi juga orang lain bukan?

7. Bidang spesialisasi

Beberapa diantara kamu mungkin masih bingung dengan minat dan bakat yang kamu miliki. Ketika kamu masuk jurusan psikologi, kamu bisa diarahkan untuk menuju bidang spesialisasi tertentu yang kamu sukai dan cocok untukmu ke depannya.

Baca Juga:  Gaji Lulusan Psikologi Dengan Berbagai Bidang Pekerjaan

Misalnya kamu berminat dan menyukai dunia anak-anak, maka kamu bisa berfokus pada spesialisasi psikologi anak. Dengan adanya bidang spesialisasi, kamu bisa lebih terarah dan bisa mendapatkan kesuksesan yang besar.

8. Mempelajari cara mengolah data

Jangan beranggapan bahwa kuliah psikologi hanya belajar teori dan cuma bisa membaca teori serta membaca karakter orang lain. Mahasiswa psikologi juga belajar mengenai cara merekam, mengatur, menganalisis, dan menafsirkan data. Dengan kata lain, belajar mengenai cara mengolah data. Dengan ini diharapkan bisa menambah dan meningkatkan keterampilan ketika berkarir kelak.

9. Bisa melanjutkan ke jenjang pascasarjana

Jika kamu punya cita-cita untuk melanjutkan pendidikan ke jenjang yang lebih tinggi, jurusan psikologi ini salah satu jurusan yang bagus dan tepat. Kamu bisa melanjutkan ke S2 Psikologi walaupun lintas jurusan. Selain itu, bagi kamu yang berminat menjadi seorang psikolog, maka kamu bisa mengambil pendidikan keprofesian psikolog.

10. Nilai tambah di tempat kerja

Pada umumnya bagi kamu yang menjadi mahasiswa atau lulusan jurusan psikologi akan lebih mudah menyesuaikan dengan lingkungan sekitar karena kamu sudah belajar bagaimana karakter orang lain dan cara menghadapinya. Hal ini akan menjadi nilai tambah bagi kamu di tempat kerja karena kamu bisa membaca situasi dan karakter individu.

Itulah sepuluh alasan mengapa memilih jurusan psikologi. Kamu bisa mempertimbangkannya untuk menjadi pilihan yang tepat bagi kamu yang mau kuliah. Jangan lupa bagikan informasi ini kepada teman-temanmu ya. Semoga bermanfaat.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Check Also

10 Tips untuk Lolos Interview Beasiswa yang Wajib Kamu Ketahui

Bagi seorang mahasiswa, mendapatkan program beasiswa merupakan hal yang sangat diimpikan b…