10 Tips untuk Lolos Interview Beasiswa yang Wajib Kamu Ketahui

Bagi seorang mahasiswa, mendapatkan program beasiswa merupakan hal yang sangat diimpikan banyak mahasiswa. Akan tetapi, untuk mendapatkan program beasiswa tersebut terdapat banyak sekali tahapan demi tahapan yang harus kamu lewati.

Salah satunya adalah tahapan interview. Bagi kamu yang saat ini sedang mempersiapkan berbagai hal untuk melamar beasiswa, berikut ini adalah 10 tips bagi kamu yang ingin lolos interview beasiswa yang mungkin bisa kamu terapkan.

10 Tips untuk Lolos Interview Beasiswa

photo of woman taking notes
Photo by Ivan Samkov on Pexels.com

1. Mencari Informasi yang lengkap tentang kampus

Besar kemungkinan bagi kamu yang mengikuti interview beasiswa akan ditanya mengenai kampus dan jurusan yang sedang kamu pilih saat mengajukan beasiswa. Pastikan kamu telah mengetahui informasi seputar kampus atau jurusan yang kamu pilih, sehingga pihak pemberi program beasiswa bisa lebih yakin dan lebih percaya kepada kamu.

Disarankan kepada kamu untuk mengetahui seluk beluk tentang kampus atau jurusan yang kamu pilih dan mempresentasikannya secara menarik agar kamu dapat meyakinkan para pemberi program beasiswa agar kamu terpilih menjadi salah satu penerima beasiswanya.

2. Sering-sering berlatih

Bagi kamu yang merasa kurang percaya diri dalam menghadapi interview, alangkah baiknya untuk sering-sering berlatih agar kamu dapat meningkatkan rasa percaya diri. Kamu dapat melakukan latihan dengan berbicara di depan cermin atau on camera.

Kamu juga bisa meminta bantuan teman dekat kamu agar kamu bisa berbicara secara fasih dan menarik di kala hari H interview.

3. Membuat list pertanyaan

Tidak ada salahnya bagi kamu yang ingin melakukan interview beasiswa untuk membuat daftar pertanyaan sendiri yang mungkin bisa jadi pertanyaan-pertanyaan tersebut menjadi pertanyaan yang akan disampaikan oleh pemberi program beasiswa kepada kamu.

Baca Juga:  Mengenal Tes Dalam SBMPTN dan Tips Mengerjakannya!

Setelah kamu membuat daftar pertanyaan tersebut, kamu bisa berlatih untuk menjawabnya atau bisa juga menyuruh teman kamu untuk membacakan pertanyaan dan kamu menjawabnya layaknya interview sungguhan.

4. Memakai pakaian yang rapi

Penampilan akan menjadi penilaian yang pertama ketika pemberi program beasiswa pertama kali melihatmu di kala interview. Untuk itu, pastikanlah kamu memakai pakaian yang rapi dan sopan atau memakai pakaian yang telah ditentukan oleh pemberi program beasiswa tersebut.

Orang akan senang jika melihat kamu yang terlihat rapi, sopan, dan terlihat menarik yang akan menjadi nilai plus ketika sedang melakukan interview.

5. Tersenyum dan sopan kepada pewawancara

Di saat kamu baru saja memasuki ruangan interview, alangkah baiknya untuk tersenyum dan menyapa terlebih dahulu pewawancara yang berada di dalam ruangan dengan nada yang sopan. Hal kecil ini sering menjadi nilai plus yang bisa diberikan oleh pewawancara dan bisa juga menjadi pertimbangan dari hasil interview yang telah dilaksanakan.

6. Datang tepat waktu

Hal yang paling penting dalam melakukan interview program beasiswa adalah datang ke lokasi interview tepat waktu. Tidak terlambat sedikit pun. Alangkah lebih baik lagi jika kamu sampai di lokasi interview sebelum jadwal wawancara dimulai.

Dengan begitu, kamu akan lebih bisa mempersiapkan diri semaksimal mungkin sebelum waktu menunjukkan dimulainya proses interview program beasiswa.

7. Jawab dengan jelas

Di saat proses interview program beasiswa dimulai dan sang pewawancara telah memulai untuk mengajukan pertanyaan demi pertanyaan. Pastikan kamu menjawab pertanyaan tersebut dengan lebih jelas dan tepat sasaran.

Kamu tidak akan lagi kebingungan ketika pewawancara menanyakan kembali pertanyaan yang kamu sebutkan bila jawabanmu dinilai masih kurang jelas.

Baca Juga:  7 Perguruan Tinggi yang Masih Buka Jalur Mandiri Sampai Akhir Agustus

Perlu diingat untuk kamu menghindari menjawab pertanyaan demi pertanyaan dengan penjelasan yang bertele-tele sehingga bisa membingungkan pihak pewawancara atau bahkan bisa juga menjadi bumerang bagi kamu.

8. Jangan berbohong soal kelemahan

Bagaimanapun kamu berusaha untuk berbohong atau menutup-nutupi kelemahan kamu, pihak pewawancara pasti akan mengetahui dan bisa menangkap gestur serta ucapan kamu ketika kamu melakukan kebohongan demi menutupi kelemahan kamu.

Alangkah baiknya ketika kamu ditanya tentang masalah kelemahan yang kamu alami. Sebaiknya kamu menjawab dengan sejujur-jujurnya tidak perlu kamu membohongi pewawancara tersebut. Setelah itu kamu bisa menyampaikan beberapa kelebihan kamu yang bisa menutupi semua kelemahan yang kamu alami tersebut.

9. Mengontrol gestur

Pihak pemberi beasiswa atau pewawancara biasanya memperhatikan gerak-gerik dari gestur tubuh kamu. Sangatlah disarankan untuk kamu senantiasa mengontrol tubuh kamu selama proses interview berlangsung. Hindari segala sesuatu gerakan-gerakan seperti cemas, gelisah, atau menguap yang bisa membuat pewawancara merasa risih kepadamu

10. Mengucapkan terima kasih

Jika proses interview telah selesai, jangan sampai kamu lupa untuk mengucapkan terima kasih kepada pihak program beasiswa atau pewawancara yang telah memberikan sedikit waktu mereka untuk memberikan kesempatan yang berharga bagi kamu untuk mengikuti program beasiswa. Ucapkan dengan bahasa dan tutur kata yang sopan sehingga pewawancara makin tertarik dengan kamu.

Demikian ulasan tentang 10 tips untuk kamu yang ingin lolos dalam sesi interview program beasiswa yang kamu wajib tahu dan bisa kamu implementasikan bagi kamu yang saat ini sedang mengikuti tahapan sesi interview program beasiswa.

Dengan mempersiapkan sesi wawancara secara maksimal, kamu dapat melewati tahapan interview dengan lancar tanpa ada kendala, serta kamu bisa juga memiliki peluang besar untuk mendapatkan beasiswa yang kamu inginkan. Jangan lupa bagikan informasi ini kepada teman-temanmu ya. Semoga bermanfaat.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Check Also

10 Cara Lolos Seleksi Program Beasiswa Yang Harus Kamu Ketahui

Bagi kamu yang sedang menempuh pendidikan baik di dunia sekolah maupun sudah masuk ke duni…