Cara Membuat Kelas Online dengan WhatsApp

Share

Cara Membuat Kelas Online – Saat ini dunia sedang dilanda dengan muncul wabah penyakit di masa pandemi ini. Badan kesehatan dunia (WHO) menyatakan wabah ini sebagai pandemi global. Pandemi adalah epidemi penyakit yang menyebar di wilayah yang luas, misalnya beberapa benua, atau di seluruh dunia.

Indonesia pun sedang mengalami musibah ini sehingga segala aktivitas yang menimbulkan berkumpulnya orang banyak untuk sementara waktu dihentikan. Termasuk kegiatan belajar mengajar di sekolah. Sehingga pemerintah menganjurkan agar guru tetap mengajar dari rumah secara online atau belajar #DiRumahAja.

Untuk kegiatan belajar online banyak aplikasi yang bisa kita gunakan seperti Google Classroom, Aplikasi Quipper, Edmodo, dan aplikasi belajar lainnya. Namun untuk kegiatan belajar online yang sederhana kita bisa memanfaatkan grup whatsapp untuk kegiatan belajar online.

Seperti apa caranya?

Berikut saya akan bagikan pengalaman saya mengajar siswa secara online melalui grup whatsapp, meskipun whatsapp ini bukan aplikasi untuk kegiatan belajar online, namun kita bisa memanfaatkannya dengan baik. Terlebih lagi banyak digunakan di semua kalangan.

Cara Belajar Online dengan Grup WhatsApp

Untuk kegiatan belajar online dengan whatsapp, berikut langkah-langkah yang harus dilakukan.

1. Membuat Grup Belajar

Langkah pertama adalah membuat grup belajar. Grup inilah yang akan kita gunakan sebagai kelas online, baik untuk kegiatan pemberian materi, latihan, tugas, dll.

Untuk panduan membuat grup whatsapp saya rasa semua orang pasti bisa, jadi saya tidak perlu menunjukkan panduan step by stepnya. Karena semua paham masalah ini.

2. Memasukkan Siswa

Setelah membuat grup, silahkan ajak siswa untuk bergabung di kelas online yang sudah dibuat. bisa dengan memasukkan satu per satu, atau bisa juga mengundang siswa melalui link tautan.

Cara melihat link tautan grup: Klik nama grup –> Undang via tautan –>akan muncul link tautan seperti di bawah ini.

3. Membuat Absensi Online

Langkah selanjutnya membuat absensi secara online dengan menggunakan google form. Untuk pembuatan absensi online bisa menggunakan laptop maupun smartphone. Untuk kemudahan lebih baik menggunakan laptop, namun jika anda tidak punya laptop bisa menggunakan smartphone saja.

Untuk panduan cara membuat absensi kelas online bisa dilihat di halaman Cara Membuat Absen Kelas Online dengan Google Form.

4. Membuat Jadwal dan Rencana Belajar

Untuk kegiatan belajar yang teratur dan terstruktur silahkan buat jadwal belajar dan rencana kegiatan belajar. Tinggal buat saja jadwalnya dan informasikan ke grup kapan hari dan waktu kegiatan belajar online akan berlangsung.

Contoh jadwal kegiatan belajar online

NoHariMata PelajaranJam Belajar
1SeninIPA08.00 – 10.00
2SelasaIPS08.00 – 10.00
3RabuMatematika08.00 – 10.00

Contoh rencana kegiatan belajar online

NoJenis kegiatanWaktuJenis penilaian
1Siswa mengisi absen online08.00 – 08.15
2Pemberian materi belajar08.15 – 08. 30
3Diskusi materi08.30 – 09.00
4Pemberian tugas09.00 – 10.00Tes online

5. Kegiatan Belajar

Dalam proses kegiatan belajar biasanya saya membagi kegiatan belajar dalam empat sesi. Pertama kegiatan pengisian absensi, kedua pemberian materi, ketiga diskusi dan tanya jawab, dan keempat pemberian tugas.

Mengisi absensi

Sebelum belajar siswa diperintahkan untuk mengisi absen online yang sudah kita buat dengan google form. Cara membuatnya silahkan baca di Cara Membuat Absen Kelas Online.

Berikut contoh absensi online

Pemberian materi

Pada tahap ini kita bisa memberikan materi kepada grup belajar, usahakan materi diberikan sedikit saja, tidak perlu banyak biar siswa bisa menerima materi dengan baik.

Biasanya saya merangkum materi terlebih dahulu menggunakan ipad, jika anda tidak punya, pakai buku tulis saja, atau bisa ketik langsung di grup. Jangan dibuat sulit.

Diskusi dan tanya jawab

Setelah pemberian materi baru kita buka forum diskusi agar siswa bisa bertanya terkait materi yang belum dipahami.

Pemberian tugas

Setelah memberikan materi dan diskusi tentang materi yang belum dimengerti, kita lanjutkan untuk pemberian tugas, untuk mengukur sejauhmana tingkat pemahaman siswa tentang materi yang sudah disampaikan.

Hasil pengoreksian tugas siswa yang sudah mengumpulkan. Untuk pemberian nilai atau koreksi tugas siswa gunakan aplikasi edit foto yang ada di aplikasi android, atau bisa langsung diedit di whatsapp saat pengiriman gambar.

Cara ngeditnya, klik foto yang dikirim siswa–> klik titik tiga pada bagian kanan atas–> lihat di galeri –> akan terbuka aplikasi untuk edit foto–> coret pakai pensil

Aplikasi edit gambar yang saya pakai bisa didownload di sini! Jika anda tidak mau ribet pakai aplikasi bawaan dari whatsapp saja.


Itulah rangkaian cara yang saya gunakan saat kegiatan pembelajaran online menggunakan whatsapp, semoga panduan cara membuat kelas online di whatsapp ini bisa bermanfaat untuk diterapkan pada peserta didik anda.

6. Penilaian Hasil Belajar Siswa

Materi lanjutan yang penting juga untuk anda pahami adalah tentang penilaian, seperti pembuatan soal online dengan google form atau dengan aplikasi Quizizz.

Untuk pembuatan soal online dengan google formulir silahkan anda baca di halaman Cara membuat soal online dengan google form, sedangkan untuk pembuatan soal online dengan Quizizz silahkan anda baca di halaman Cara membuat soal online dengan Quizizz.

7. Laporan Kegiatan Belajar

Bagi anda yang sedang menjalankan tugas mengajar online dari rumah yang membutuhkan format laporan belajar online, saya sudah mengumpulkan beberapa contoh format laporan sebagai bahan referensi anda dalam menyusun laporan, untuk contohnya silahkan anda lihat di halaman Contoh laporan kegiatan belajar online.

Buat siswa yang ingin belajar online gratis bisa menggunakan aplikasi Ruangguru silahkan baca cara mengikuti sekolah online Ruangguru.

This post was last modified on Oktober 27, 2020 10:44 pm

Admin

Temukan informasi seputar dunia pendidikan, tips belajar, tips memilih jurusan, persiapan UN, dan SBMPTN.

Leave a Comment
Published by
Admin

Recent Posts

7 Keuntungan Jadi Kpopers, Gak Selalu Merugikan Kok!

Anyyeonghaseyo! Hi Readers! Kamu pasti sudah tak asing lagi dengan kata tersebut, baik yang kpopes… Read More

November 21, 2020

Kisi – Kisi Soal PAS IPA Kelas 8 Semester 1 Tahun 2020/2021

Buat kamu yang sedang mencari kisi - kisi soal PAS IPA kelas 8 semester 1,… Read More

November 19, 2020

8 Alasan Kenapa Harus Memilih Jurusan Ilmu Gizi

Kamu sedang bingung mau masuk jurusan apa saat kuliah nanti? Memilih jurusan memang susah-susah gampang.… Read More

November 18, 2020

Cara Menumbuhkan Semangat Mengerjakan Skripsi

Mengerjakan skripsi memang tidak mudah. Kadang kita semangat, kadang juga muncul rasa lelah dan bosan.… Read More

November 18, 2020

6 Aplikasi Manajemen Waktu Terbaik untuk Pelajar

Di tengah pandemi ini, banyak pelajar jadi bersikap acuh tak acuh terhadap tugas yang menumpuk… Read More

November 18, 2020

Rangkuman Materi IPS Kelas 7 Bab 3 Aktivitas Manusia dalam Memenuhi Kebutuhan

Berikut rangkuman lengkap materi IPS Kelas 7 Bab 3 Aktivitas Manusia dalam Memenuhi Kebutuhan. Rangkuman… Read More

November 16, 2020