Simak 5 Kelebihan Menjadi Ketua OSIS di Bawah Ini! Ga Akan Rugi!

Dalam organisasi pasti ada yang namanya ketua, di OSIS pun ada juga Ketua OSIS. Meski dalam OSIS SMP, tetap akan ada salah satu siswa  dari setiap angkatan yang nantinya menjabat menjadi seorang Ketua OSIS. Ya! Hanya ada satu dari setiap angkatan.

Kamu pasti tahu, menjadi seorang ketua di suatu organisasi bukanlah hal yang mudah. Begitu pula menjadi ketua OSIS. Mulai dari tugas dan tanggung jawab harus diemban. Meski terlihat berat, ternyata menjadi ketua OSIS juga memiliki banyak kelebihan lho!

Kelebihan Menjadi Ketua OSIS

1. Memiliki Kesempatan Mewakili Sekolah

Sekolah biasanya mengikuti berbagai acara dari luar. Banyak jenis kegiatan yang diikuti sekolah dengan tujuan untuk promosi ataupun menjalin hubungan baik dengan sekolah lain. Contohnya kegiatan Green School Festival yang pernah dilaksanakan beberapa waktu lalu.

Dalam kegiatan tersebut, tentunya membutuhkan siswa sebagai wakil sekolah untuk ikut serta dalam setiap kegiatan. Ketua OSIS akan menjadi target utama para guru untuk mewakili sekolah. Hal itu disebabkan karena seorang Ketua OSIS dianggap sebagai cerminan sekolah dan dapat bertanggung jawab membawa nama baik di luar lingkungan sekolah.

Hal ini akan memberi banyak manfaat, seperti menjadi kesempatan kamu untuk menjalin lebih banyak relasi dengan murid dari sekolah lain.

2. Belajar Bertanggung Jawab

Seperti yang sudah kamu tahu, menjadi seorang Ketua OSIS akan membawa tanggung jawab yang besar. Ketika ada masalah dalam OSIS atau berkaitan dengan OSIS, Ketua OSIS merupakan orang pertama yang akan mengatasi. Hal tersebut mungkin merupakan beban bagi sebagaian orang. Namun, hal tersebut juga bisa dijadikan sebagai kesempatan untuk belajar bertanggung jawab.

Terlatih membawa tanggung jawab yang besar akan menjadikan kamu sosok yang dapat bertanggungjawab masa depan. Hal ini akan sangat berguna ketika nantinya kamu hidup dalam masyarakat yang lebih luas.

Baca Juga:  Wajib Tahu Nih! 2 Fungsi OSIS di Era Pandemi!

3. Memiliki Pengalaman Menjadi Pemimpin

Seorang Ketua OSIS merupakan pemimpin. Bukan hanya untuk anggota OSIS, tetapi juga untuk seluruh siswa. Ketua OSIS berkewajiban untuk memimpin siswa lainnya agar menjadi lebih baik. Ketua OSIS bertugas untuk menjadi pemimpin di setiap kegiatan sekolah.

Memastikan segala hal benar sesuai yang direncanakan, mengatasi kesalahan-kesalahan yang terjadi, dan bertanggung jawab ketika ada permasalahan. Pemimpin juga memimpin para anggotanya untuk bertugas dengan benar sesuai peraturan.

Tak hanya dalam setiap kegiatan, dalam sehari-hari pun Ketua OSIS harus menjadi pemimpin yang dapat dicontoh para siswa lainnya. Ketua OSIS harus memiliki sikap yang baik agar dapat menjadi teladan para siswa. Dengan begini kamu akan memiliki pengalaman untuk menjadi pemimpin yang akan sangat dibutuhkan ketika kamu ikut organisasi di masa depan ataupun ketika kamu di dalam dunia kerja.

4. Kesempatan Belajar Leadership

Menjadi pemimpin juga menjadi kesempatan kamu untuk belajar leadership. Leadership merupakan kemampuan kamu dalam memotivasi dan mengarahkan orang lain untuk menyelesaikan tugas mereka demi mencapai suatu tujuan yang sudah disepakati.

Leadership akan sangat dibutuhkan di dalam kuliah hingga kehidupan kerja kamu nantinya. Ketika di masa depan kamu mendapat kesempatan sebagai seorang pemimpin kamu dapat menjalankan tugasmu dengan baik dan rapi. Dengan begitu kamu juga dapat mencapai tujuan-tujuan yang sudah direncanakan.

Contoh konkret, ketika kamu mendaftar menjadi anggota OSIS di SMA ataupun mendaftar menjadi anggota organisasi di perkuliahan, leadership kamu akan menjadi hal penting sebagai bahan pertimbangan diterimanya kamu di OSIS maupun di organisasi tersebut. Orang yang memiliki leadership merupakan orang yang dapat diandalkan.

5. Memiliki Kesempatan Mengenal Banyak Guru

Ketika menjadi seorang Ketua OSIS, kamu akan menjadi orang pertama yang menghubungkan guru dengan siswa. Dengan kesempatan ini, ketua OSIS menjadi lebih kenal dengan lebih banyak guru dibandingkan dengan siswa lainnya.

Baca Juga:  Arti dan Makna Logo OSIS

Kenal dengan banyak guru akan menjadi kesempatanmu untuk memahami karakterisitik setiap guru. Hal ini tentunya mempermudah kamu dalam proses belajar.

Gimana? Ternyata banyak banget ya kelebihan menjadi Ketua OSIS. Jadi, jangan ragu atau takut lagi untuk menjabat sebagai Ketua OSIS ya! Segara daftarkan dirimu juga!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Check Also

Ketahui Yuk 5 Hal yang Wajib Dipersiapkan untuk Masuk SMA!

Setelah lulus SMP tentu kamu akan melanjutkan pendidikan kamu ke jenjang yang lebih tinggi…