7 Tips Untuk Jadi Anggota OSIS! Jangan Sampai di Skip Guys!

Untuk menjadi seorang anggota OSIS di setiap sekolah wajib melewati proses yang dinamakan seleksi. Di SMP atau SMA pasti terdapat seleksi sebelum membentuk keanggotaan OSIS. Hal ini dilakukan agar OSIS memiliki anggota yang terbaik dari banyaknya murid yang ingin menjadi anggota OSIS.

Seleksi anggota OSIS di SMP mungkin sedikit berbeda dengan di SMA, tentu lebih sulit seleksi di SMA.Oleh karena itu, sebelum masuk OSIS yuk simak beberapa tips untuk jadi anggota OSIS di SMP maupun SMA!

Tips Untuk Jadi Anggota OSIS

1. Memiliki Motivasi yang Baik dan Jelas

Kamu pasti memiliki motivasi yang membuatmu ingin menjadi seorang anggota OSIS. Motivasi yang kamu miliki merupakan hal pertama dan dasar yang akan dilihat ketika mendaftar menjadi anggota OSIS. Karena itu kamu harus memiliki motivasi yang baik.

Motivasi yang baik seperti, kamu ingin memiliki pengalaman berorganisasi, kamu ingin belajar menjadi pemimpin, atau melayani orang lain. Sedangkan contoh motivasi yang tidak baik adalah ketika kamu hanya ingin terkenal dengan menjadi anggota OSIS.

Selain baik dan benar, motivasi yang kamu miliki harus diutarakan dengan yakin dan jelas. Sehingga penyeleksi dapat melihat dan yakin terhadap motivasimu. Coba cek lagi yuk, apa motivasi kamu ingin menjadi anggota OSIS?

2. Memiliki Semangat dan Niat yang Kuat

Tips untuk jadi anggota OSIS berikutnya yaitu tunjukkan bahwa kamu memiliki semangat dan niat menjadi anggota OSIS. Dengan semangat dan niat yang kuat penyeleksi berharap nantinya kamu juga akan mengerjakan tugas-tugas dengan niat dan semangat.

Mengerjakan tugas dengan niat dan semangat akan menghasilkan pekerjaan yang baik, karena itu hal ini menjadi kriteria penting bagi penyeleksi. Cara menunjukkan bahwa kamu memiliki semangat dan niat yang kuat adalah ketika seleksi wawancara kamu menjawab dengan penuh persiapan dan lantang. Dengan begitu, penyeleksi akan melihat semangat dan niatmu untuk menjadi anggota OSIS.

Baca Juga:  7 Pekerjaan Sampingan Anak SMA, Bisa Sambil Rebahan!

3. Memiliki Prinsip Kuat

Memiliki prinsip yang kuat membuat penyeleksi menilaimu sebagai seorang yang memiliki pendirian dan tidak mudah goyah. Diharapkan pula ketika kamu menjadi anggota OSIS, kamu tidak mudah goyah dalam melaksanakan tujuan-tujuan bersama.

Cara menunjukkan kamu berprinsip kuat biasanya ketika seleksi wawancara. Penyeleksi akan menanyakan beberapa hal mengenai dirimu atau suatu permasalahan, di sini kamu harus bisa konsisten terhadap jawaban-jawabanmu. Sehingga penyeleksi dapat melihat bahwa kamu memang memiliki prinsip yang kuat.

4. Mampu Berkomitmen

Biasanya dalam seleksi wawancara, kamu akan ditanyai mengenai kemampuanmu berkomitmen. Selain menjawab kamu mampu berkomitmen, kamu juga harus bisa meyakinkan dengan tindakan dan perilakumu. Hal ini penting karena diharapkan ketika kamu diterima menjadi anggota OSIS, kamu dapat berkomitmen walaupun terdapat masalah.

5. Dapat Diandalkan

Kamu juga harus bisa menjadi sosok yang dapat diandalkan ketika menjadi anggota OSIS. Seperti yang kamu tahu, menjadi anggota OSIS memiliki begitu banyak tugas dan peran. Sehingga kamu harus bisa meyakinkan penyeleksi bahwa kamu dapat diandalkan dalam menjalankan tugas-tugas tersebut.

Kamu dapat menunjukkan bahwa kamu bisa diandalkan melalui seleksi tulis atau wawancara. Tunjukkan segala niat dan kemampuanmu sehingga penyeleksi dapat memercayakan tugas-tugas menjadi anggota OSIS kepadamu.

6. Berpikiran Terbuka

Berpikiran terbuka biasanya dilihat melalui tes wawancara kamu. Penyeleksi akan menanyakan beberapa hal dan akan berbagi pikiran denganmu. Ini dilakukan untuk melihat pikiran yang kamu miliki. Sehingga kamu sebisa mungkin menjawab dengan wawasan luas, tetapi tetap konsisten terhadap jawabanmu. Jangan berganti-ganti jawaban atau pemikiran.

Berpikiran terbuka diperlukan dalam menjadi anggota OSIS, karena nantinya kamu akan berdiskusi dan bertukar pikiran dengan anggota lainnya. Kamu harus bisa berpikiran terbuka agar kamu dapat menerima pemikiran-pemikiran orang lain yang mungkin lebih baik bagi kepentingan bersama.

Baca Juga:  Tips Belajar UN dari Maudi Ayunda

7. Memiliki Pengetahuan Umum yang Luas

Sebelum mengikuti seleksi anggota OSIS kamu dapat mempersiapkan pengetahuan umum yang kamu miliki, terutama yang berhubungan dengan OSIS. Hal ini seringkali ditanyakan di seleksi tulis maupun seleksi wawancara. Dengan melihat bahwa kamu memiliki banyak pengetahuan umum, penyeleksi akan menganggap bahwa kamu anak yang cerdas dan memiliki rasa ingin tahu.

Yap, di atas adalah beberapa tips untuk jadi anggota OSIS yang harus kamu ketahui nih! Jika hal-hal dasar ini sudah kamu miliki dengan baik, yakin 100% kamu dapat diterima menjadi anggota OSIS di sekolah kamu, semangat!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Check Also

Ketahui Yuk 5 Hal yang Wajib Dipersiapkan untuk Masuk SMA!

Setelah lulus SMP tentu kamu akan melanjutkan pendidikan kamu ke jenjang yang lebih tinggi…