Wajib Tahu Nih! 2 Fungsi OSIS di Era Pandemi!

Hai angkatan covid! Kamu yang baru akan masuk SMP atau SMA dan dari dulu mau banget gabung organisasi OSIS, sayang sekali tiba-tiba ada pandemic covid-19 yang melanda satu dunia. Kondisi ini membuatmu harus sekolah dan belajar dari rumah, jadi gaada kegiatan sekolah deh.

Tapi kamu tahu gak, sih? Meskipun dari rumah, ternyata fungsi OSIS di era pandemi juga ada lho! Kira-kira apa aja sih fungsinya? Simak ulasan di bawah ini yuk!

Fungsi OSIS di Era Pandemi

1. Penyelenggara Kegiatan secara Virtual

Pada era pandemi, kamu dan siswa lainnya memang tidak hadir ke sekolah, tetapi bukan berarti kegiatan sekolah dihilangkan sepenuhnya. Di sinilah para anggota OSIS berperan. Mereka harus memikirkan kegiatan-kegiatan baru yang menghibur dan dapat dilakukan secara virtual.

Banyak kegiatan baru yang dapat dilakukan secara online untuk mengisi kegiatan sekolah agar para murid tidak jenuh bersekolah secara online. Contohnya seperti kegiatan talkshow dengan guru atau kepala sekolah yang membahas topik menarik.

Selain itu, kegiatan sekolah yang sudah diagendakan juga ada yang bisa dilakukan secara online. Pentas seni, bisa dilakukan dengan cara siaran langsung. Saat ini sudah banyak media untuk melakukan siaran langsung, media yang paling umum digunakan adalah Youtube. Kegiatan Classmeeting juga bisa dilakukan secara online dengan mengganti jenis olahraga dengan game yang digemari para siswa.

Meskipun akan lebih menyenangkan jika dilakukan di sekolah dan bertemu dengan teman-teman, tetapi setidaknya saat masa pandemi sekolah harus tetap memiliki kegiatan untuk menghibur para siswanya. Saat inilah anggota OSIS dituntut untuk dapat berpikir secara kreatif dan inovatif.

2. Wadah Aspirasi atau Keluh Kesah Siswa

Fungsi OSIS di era pandemi tidak hanya mengadakan event online saja. OSIS juga menjadi perantara antara siswa dengan sekolah. Meski di era pandemi kamu dan murid lainnya tidak berada di sekolah dan bertemu secara langsung dengan para guru, bukan berarti kamu tidak bisa menyampaikan keluh kesah atau masukkan tentang sistem sekolah atau guru.

Baca Juga:  Program Kerja OSIS untuk Semua Seksi Bidang

Para anggota OSIS berperan dalam mengumpulkan serta menampung keluhan dan aspirasi murid. Terutama jika ada sistem pembelajaran yang bermasalah. Setelah kamu menyampaikan keluh kesah kepada anggota OSIS, para anggota OSIS akan langsung menyampaikan kepada sekolah atau para guru agar dapat mengatasi masalah yang kamu alami.

Misal, jika kamu merasa proses belajar mengajar saat ini membuatmu tidak bisa mengerti pelajaran karena hanya diberi modul untuk dibaca sedangkan kamu membutuhkan penjelasan dari guru. OSIS dapat menyampaikannya kepada sekolah dan sekolah akan segera memperbaikinya dengan menambahkan pertemuan virtual dalam proses belajar-mengajar.

Terdapat berbagai fasilitas untuk mengumpulkan aspirasi para murid yang dapat dengan mudah dibuat dan digunakan oleh anggota OSIS. Contohnya google formulir. Setiap murid dapat mengisi google formulir yang sudah dibuat dan dibagikan oleh anggota OSIS untuk menampung aspirasi.

Yap, itu tadi 2 fungsi osis di era pandemi! Jangan sampai masa pandemi menghalangi tujuanmu untuk menjadi anggota OSIS ya! Meskipun tidak bersekolah tatap muka bukan berarti kamu sebagai anggota OSIS akan nganggur. Justru pandemi menjadi tantangan bagimu dan anggota OSIS lainnya agar lebih berpikir kreatif dan inovatif serta menghasilkan kegiatan-kegiatan yang dapat menghibur para siswa lainnya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Check Also

Ketahui Yuk 5 Hal yang Wajib Dipersiapkan untuk Masuk SMA!

Setelah lulus SMP tentu kamu akan melanjutkan pendidikan kamu ke jenjang yang lebih tinggi…