7 Ide Membuat Rangkuman Aesthetic, Dijamin Bikin Semangat Belajar!

Hola guys! Ada ga sih di antara kamu yang ingin banget mencoba rajin belajar, tetapi bingung harus mulai dari mana? Yap, kesulitan untuk belajar menjadi salah satu musuh terbesar dalam pembelajaran via daring guys. Ada banyak hal yang bisa men-distract kefokusan kamu, mulai dari media sosial, novel, atau bahkan film. Namun, kini kamu ga perlu khawatir lagi guys!

Kali ini penulis mau memberi tahumu salah satu tips untuk produktif belajar. Di mulai dari mana? Tentu dari sebuah catatan. Yap, catatan ini berguna banget untuk membantumu belajar sekaligus menghabiskan waktu dengan produktif. Namun, engga sembarang catatan juga lho. Kalau bahasa anak sekarang namanya catatan aesthetic. Ga pake lama lagi, di bawah ini ada ide membuat rangkuman aesthetic untukmu belajar produktif mulai sekarang!

Ide Membuat Rangkuman Aesthetic

1. Catatan mode cepat

Sumber: Pinterest

Oke, ide yang pertama ialah catatan yang rapi sekaligus aesthetic, tetapi dalam waktu sesingkat mungkin. Konsep yang digunakan super minimalis guys. Biasanya catatan model ini bisa kamu terapkan ketika mencatat via zoom atau youtube. Intinya di waktu-waktu yang menuntutmu untuk mencatat dengan cepat.

Alat yang digunakan super mudah kok. Mulai dari bolpoin hitam, bolpoin warna, dan stabilo. Di atas udah ada contoh gambarnya nih guys, tetapi kamu juga bisa variasikan dengan menambahkan stabilo pada tiap judul atau sub-judul. Di beberapa kalimat penting, juga bisa kamu garisbawahi menggunakan stabilo. Easy and fast notes!

2. Simple Style Notes

Sumber: Pinterest

Ide membuat rangkuman aesthetic berikut naik ke tahap yang lebih tinggi dari mode cepat. Ketika kamu memiliki waktu cukup luang untuk menyalin ulang atau sedang menginginkan catatan yang keren, tetapi sederhana maka kamu bisa menggunakan ide satu ini guys. Alat yang digunakan juga sangat simple kok, cukup bolpoin hitam, bolpoin warna atau spidol, kuas lettering, dan tambahan lainnya.

Baca Juga:  Materi IPA Kelas 8 Bab 5 Zat Aditif dan Zat Adiktif

Hal pertama yang bisa kamu lakukan ialah membuat judul dengan kuas lettering nih. Buat kamu yang masih perdana menggunakan kuas ini, maka bisa dicoba dulu di selembar kertas guys. Lanjut, untuk sub-judul gunakan spidol dan juga bolpoin warna. Terakhir, kamu bisa menggunakan tambahan seperti sticky notes lucu atau mungkin gambar kesukaanmu menggunakan pensil warna guys.

3. Full lettering notes

Ide Membuat Rangkuman Aesthetic
Sumber: Pinterest

Next, biasanya nih kamu yang sudah bisa menggunakan kuas lettering akan kecanduan untuk menggunakannya terus. Ini ga salah kok guys. Kamu bisa menggunakan ide membuat rangkuman aesthetic satu ini ketika memiliki cukup banyak waktu luang. Alat yang digunakan tentunya kuas lettering, bolpoin hitam, dan tambahan lainnya sesuai dengan kreasimu.

Yup, hal pertama tentu mulai dari membuat judul gengs. Kamu bisa membuat judul menggunakan brush pen nih. Selanjutnya, di sub judul juga bisa menggunakan huruf lettering, hanya saja dalam ukuran yang lebih kecil. Tak lupa kamu bisa banget lho menghias lettering menggunakan spidol atau bolpoin warna. Nah, untuk jenis rangkuman satu ini penulis menyarankan untuk memadukan 1-2 warna saja agar tidak terlalu mencolok gengs!

Untuk cara membuat tulisan lettering silahkan baca 5 Cara Menulis Huruf Leetering bagi Pemula.

4. Easy Aesthetic Notes

Sumber: Pinterest

Salah satu cara sederhana untuk membuat catatan aesthetic bagi pemula ialah menggunakan gambar-gambar menarik guys. Gambar tersebut bisa kamu buat menggunakan bolpoin atau spidol, kemudian diwarnai dengan pensil warna. Bisa kamu variasikan dengan berbagai warna atau justru menggunakan warna seperti gambar atau contoh aslinya.

Untuk penggunaan huruf pun ga harus yang sulit kok guys. Cukup menggunakan tulisan tanganmu seperti biasa dengan bantuan stabilo atau spidol untuk mempercantik.

Baca Juga:  Ringkasan Materi IPA Kelas 9 Bab 2 | Reproduksi Aseksual pada Hewan

5. Super aesthetic notes

Sumber: Pinterest

Sebenarnya untuk tingkat “ke-aesthetic-an” sendiri bergantung pada masing-masing individu guys. Hanya saja bagi penulis catatan aesthetic ialah sebuah catatan dibuat dengan unsur huruf lettering, berbagai font, spidol, stabilo, gambar yang relevan, sampai tambahan lain seperti pensil warna atau sticky notes. Perpaduan semua unsur di atas membentuk sebuah notes yang super aesthetic nih.

Salah satu idenya seperti gambar di atas guys. Perpaduan antara berbagai unsur dengan warna yang senada. Sebenarnya ga harus berdasarkan warna ajak kok, bisa juga berdasarkan suasana nih. Misalnya, catatan untuk sejarah dibuat dengan tema vintage. Berarti menggunakan berbagai huruf lampau, gambar yang berkaitan, kertas cokelat, sobekan buku, dan variasi lainnya.

6. Online notes

Sumber: Pinterest

Berikutnya ada online notes. Ide membuat rangkuman aesthetic satu ini bisa banget kamu buat dengan menggunakan tab, ipad, atau bahkan smartphone guys. Salah satu aplikasi yang bisa kamu gunakan adalah Evernote, Collabedit, GoodNotes, Apple Notes, dan masih banyak lagi gengs. Beragam aplikasi tersebut bisa kamu download di App Store maupun Google Playstore.

Keunggulan dari online notes ialah kemudahan untuk mencatat ketika tangan terlalu lelah menulis guys. Kamu juga bisa menggunakan berbagai font unik dan menarik secara mudah, menyalin gambar langsung dari internet, sampai membuat beragam gambar ilustrasi dengan mudah.

7. Seasons Notes, Mood Notes, etc.

Sumber: Pinterest

Last nih, ada berbagai ide membuat rangkuman aesthetic yang bisa kamu variasikan sesuai dengan keinginanmu gengs. Bisa berdasarkan musim, mata pelajaran, atau moodmu saat itu. Banyak banget kok guys, bahkan keseharianmu bisa kamu gunakan sebagai inspirasi membuat catatan aesthetic lho.

Kunci utama membuat catatan aesthetic hanya berdasarkan pada huruf yang kamu gunakan, warna, perpaduan antara tulisan dengan tema yang kamu buat, atau bahkan juga kertas (opsional). Terpenting adalah mampu berkreasi sesuai dengan keinginanmu aja guys!

Yap, itu tadi beberapa ide membuat rangkuman aesthetic! Kira-kira kamu tim mana nih guys? Catatan tangan atau online? Simple notes atau super aesthetic? Oh iya, jangan lupa mencatat atau membuat rangkuman bisa menjadi salah satu langkah awal untuk motivasi belajar, memudahkanmu mengingat materi, sampai healing dari berbagai pelajaran juga!

Baca Juga:  Materi IPA Kelas 9 Bab 1 Sistem Repr0duksi pada Manusia Part 3

So, spill catatan ter-aestheticmu di bawah ya!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Check Also

10 Tips Kuliah Jurusan Elektro yang Wajib Banget Kamu Ketahui Sebagai Mahasiswa Baru!

Jurusan elektro menjadi salah satu major paling laris manis hampir di setiap universitas. …