Super Manjur! 5 Tips Mengatasi Bosan Belajar di Rumah!

Siapa sih yang nggak pernah bosan? Entah bosan karena belajar, atau bosan nungguin jawaban dia wkwkwk. Itu normal kok gengs! Bosan adalah keadaan dimana kita merasa jenuh akan suatu hal. Kamu tahu nggak, kalau bosan adalah pertanda ketidakbahagiaan?

Kalau dibiarkan terus-terusan, bisa bikin kita jadi stress lho gengs! Khususnya keadaan sekarang yang mengharuskan kita belajar di rumah. Kalau kamu merasa lagi jenuh, artikel ini cocok buat kamu. Simak beberapa tips dari aku yuks!

Daftar Isi

Yuk, Simak Tips Mengatasi Bosan Belajar di Rumah!

1. Ketahui tipe belajarmu!

Tipe belajar orang itu beda-beda lho gengs! Nggak semua orang punya tipe belajar yang sama. Tipe belajar pertama adalah visual. Kalau tipe belajar kamu visual, kamu lebih suka belajar dengan cara melihat. Jadi kamu lebih suka membaca buku untuk belajar.

Bagi kamu yang kurang hobi baca buku pelajaran yang tebal kayak aku hehe, kemungkinan tipe belajar kamu adalah kinestetik. Kinestetik ini lebih mengandalkan gerakan dan tidak berfokus dengan buku atau suara. Bisanya, kamu lebih paham akan suatu materi jika kamu melakukan praktek secara langsung. Nah, kinestetik ini tipe aku banget.

Tapi, kalau kamu merasa kamu nggak termasuk semua tipe yang barusan aku sebut, mungkin kamu termasuk tipe auditory. Tipe belajar satu ini lebih mengandalkan indra pendengarannya. Hayo, siapa yang merasa lebih cepet nangkap materi kalau guru menerangkan? Kalau kamu merasa iya, jelas auditory adalah tipe belajar kamu.

Baca Juga:  5 Cara Membuat Rangkuman dari Video Youtube dan Zoom, Dijamin Anti Sistem Kebut lagi guys!

Kamu lebih suka mendengarkan daripada membaca karena kamu merasa dengan mendengarkan guru atau dosen, materi lebih cepat terserap otak. Jadi gengs, mulai dari sekarang kenali tipe belajar kamu yuk! Agar belajarmu lebih efektif dan nggak buang-buang waktu.

2. Buat jadwal belajar

Yang satu ini, aku yakin banget kalau selama kelas online, mata kamu capek karena harus lihat layar handphone atau laptop secara terus menerus. Iya kan? Kalau kelas sudah selesai, guru pasti membuat otak kita kenyang dengan memberi tugas ataupun ulangan. Haduh! Kalau kamu ngerasa pusing dengan tugas dan ulanganmu, coba deh bikin jadwal belajar. Jadwal belajar ini terdiri dari daftar tugas atau daftar ulangan kamu.

Kamu tinggal siapin buku catatan kecil untuk menulis semua tugasmu. Jangan lupa selalu tulis deadline ya, biar nggak lupa. Kalau untuk belajar materi, aku adalah tipe orang yang suka mengulang pelajaran di hari itu juga. Misalnya, hari Senin aku ada pelajaran kimia. Jadi, sehabis kelas selesai, aku langsung mengulang dan mencatat hal-hal penting tentang pelajaran kimia hari ini.

Tujuannya, supaya aku nggak perlu belajar banyak dan membuang waktu. Ingat ya, kalau kamu sudah bikin jadwal, berarti harus ditepati. Jangan asal bikin jadwal, terus kamu taruh di bawah bantal, wkwkwk.

3. Melakukan hobi

Kalau kamu memang sudah jenuh belajarnya, jangan dipaksain gengs. No problem kok kalau harus berhenti sejenak. Kamu bisa jalanin hobi dan aktivitas yang bisa bikin mood kamu naik. Kalau kamu hobi menggambar, ya monggo. Hobi masak, monggo juga.

Kalau bingung mau ngapain, coba kamu pikir sejenak. Hal apa yang mau kamu lakukan di waktu libur saat sekolah masih tatap muka. Misal, kalau aku nonton film atau drakor. Kamu bisa mencoba untuk nonton film sesuai genre favoritmu. Intinya, cari aktivitas yang bikin kamu hepi aja!

4. Jangan jadikan beban

Yups, ini menurutku soal mindset aja. Aku selalu ingat kata Merry Riana kalau belajar itu bukan untuk ujian. Justru, ujian untuk belajar. Kamu nggak perlu mentingin hasil. Nggak perlu juga mengejar nilai seratus. Gengs, itu hanya angka, yang penting adalah prosesnya. Tugas kita hanyalah bertanggung jawab dan menikmati proses belajar.

Baca Juga:  Cara Cepat Menghafal Pelajaran dalam Waktu Singkat!

Nggak perlu menganggap belajar sebagai beban. Aku jadi ingat lagi kata Merry Riana kalau belajar itu untuk mengukur seberapa besar tanggung jawab kita. Kalau kita belum bisa menyelesaikan tanggung jawab kita dalam belajar, bagaimana kita bisa bertanggung jawab dengan hidup kita ke depan? Setuju kan gengs?

5. Istirahat cukup gengs

Aduh Ma, temenku ngajak main game, kalau aku nggak ikut, nanti aku dikatain cupu.”  Kita kan masih remaja, nggak zaman kalau nggak begadang. Sebenarnya, kita boleh begadang kok gengs. Tapi, jangan terlalu sering. Tidur yang cukup itu penting, lho! Tidur yang cukup dapat mengurangi stress. Jadi, saat bangun, pikiran kita akan segar kembali.

Tidur sekitar 6-8 jam sehari sudah cukup kok! Kalau kamu punya insomnia seperti aku, kamu bisa coba atur pola tidurmu dan buang pikiran negatif ya. Pikiran negatif itulah yang bikin kamu jadi nggak merem-merem. Jangan lupa berdoa yang gengs sebelum tidur!

Gimana gengs? Gampang ya caranya! Kalau kamu coba lakuin cara-cara diatas, belajar kamu aku jamin akan lebih fun. Satu lagi, jangan lupa makan teratur dan jaga kesehatan ya gengs! Supaya kita semua tetap sehat dan aman.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Check Also

Simak 7 Cara Mengatur Keuangan bagi Pelajar Paling Efektif

Hai gengs! Gimana kabarnya? Semoga kamu semua dalam keadaan yang sehat ya. Nah, seperti ya…