Materi Bahasa Inggris Kelas 7 Bab 8 That’s what Friends are supposed to do

Halo teman-teman. Jumpa kembali ya, bagaimana kabarnya hari ini? Semoga semuanya baik-baik saja ya. Nah, teman-teman kita sudah memasuki bab terakhir nih. Gak kerasa ya? Di Bab terakhir ini kita akan menyajikan materi pembahasan bahasa Inggris yang spesial. Loh kok spesial? Bener banget teman-teman, karena kita akan belajar bahasa Inggris lewat lagu. 

Siapa yang suka mendengarkan lagu disini? Yuph, belajar bahasa Inggris gak harus lewat buku loh, tapi juga bisa lewat lagu. Untuk lagu yang akan kita bedah bareng-bareng disini ialah lagu dari Bruno Mars judulnya Count on Me

Lagu ini tentang apa sih? Daripada penasaran simak ulasannya berikut ya.      

Chapter  8 : That’s what Friends are supposed to do


Bedah Lagu Count on Me by Bruno Mars

Jika teman-teman masih belum begitu kenal dengan lagunya, langsung saja cari di Youtube, Spotify atau media pemutar musik lainnya. Nah, bagi yang sudah mendengarkan lagunya kok ya masih bingung tentang apa. Berikut pembahasan singkatnya.

Berikut penjelasan lagu per stanza-nya. Simak baik-baik ya teman-teman!

[Verse 1:]

Oh uh-huh

If you ever find yourself stuck in the middle of the sea

I’ll sail the world to find you

If you ever find yourself lost in the dark and you can’t see

I’ll be the light to guide you

Jika kamu pernah menemukan dirimu terjebak ditengah laut

Akan aku arungi dunia untuk mencarimu

Jika kamu pernah menemukan dirimu tersesat di kegelapan dan kamu tidak bisa melihat

Aku akan jadi penerang untuk memandumu

[Pre-Chorus:]

We find out what we’re made of

When we are called to help our friends in need

Kita mencari apa yang telah kita buat

Baca Juga:  Materi Bahasa Inggris Kelas 7 Bab 5 It’s a Beautiful Day

Ketika kita diminta teman yang membutuhkan

[Chorus:]

You can count on me like 1, 2, 3

I’ll be there

And I know when I need it

I can count on you like 4, 3, 2

And you’ll be there

‘Cause that’s what friends are supposed to do, oh yeah

Ooooooh, oooohhh yeah, yeah

Kamu bisa mengandalkanku dalam hitungan 1, 2, 3

Aku akan disana

Dan aku tahu kapan aku membutuhkannya

Aku bisa mengandalkanmu dalam hitungan 4,3, 2

Dan kamu akan disana

Itulah gunanya seorang teman, oh yeah

Ooooooh, ooooh yeah, yeah

[Verse 2:]

If you’re tossin’ and you’re turnin’

And you just can’t fall asleep

I’ll sing a song beside you

And if you ever forget how much you really mean to me

Every day I will remind you

Jika kamu menyerah dan berbalik arah

Dan kamu tidak bisa tidur

Aku akan menyayikan lagu disampingmu

Dan jika kamu lupa betapa berartinya kamu bagiku 

Setiap hari kan ku ingatkanmu

Oooh

We find out what we’re made of

When we are called to help our friends in need

Oooh

Kita mencari apa yang telah kita buat

Ketika kita diminta teman yang membutuhkan

Back to chorus

You’ll always have my shoulder when you cry

I’ll never let go, never say goodbye

You know…

Pundaku selalu ada ketika kamu menangis

Aku takkan membiarkanmu pergi, takkan berpisah

Kamu tahu…

Back to chorus

You can count on me ‘cause I can count on you

Kamu bisa andalkanku karena aku andalkanmu

Video dan Lirik Lagu Bruno Mars – Count on Me

Nah, itu dia teman-teman terjemahan lagunya. Sekarang sudah makin mudeng to? Kira-kira ada makna apa sih dalam lagu itu? Teman-teman bisa menganalisisnya tidak? Ada hikmah bagus loh yang bisa diambil. 

Baca Juga:  Materi Bahasa Inggris Kelas 8 Bab 5 I’m So Happy for You

Untuk Verse 1, itu menceritakan keadaan kita yang mungkin sering sedih, putus asa, dan gelisah, tidak punya harapan. Nah, untuk terlepas dari itu kita perlu punya sahabat yang mau mendengarkan kita serta memberikan solusi masalah kita. 

Untuk Pre-chorus, itu makna dari sahabat sejati dan selalu ada baik dalam keadaan susah maupun senang. 

Untuk chorus, itu menegaskan arti persahabatan, yang mana selalu ada untuk teman ketika mereka membutuhkan, begitu ketika kita membutuhkan mereka. Bukan sahabat yang datang pas butuh saja, giliran dibutuhkan tidak ada. 

Untuk Verse 2, sahabat sejati itu bukan yang menjatuhkan, tapi yang merangkul, melengkapi, mengingatkan, dan juga menasehati satu sama lain. 

Poin-poin pentingnya yang bisa kita dapatkan dari lagu Count on Me ini, sebagai berikut: 

  • Sahabat itu seseorang yang peduli kepadamu, yang selalu ada dan membantumu ketika putus asa dan menyerah. { makna dari verse 1}
  • Sebaliknya, kita juga harus selalu ada dan membantu ketika mereka membutuhkan. { makna dari pre-chorus}
  • Kita harus jadi teman yang baik jika kita ingin teman kita baik. Jangan egois kepada teman-teman {makna dari chorus}
  • Sahabat itu seseorang yang selalu mendukungmu, ketika kamu dibawah atau putus asa. 
  • Jika kamu mengandalkan temanmu, maka kamu harus siap diandalkan juga.

Nah, itu teman-teman bedah lagu dan pelajaran yang diambil dari lagu Count on Me by Bruno Mars.  

Lagu apa lagi kira-kira yang akan kita bedah selanjutnya

Daftar Pustaka
Siti Wachidah, Asep Gunawan, Diyantari, Khatimah, Yuli Rulani.2017. BAHASA INGGRIS: When English Rings a Bell. Jakarta: Pusat Kurikulum dan Perbukuan, Balitbang, Kemendikbud. 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Check Also

Materi Bahasa Inggris Kelas 9 Bab 5 Everybody is always in the middle of something

Halo teman-teman. Sudah siap ya belajar bersama kali ini? Yuk kita lanjutkan materi bahasa…