iLab Gunadarma: Fasilitas Laboratorium Kebanggaan Gunadarma

Memilih kampus idaman tentunya didasarkan pada banyak faktor. Tidak hanya berdasarkan jurusan yang dimiliki, memilih kampus idaman juga didasarkan pada faktor lainnya seperti lokasi kampus,  akreditasi, prestasi yang telah dicapai, hingga prospek kerja alumni-alumninya.

Namun, ada faktor lain yang juga tidak kalah penting untuk dipertimbangkan ketika memilih kampus idaman. Faktor tersebut yaitu fasilitas yang disediakan kampus bagi para mahasiswanya. Kampus yang baik tentunya memiliki fasilitas yang lengkap dan mampu menunjang kegiatan belajar mengajar di kampus, baik pembelajaran yang melibatkan para pengajar maupun pembelajaran yang bisa dilakukan secara mandiri oleh mahasiswa.

iLab Gunadarma
iLab Gunadarma (Sumber: ilab.gunadarma.ac.id)

Bicara tentang fasilitas, tentunya tidak dapat melewatkan pembicaraan tentang Universitas Gunadarma. Universitas yang telah lama menjadi kampus idaman calon mahasiswa ini selalu menjadi universitas terdepan dalam menyediakan berbagai fasilitas yang canggih dan mumpuni bagi para mahasiswanya. Salah satu fasilitas yang dimaksud yaitu fasilitas bernama iLab Gunadarma yang merupakan singkatan dari Integrated Laboratory Universitas Gunadarma.

Fasilitas apakah itu? Integrated Laboratory Universitas Gunadarma merupakan fasilitas laboratorium komputer yang diperuntukkan sebagai tempat penyelenggaraan praktikum mandiri. Dengan konsep kemandirian dan pembelajaran kedewasaan, mahasiswa dari berbagai jurusan di Universitas Gunadarma dapat mengikuti praktikum sesuai dengan mata praktikum, terminal, hari, dan shift yang dijadwalkan. 

iLab Gunadarma berada di lantai dua dan tiga gedung utama Kampus H Universitas Gunadarma. Di lantai dua dan tiga masing-masing terdapat 500 komputer yang terhubung ke WiFi untuk mendukung kegiatan praktikum yang terbagi ke dalam beberapa cluster. Di lantai dua terdapat cluster J-K-N-O dan cluster L-M-P-Q. Sedangkan di lantai tiga terdapat cluster A-B-E-F-G dan cluster C-D-H-I.

Universitas Gunadarma (Sumber: okezone.com)

Fasilitas ini tentunya menjadi salah satu fasilitas yang dibanggakan oleh kampus Gunadarma. Dengan banyaknya komputer yang tersedia, tentunya mahasiswa di kampus ini dapat memanfaatkan fasilitas ini dengan sebaik mungkin untuk kegiatan belajar mengajar. 

Baca Juga:  7 Tips Cara Membuat Motivation Letter Untuk Mendaftar Beasiswa

Prosedur penggunaan iLab sendiri terdiri dari beberapa tahapan. Pertama, mahasiswa yang ingin menggunakan fasilitas ini harus menuju lokasi iLab yang terletak di lantai dua dan tiga gedung utama Kampus H Universitas Gunadarma. Jangan sampai salah gedung atau lantai, ya. Pastikan juga datang di hari dan waktu yang tepat sesuai dengan mata praktikum yang telah dijadwalkan. Jika datang lebih awal, mahasiswa bisa menunggu sampai praktikum dimulai di ruang tunggu iLab sembari mempersiapkan kartu identitas untuk mengikuti praktikum. 

Kemudian tunggu hingga bel berbunyi. Bel yang berbunyi merupakan tanda bahwa praktikum akan segera dimulai. Jika bel sudah berbunyi, maka mahasiswa bisa langsung berbaris di depan pintu masuk. Asisten lab nantinya akan melakukan pemeriksaan kartu identitas sebelum mahasiswa diizinkan masuk ke dalam ruang lab.

Kartu identitas yang diperbolehkan untuk mengikuti praktikum di iLab yaitu Kartu Tanda Mahasiswa (KTM), Kartu Rencana Studi (KRS) aktif yang sudah ditempel foto dan dicap oleh PSA, serta kartu iLab yang sudah dilaminating (khusus mahasiswa baru yang belum memiliki KTM atau KRS).

Setelah dilakukan pemeriksaan kartu identitas, asisten akan melakukan pemeriksaan pakaian mahasiswa. Pakaian yang dikenakan harus sesuai dengan ketentuan yang berlaku. Ketentuan tersebut antara lain:


  1. Bagi mahasiswa laki-laki
  2. Kemeja berkerah V dengan bahan katun (tidak diperbolehkan mengenakan kemeja berkerah shanghai serta kemeja yang berbahan denim, semi denim, dan flanel)
  3. Celana formal bahan satu warna/polos dengan panjang minimal sampai mata kaki (tidak diperbolehkan mengenakan celana bermotif serta celana bahan denim, semi denim, corduroy, dan chino)
  4. Sepatu tertutup (tidak diperbolehkan mengenakan sepatu sandal)
  5. Bagi mahasiswa perempuan
  6. Kemeja berkerah V dengan bahan katun (tidak diperbolehkan mengenakan manset dan kemeja berkerah shanghai serta kemeja yang berbahan denim, semi denim, flanel, dan chiffon transparan)
  7. Rok formal bahan satu warna/polos dengan panjang minimal di bawah lutut (tidak diperbolehkan mengenakan rok bermotif dan rok berenda, serta rok bahan denim, semi denim, dan corduroy)
  8. Sepatu tertutup (tidak diperbolehkan mengenakan sepatu sandal, sepatu model open toe, dan jaring-jaring)
Baca Juga:  Mau Kuliah di Luar Negeri? Yuk, Siapkan Bahasa Inggris Kamu!

Pada saat memasuki ruang praktikum, mahasiswa dapat mengikuti arahan yang terdapat pada papan cluster untuk memudahkan mahasiswa dalam mencari nomor terminal yang sudah dijadwalkan. Nomor terminal adalah nomor tempat duduk di mana mahasiswa akan mengikuti praktikum. 

Setelah menemukan terminal yang sudah dijadwalkan, jangan lupa untuk meletakkan tas di keranjang yang terletak di bawah kursi masing-masing untuk menjaga kerapian ruang praktikum. Kemudian, mahasiswa bisa login di komputer masing-masing menggunakan username dan password yang telah diaktivasi. Setelah login, mahasiswa pun siap untuk mengikuti praktikum di iLab. Perlu diperhatikan bahwa batas keterlambatan hanya selama 15 menit dari setiap sesi yang dijadwalkan. 

Demikian penjelasan mengenai iLab Gunadarma beserta prosedur untuk mengikuti praktikum di sana. Selamat mengikuti praktikum di iLab!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Check Also

Les Privat Latiseducation, Tempat mencari Guru Les Privat Terbaik!

Les Privat Latiseducation – Gak terasa sebentar lagi udah masuk di tahun ajaran baru…