Serba-Serbi Jurusan Hubungan Internasional! Ada 3 Fakta Menarik yang Wajib Diketahui!

Siapa nih di antara kamu yang tertarik untuk masuk jurusan hubungan internasional? Yap, jurusan yang kerap disapa HI ini menjadi idaman hampir sebagian besar pelajar di seluruh Indonesia guys. Disamping karena prospek pekerjaan yang luas, ternyata ilmu di jurusan HI ini cukup menantang dan ga kalah seru lho!

Oleh karena itu guys kali ini penulis mau mengulas dengan lengkap seputar jurusan HI yang mungkin masih belum kamu ketahui nih. Mulai dari materi yang dipelajari, rekomendasi universitas, sampai prospek pekerjaan, semuanya lengkap guys! So, tunggu apa lagi? Buruan kepoin ulasannya di bawah ini ya!

Belajar Apa Saja di Jurusan HI?

Jurusan Hubungan Internasional
Photo by Ivan Samkov on Pexels.com

1. Sejarah

Yap, hal paling dasar yang akan kamu pelajari di jurusan hubungan internasional ialah sejarah guys. Tentunya materi sejarah yang dibawakan berkaitan dengan HI ya! Kamu akan mulai dengan mempelajari latar belakang diplomasi, perkembangan diplomasi di Eropa, Asia, bahkan hingga kini.

Oh iya, setidaknya kamu juga akan mempelajari berbagai sejarah negara juga lho guys! Misalnya seperti sejarah negara Amerika, Britania Raya, beberapa negara di Afrika, maupun negara-negara yang masih mengalami situasi konflik. Ga lupa juga, beberapa peristiwa penting di masa lalu yang berkaitan dengan kondisi suatu negara sampai proses kemerdekannya akan menjadi salah satu materi yang wajib kamu ketahui guys!

2. Organisasi dunia

Next, di jurusan HI kamu juga wajib tahu tentang berbagai organisasi politik, non-politik, pemerintah, sampai independen. Tentunya hal ini akan berkaitan dengan prospek pekerjaanmu nantinya guys. Dimulai dari organisasi nasional seperti partai politik sampai organisasi internasional seperti PBB dan ASEAN.

Baca Juga:  7 Tips Agar Cepat Akrab dengan Teman Kost

Jangan sampai ketinggalan, kamu juga harus paham tentang seluk-beluk organisasi non-politik juga ya guys. Tentunya kamu ga asing dengan berbagai organisasi seperti Greenpeace, Chlidren Fundation, dan masih banyak lagi organisasi non-politik yang juga memengaruhi keadaan sosial budaya suatu negara kan?

Yap, pastikan kamu paham atau paling tidak tahu tentang berbagai organisasi tersebut maupun pergerakannya ya guys!

3. Hubungan internasional suatu negara

Betul banget nih! Namanya aja jurusan hubungan internasional, pastinya fokus dari perkuliahanmu akan membahas tentang sebuah hubungan diplomasi antar negara, organisasi internasional, maupun benua guys.

Beberapa hubungan internasional tersebut seperti hubungan bilateral antara Indonesia-Malaysia, hubungan multiteral di masyarakat ASEAN, hubungan internasional di kawasan Eropa, hubungan antar negara di Amerika dan Afrika, bahkan sampai hubungan diplomasi antar wilayah yang mengalami konflik perang juga guys!

4. Hukum, politik, ekonomi, dan sosial budaya

Last but not least, kamu pastinya harus paham betul guys kalau jurusan HI ini termasuk sebagai salah satu jurusan yang sangat kompleks dan luas. Kamu ga hanya mempelajari satu disiplin ilmu secara khusus melainkan ada banyak disiplin ilmu di dalamnya. Mulai dari politik, ekonomi, hukum, sampai sosial budaya suatu negara.

Kamu akan mengenal berbagai macam etnografi suatu negara, sistem perdagangan yang dimiliki, bahasa yang digunakan, permasalahan HAM di dalam negara tersebut, sampai undang-undang maupun ideologi yang dimiliki. Semuanya akan berkaitan satu sama lain dan sebuah hubungan yang disebut sebagai hubungan internasional guys!

Rekomendasi Universitas dengan Jurusan HI Terbaik

Jurusan Hubungan Internasional
Sumber: ugm.ac.id

1. Universitas Indonesia

Di urutan pertama ada Universitas Indonesia yang memiliki jurusan hubungan internasional terbaik nih guys. UI sendiri memiliki akreditasi A untuk jurusan HI-nya. Hal ini membuat banyak pelajari di seluruh Indonesia berlomba-lomba masuk universitas satu ini.

Baca Juga:  8 Sekolah Jurnalistik Terbaik di Dunia! Yuk, Calon Jurnalis Indonesia Wajib Tahu Nih!

2. Universitas Padjajaran

Berikutnya, kita beralih ke Bandung guys. Universitas Padjajaran atau UNPAD juga menjadi salah satu universitas dengan jurusan HI terbaik. Kabarnya jurusan HI di UNPAD menjadi peringkat 1 dengan peminat dan daya saing paling tinggi dalam bidang SOSHUM guys.

3. Universitas Gadjah Mada

Tentu kamu ga asing dong dengan kampus di Jogja ini? UGM atau Universitas Gadjah Mada menyandang akreditasi A di jurusan hubungan internasional. Untuk keketannya sendiri jangan ditanya guys, bikin hati sedih hehehe. Jurusan HI di UGM memiliki peminat hingga 2500 atau 3000 orang tiap tahunnya.

Akan tetapi, kursi yang disediakan atau daya tampung dari UGM sendiri tidak lebih dari 100 orang gengs. Wuidih, sedih banget ya guys!

Prospek Pekerjaan Jurusan HI

Jurusan hubungan internasional
Photo by fauxels on Pexels.com

1. Diplomat

Yap, hampir semua lulusan dari jurusan ini menempatkan profesi diplomat sebagai pilihan pertama. Namun, apakah kamu benar-benar tahu apa sih jobdesk yang dimiliki seorang diplomat sendiri?

Secara sederhana diplomat ialah seorang yang bertugas sebagai perwakilan dari sebuah negara dan ditempatkan di negara lain. Tujuannya ialah membangun sebuah hubungan kenegaraan di berbagai bidang sekaligus sebagai negosiator yang ulung. Diplomat sendiri bukan pekerjaan yang mudah lho guys!

Di balik segala kesenangan karena bisa jalan-jalan di luar negeri, ternyata diplomat memiliki tanggung jawab besar. So, kalau kamu benar-benar ingin menjadi seorang diplomat, pastikan dulu kalau kamu serius dan berpassion besar terhadap negara sekaligus masyarakat banyak!

2. Politisi

Selanjutnya, dari jurusan hubungan internasional juga banyak melahirkan berbagai politisi kondang di tanah air lho. Misalnya, Ibu Retno Marsudi, Bapak Nadiem Kariem, dan masih banyak politikus lainnya yang berasal dari jurusan HI.

Baca Juga:  5 Cara Menemukan Passion Sebelum Memilih Jurusan Kuliah

Pekerjaan sebagai politisi pun diambil karena sebagian besar materi di jurusan HI berkaitan erat dengan politik dan komunikasi guys. Selain itu, prospek sebagai politikus pun sangat besar diberikan kepada seorang lulusan HI daripada jurusan lain. Kenapa? Tentunya berdasarkan pengetahuan yang dimiliki seorang lulusan HI tentang politik sampai sosial budaya.

3. Pegawai negeri sipil (PNS)

Yup, PNS atau pegawai negeri sipil juga menjadi salah satu pekerjaan yang banyak diidamkan nih. Tentunya karena tunjangan yang diberikan sampai pekerjaan yang cenderung stabil di situasi apapun.

Untuk kamu yang lulus sebagai sarjana HI, tentunya pekerjaan sebagai pegawai negeri sipil ini bukanlah hal yang sulit lho. Ada banyak banget nih guys para lulusan HI yang akhirnya bekerja sebagai PNS di Pemerintah Daerah sampai DPRD.

4. Staff United Nations

Hayoo, siapa nih di antara kamu yang bercita-cita untuk bekerja di PBB? PBB atau United Nations juga menjadi salah satu tujuan paling banyak dari lulusan jurusan hubungan internasional guys. Siapa deh yang gamau bekerja di sini?

Eits, tapi kamu harus ingat guys, PBB ini bukan organisasi sembarangan lho! Tugas yang dimiliki setiap staffnya pun cukup berat dan menyita tenaga. Oh iya, yang ga kalah penting ialah ketulusan dan rasa kemanusiaan yang harus dimiliki setiap staff di United Nations. So, apa kamu siap gengs?

Nah, itu tadi ulasan lengkap tentang jurusan hubungan internasional guys! Gimana apakah kamu tertarik untuk masuk jurusan ini? FYI, jurusan HI memang termasuk sebagai salah satu jurusan dengan daya saing tinggi hampir di tiap universitas guys. Namun, kalau kamu benar-benar mencintai ilmu satu ini maka jangan menyerah ya guys!

Semangat calon diplomat Indonesia!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Check Also

5 Fakta Kelas IUP yang Wajib Kamu Ketahui Sebelum Masuk Kuliah!

Siapa nih di antara kamu yang tertarik untuk masuk ke kelas IUP? Yap, IUP atau Internation…