4 Tugas Ketua Sekbid yang Harus Kamu Ketahui Sebelum Masuk OSIS!

Seperti yang sudah kamu tahu, dalam keanggotaan OSIS terdiri dari: Ketua OSIS, wakil ketua OSIS, sekretaris, bendahara, ketua sekbid, dan anggota sekbid. Umumnya OSIS memiliki 10 seksi bidang yang masing-masing terdiri dari beberapa anggota dan satu ketua.

Berbeda dengan ketua OSIS yang memiliki tugas secara umum, tugas ketua sekbid lebih terperinci dengan tujuan membantu ketua OSIS. Namun, ternyata ketua sekbid tidak hanya membantu Ketua OSIS saja, melainkan juga memiliki beberapa tugas lainnya. Penasaran apa aja? Simak ulasan di bawah ini ya!

Tugas Ketua Sekbid

1. Membuat Program Sesuai dengan Sekbid

Ketua Sekbid harus memiliki dan menyusun rencana-rencana yang akan dilaksanakan selama masa periode. Selama kamu menjabat menjadi ketua sekbid, harus ada kegiatan atau rutinitas yang dilaksanakan oleh sekbid yang kamu pegang.

Kegiatan atau program ini tidak dibuat dan disusun seorang diri oleh ketua sekbid. Ada anggota sekbid lainnya yang akan membantu menyusun ide-ide untuk rencana kedepan. Namun, keputusan untuk melaksanakan program tersebut ada pada ketua sekbid. Dengan begitu ketua sekbid juga harus bertanggung jawab terhadap keputusannya.

2. Bertanggung Jawab atas Pelaksanaan Program yang Direncanakan.

Tugas ketua sekbid selanjutnya adalah menyusun program-program yang akan kamu laksanakan selama masa periode, kamu tentu harus melaksanakan program yang kamu rencanakan sesuai dengan jadwal yang telah dibentuk.

Dalam pelaksanaannya, ketua sekbid bertanggung jawab untuk memastikan segala sesuatu berjalan dengan baik dan sesuai rencana. Ketika terdapat masalah saat pelaksanaan, diharapkan kamu sebagai ketua sekbid tanggap membantu ketua OSIS untuk mengatasi masalah tersebut.

3. Menjadi Pemimpin bagi Anggota Sekbidnya

Sesuai namanya, ketua sekbid atau koordinator sekbid memiliki tugas untuk mengatur anggota sekbidnya. Seorang ketua sekbid harus membimbing dan juga mengarahkan anggotanya dalam menjadi seorang anggota OSIS dan dalam pelaksanaan program-program yang disusun.

Baca Juga:  Contoh Susunan Acara Perayaan Hari Guru

Seorang ketua sekbid juga harus memastikan bahwa setiap anggotanya menjalankan tugas yang sudah ditetapkan dengan baik, sehingga tidak menyebabkan kekacauan dalam pelaksanaan program. Sebagai pemimpin anggota sekbid juga berarti kamu menjadi contoh bagi anggota sekbid. Kamu sebagai ketua sekbid harus memiliki sikap yang baik yang patut dicontoh oleh anggota lainnya, sehingga nama baik OSIS tetap terjaga.

4. Membuat Keputusan Mengenai Hasil Diskusi Sekbid

Dalam pembuatan program-program, baik program jangka panjang maupun program jangka pendek, pasti melewati proses diskusi antar anggota sekbid. Ketua sekbid bertugas untuk memimpin proses diskusi ini. Ketua sekbid memiliki tanggung jawab untuk memastikan proses diskusi berjalan dengan baik serta menghasilkan sesuatu.

Proses diskusi merupakan proses untuk mengumpulkan berbagai ide dari para anggota mengenai program atau perencanaan kegiatan. Dalam proses diskusi ini pasti akan ada beragam ide, disini tugas kamu sebagai ketua sekbid adalah menentukan program mana yang akan dimasukkan ke dalam program sekbid yang kamu pegang.

Sebagai seorang ketua sekbid kamu dapat memutuskan berdasarkan mungkin atau tidaknya program tersebut dilaksanakan. Seperti kemungkinan minat para siswa terhadap program tersebut dan juga besar kecilnya faktor resiko yang terjadi ketika pelaksanaan program.

Yap, itu tadi 4 tugas ketua sekbid yang wajib kamu ketahui. Menjadi seorang ketua sekbid tidak kalah sibuk dan beratnya dengan menjadi ketua OSIS. Ketika kamu menjadi ketua sekbid maka kamu harus melakukannya dengan tetap semangat dan penuh tanggung jawab agar kamu juga dapat menghasilkan program-program yang menarik serta bermanfaat.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Check Also

3 Cara Mengetahui Gaya Belajar dengan Mudah! Kamu Harus Coba Agar Belajar makin Efektif!

Gaya belajar yang dimiliki setiap orang itu berbeda-beda. Hal ini dikarenakan kemampuan ot…