8 Fakta Tentang Jurusan di SMA yang Wajib Kamu Ketahui Sebelum Memilih Jurusan! Awas Jangan Sampai Salah Tangkap Gengs!

Hai gengs! Penulis lihat-lihat nih ada banyak banget di antara kamu yang masih bingung untuk memilih jurusan di SMA ya? Wah, padahal tinggal beberapa bulan saja kamu memulai tahun ajaran baru di SMA lho gengs!

Oke deh, untuk membantumu penulis mau share 8 fakta tentang jurusan di SMA yang sering banget nih disalahartikan atau bahkan telah menjadi stigma di masyarakat. So, agar pikiranmu benar-benar terbuka tentang pembelajaran yang ada di SMA maka langsung aja ya simak ulasan di bawah ini guys!

Fakta Tentang Jurusan di SMA yang Sering Salah Tangkap!

1. Kelas IPS isinya anak bandel semua!

Yap, fakta pertama yang sering banget terlintas di setiap benak siswa sampai orang tua tentang kelas IPS adalah kelas yang isinya anak-anak bandel semua! Eits, pernyataan ini udah kuno banget guys! Daripada kata bandel, anak IPS lebih identik dengan sifatnya yang aktif dan ekstrovert.

Kelas IPS memang didominasi dengan murid yang aktif, banyak ide menarik, dan juga unik-unik. Bahkan ga sedikit di antaranya yang terus lincah meskipun sedang pelajaran. Namanya juga anak esktrovert gengs!

So, buang jauh-jauh ya stigma tentang anak IPS yang bandel. Mereka hanya aktif dan banyak ide unik saja yang mungkin anak MIPA tidak terpikirkan. Oh iya, di IPS sendiri juga banyak anak berprestasi lho! Umumnya ga hanya prestasi akademik aja, melainkan juga non-akademik!

2. Anak MIPA super rajin

teacher asking a question to the class
Photo by Max Fischer on Pexels.com

Yap, fakta tentang jurusan di SMA yang paling terkenal ialah kelas MIPA terdiri dari anak-anak super rajin dan kutu buku! No-no! Engga semua anak MIPA rajin atau kutu buku kok guys! Banyak juga dari mereka yang aktif atau bahkan memiliki kepribadian ekstrovert.

Baca Juga:  Resensi Buku Bedah Kisi-Kisi UTBK SBMPTN Soshum

Nah, sering juga nih terlintas di benak kamu bahwa kelas MIPA memiliki persaingan yang ketat? Hayoo ngaku deh! Nyatanya kelas MIPA memang memiliki persaingan yang ketat di di bidang akademik nih. Namun, di balik persaingan tersebut terdapat pula anak-anak yang sering kongsi untuk masalah PR atau tugas.

3. IPS belajar hafalan aja ya?

Berikutnya adalah stigma kalau pelajaran di kelas IPS isinya tentang hafalan aja nih. Tentunya hal ini salah besar gengs! Tahu ga sih, diam-diam pelajaran seperti geografi pun ada hitung-hitungannya lho!

Pertama, ada pelajaran ekonomi yang akan berhubungan langsung dengan berbagai rumus bank, perhitungan uang, sampai peluang nih. Ga lupa, kamu juga akan bertemu dengan geografi yang akan menghitung peta, skala, sampai penginderaan jauh guys.

Jadi, buang jauh-jauh ya anggapan bahwa kelas IPS hanya menghafal aja. Oh iya, kamu perlu tahu nih kalau di kelas IPS juga ada pelajaran matematika gengs. Bahkan matematika ini sama dengan matematika wajib di kelas MIPA.

4. MIPA Cuma belajar hitung-hitungan aja!

crop woman using calculator and taking notes on paper
Photo by Karolina Grabowska on Pexels.com

Fakta tentang jurusan di SMA berikutnya adalah MIPA ga hanya belajar hitung-hitungan aja guys. Memang sebagian besar mata pelajaran di kelas MIPA berhubungan dengan hitung-hitungan.

Akan tetapi, mapel seperti biologi juga memiliki presentasi 60% teori dan sisanya hitung-hitungan. Eits, kamu juga akan bertemu lintas minat dari kelas bahasa seperti Bahasa Jepang, Bahasa Mandarin, Bahasa Perancis, atau Sastra Inggris guys.

Ga hanya itu, di kelas MIPA tetap mendapatkan pelajaran seperti pendidikan kewarganegaran, Bahasa Jawa, kewirausahaan, agama, sampai Bahasa Indonesia guys. So, kamu tetap bertemu berbagai disiplin ilmu yang sebagian besar berisi teori.

Baca Juga:  Dekorasi Kelas Islami yang Menarik dan Super Keren!

5. IPS itu gampang!

Next, kata siapa deh IPS itu gampang? Hampir semua pelajaran di MIPA memiliki kadar kesulitannya masing-masing. Contohnya di kelas IPS, kamu harus terbiasa nih untuk membuat berbagai makalah sampai jurnal tentang materi yang dibahas.

Umumnya mapel seperti sejarah atau sosiologi, sering banget untuk membuat kliping, makalah, presentasi, sampai jurnal guys. Ga lupa, tugas seperti membuat mind map juga akan kamu temui biasanya di awal materi baru.

Eits, hampir ketinggalan nih! Kelas IPS itu ga hanya belajar di kelas aja gengs. Ga hanya belajar dari buku paket atau menggunakan rumus tertentu dalam memecahkan soal. IPS juga memerlukan ilmu pengetahuan yang luas untuk menjawab pertanyaan bahkan di UTBK nantinya.

6. Kelas Bahasa ga ada prospek!

Fakta tentang jurusan di SMA
Photo by Andrea Piacquadio on Pexels.com

Kamu yang bilang begini tentunya belum tahu kalau ada sederet prestasi dari anak-anak bahasa kan? Yap, fakta tentang jurusan di SMA berikutnya adalah semua jurusan memiliki prospek yang sama! Tergantung bagaimana siswa tersebut mengolah ilmu.

Penulis ada satu cerita tentang teman guru yang kini bekerja di kedutaan besar Indonesia untuk Jerman. Yap, guru tersebut bercerita kalau temannya dulu ga pandai sama sekali di bidang hitung-hitungan atau bahkan olahraga. Sehingga beliau mengambil kelas bahasa di SMA.

Untuk kuliah sendiri, beliau mengambil Sastra Jerman gengs. Berkat passion dan kerja keras yang dimiliki, akhirnya beliau berhasil bekerja di kedutaan besar Indonesia. So, kamu juga punya kesempatan yang sama kok asalkan sungguh-sungguh belajar dan bekerja keras gengs!

7. Kelas bahasa membosankan!

Kalau pernyataan ini sempat penulis dengar dari beberapa siswa yang memilih jurusan di luar bahasa guys. Namun, kamu perlu tahu bahwa masuk dan bertahan di kelas bahasa itu ga semudah yang dibayangkan lho.

Contohnya nih dalam melakukan identifikasi novel. Kamu ga bisa menggunakan rumus biasa seperti di fisika gengs! Kamu memerlukan kepekaan dan perasaan dalam menghayati tiap kata sampai teliti terhadap tanda baca.

Baca Juga:  Kelebihan dan Kekurangan Jurusan IPS di SMA

Tentunya membaca dan mengidentifikasi buku bukanlah hal yang membosankan. Kamu akan diajak menyelami pikiran seseorang, imajinasi, sampai bagaimana latar belakang orang tersebut. Semua akan terlihat dari sebuah novel guys!

8. Ikuti kata ortu saja ya?

Fakta tentang jurusan di SMA
Hispanic father lecturing son

Pastinya ada banyak banget nih yang salah jurusan karena permintaan orang tua. Penulis bukan mengajarimu untuk menyalahkan orang tua, membangkang, atau tindakan negatif lainnya gengs!

Akan tetapi, penulis mau ajak kamu berpikir nih. Selama 3 tahun kamu yang akan bersekolah. Ditambah lagi kuliah rata-rata 4 tahun. Maka total selama 7 tahun, apakah kamu akan tetap berjalan di antah-berantah yang tak sesuai dengan passionmu?

Penulis yakin kok setiap dari kamu pasti memiliki cita-cita dan keinginan yang terbesit walaupun kecil. Oleh karena itu, yuk hidupkan mimpimu itu gengs! Akan sangat sia-sia kalau kamu belajar, tetapi ga hidup di dalamnya!

So, fakta tentang jurusan di SMA yang terakhir adalah kamu yang memiliki passion sesuai jurusan akan menjalani SMA dengan lebih maksimal daripada kamu yang hanya mengikuti nilai bagus di SMP atau bahkan nasihat orang tua. Jadi, kamu bisa nih untuk berbicara baik-baik dengan orang tua tentang keinginanmu untuk masuk jurusan di SMA dan juga fakultas di kuliah nantinya.

Yap, itu tadi guys beberapa fakta tentang jurusan di SMA yang harus banget dibetulkan! Penulis berharap kamu bisa masuk jurusan di SMA sesuai dengan passion dan bakat yang kamu miliki ya! Semangat guys!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Check Also

Ini Dia Kelas Membuat Data Warehouse dari Skill Academy Beserta 3 Bonus Menarik

Untuk membantu menanggulangi berbagai dampak negatif dari Pandemi Covid-19, pemerintah mer…